Empat spesies burung apung di Indonesia

Burung apung termasuk dalam keluarga Motacillidae bersama-sama dengan burung kicuit. Di Indonesia terdapat empat spesies burung apung, termasuk burung apung tanah / paddyfield pipit (Anthus novaeseelandiae) yang memiliki penampilan mirip burung branjangan. Adapun apung papua / alpine pipit (Anthus gutturalis) menjadi satu-satunya burung apung yang bersifat endemik, karena hanya dijumpai di Tanah Papua.

Mengenal jenis burung apung di Indonesia
Beberapa jenis burung apung di Indonesia.

Motacillidae adalah keluarga burung pengicau bertubuh kecil dengan ekor bervariasi (ada yang pendek, tetapi ada juga yang panjang). Keluarga ini terdiri atas enam genus (marga) dan 65 spesies. Di Indonesia, hanya ada dua genus saja, yaitu Anthus (4 spesies), Motacilla (2 spesies), dan Dendronanthus (1 spesies).

Burung-burung dari genus Anthus inilah yang disebut sebagai burung apung. Adapun burung-burung dari dua genus lainnya disebut sebagai burung kicuit.

Di seluruh dunia terdapat 44 spesies burung apung, empat di antaranya bisa dijumpai di Indonesia, yaitu :

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Apung tanah / paddyfield pipit (Anthus novaeseelandiae) : Wilayah persebaran sangat luas, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua.
  • Apung pechora / pechora pipit (Anthus gustavi): Persebarannya terkonsetrasi di kawasan timur Indonesia, mulai dari Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.
  • Apung kijang / red-throated pipit (Ainthus cervinus): Spesies ini hanya dijumpai di Kalimantan dan Sulawesi saja.
  • Apung papua / alpine pipit (Anthus gutturalis): Burung endemik di Pulau Papua (termasuk Papua Nugini).

1. Burung apung tanah (Anthus novaeseelandiae)

Burung apung tanah berukuran sedang (sekitar 18 cm) dengan tubuh berwarna cokelat bercorak. Kedua kakinya  panjang, adapun alis berwarna kuning tua.

Apung tanah (Anthus novaeseelandiae)
Burung apung tanah (Anthus novaeseelandiae)

Burung apung tanah inilah yang memiliki penampilan mirip branjangan. Untuk membedakannya, silakan lihat lagi artikelnya di sini.

Ada enam subspesies / ras burung apung di seluruh Asia, namun hanya empat ras saja yang dijumpai di Indonesia. Berikut ini enam ras burung apung dan wilayah persebarannya :

  1. Anthus novaeseelandiae waitei : Habitat di wilayah baratlaut anak benua India.
  2. Anthus novaeseelandiae rufulus  : Sebagian besar habitatnya di anak benua India sampai wilayah selatan China, selatan Thailand, dan Indochina.
  3. Anthus novaeseelandiae malayensis : Menyebar di ujung baratlaut India, Sri Lanka, wilayah selatan Indochina, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, serta wilayah utara dan tenggara Kalimantan.
  4. Anthus novaeseelandiae lugubris : Habitat di Filipina dan wilayah utara Kalimantan.
  5. Anthus novaeseelandiae albidus : Habitat di Sulawesi, Bali, dan Sunda Kecil (Lombok, Sumbawa, Komodo, Padar, Rinca, Flores, Sumba).
  6. Anthus novaeseelandiae medius : Hanya dijumpai di wilayah Sunda Kecil (Sawu, Roti, Timor, Kisar, Leti, Moa, Sermata).

Burung yang dikenal dengan nama richard’s pipit ini sering berdiri dengan postur tegak. Saat ini banyak dijual di pasaran, karena penampilannya mirip branjangan, dan banyak kicaumania yang terkecoh.

Suara kicauannya jauh berbeda dari branjangan. Jika kicauan branjangan lebih bervariasi, celoteh burung apung tanah terdengar seperti “chirp.. chirp..”, atau mirip suara ngeriwik kasar.

Suara kicauan burung apung tanah | Download

Lihat tiga spesies lainnya:

Apung pechora l Apung kijang l Apung papua

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.