Pesona kenari bon oranye di Taurus BF Tangerang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Mengupas ragam kenari sepertinya tak ada habis-habisnya. Tidak mengherankan jika para penggemar kenari akan terus berusaha melengkapi koleksinya di rumah. Kenari bon oranye memang bukan  jenis baru, tetapi kehadirannya selalu mempesona dan menjadi primadona penangkar tertentu. Taurus Bird Farm (BF) Tangerang, misalnya, selama ini fokus mencetak kenari AF, termasuk bon oranye. Harga anakan kenari bon oranye umur 1,5 bulan rata-rata Rp 1 juta, lebih lebih mahal daripada warna standar (Rp 600 ribu).

Kenari bon oranye
Kenari bon oranye jantan di Taurus BF Tangerang.

Pasar kenari saat ini memang kembali cerah, setelah sebelumnya (bersama lovebird) sempat anjlok. Para importir burung kembali mendatangkan kenari-kenari dari Eropa dan Taiwan, yang sebagian besar juga laris di pasaran.

Namun para peternak lokal pun masih memperoleh berkah rezeki dari usaha breeding kenari. Membanjirnya kenari impor tidak menyurutkan mereka untuk terus mencetak kenari-kenari andal.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Beberapa peternak lokal memang mulai melirik kenari besar. Mereka coba mencetak Yorkshire (YS) lokal, maupun F1 dan F2 YS. Sebagian lagi memilih bertahan dengan produk AF.

Om Yudi Yanuarso, pemilik Taurus BF, termasuk salah seorang peternak kenari yang tetap mempertahankan produk AF. Bahkan kenari AF sudah menjadi ciri khas Taurus BF.

Penangkaran kenari yang dikembangkannya memang tidak banyak. Targetnya bukan pada kuantitas, melainkan kualitas produk. Sebab pelanggan umumnya dari kalangan pemain kenari.

Induk kenari bon oranye
Induk kenari betina penghasil anakan bon oranye.

Sudah banyak  produk Taurus BF yang moncer di lapangan, termasuk dalam latberan. Produknya cenderung semi-isian, terutama tonjolan isian suara perenjak dan ciblek, untuk melengkapi materi lagu standarnya. “Tapi, sebelum anakan besar, biasanya sudah dipesan teman-teman,” jelas Om Yudi, yang juga breeder lovebird.

Induk kenari bon oranye
Induk betina sedang mengerami telur.
Anakan kenari Taurus BF
Anakan kenari yang baru menetas di Taurus BF.

Menurut dia, harga anakan memang tergantung dari warnanya. Belakangan ini, warna bon oranye banyak digemari. Padahal, harganya lebih mahal daripada warna standar. Kalau anakan kenari warna standar dibanderol Rp 600 ribu / ekor, bon oranye dijual seharga Rp 1 juta / ekor. Semuanya rata-rata umur 1,5 bulan.

Yudi Yanuarso - Taurus BF Tangerang
Yudi Yanuarso memanen anakan kenari.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. wah ternyata gitu ya om,,tp sayangnya baik peternak dan pemain apalagi pedagang seringkali malah mengagung2kan istilah “F” itu lho,, tak jarang mereka bilang cuma lokal,,kalah kelas dg f1,f2,dst,,

    • Sama seperti jawaban saya atas pertanyaan sobat kicaumania beberapa waktu lalu.

      Istilah F1, F2, AF, sebenarnya merupakan kesalahkaprahan yang terpelihara sejak dulu di kalangan kenarimania.
      Istilah-istilah ini muncul karena kurang didukung basis ilmu genetika yang memadai.

      F1 adalah singkatan dari filial pertama, atau keturunan pertama dari sebuah perkawinan (breeding) dan / atau persilangan (crossing).

      Jika Om Marsi punya ayam bangkok jantan A, dikawinkan dengan ayam bangkok betina B, atau ayam kampung betina C, maka anakan A-B atau A-C bisa disebut sebagai F1.

      Jika F1 tersebut, misalnya AB dan AC dikawinkan, maka anaknya disebut F2 alias keturunan kedua. Bisa juga AB dikawinkan dengan saudaranya (misalnya AB2), anaknya juga disebut F2.

      Jadi, istilah F1 dan F2 dalam ilmu genetika berlaku untuk seluruh satwa (binatang) dan tumbuhan (tanaman).

      Ingat kan pelajaran biologi waktu SMP, soal bunga warna putih jika disilangkan dengan bunga warna merah. Istilah F1 dan F2 juga disebutkan.

      Nah, istilah AF memang spesifik di kenari. Konon, krn Om Kicau memang tidak menjadikannya sebagai ukuran penting soal kualitas suara kenari, AF berasal dari perkawinan antara F1 dan F1.

      Kalau mengacu pada penjelasan Om Kicau di atas, sebenarnya kan sama juga dengan F2 dalam ilmu genetika yang sebenarnya.

      Ada lagi yang menyebutkan, F1 dan F1 yang dikawinkan untuk menghasilkan AF haruslah strain kenari yang fixed. Lha, kan malah aneh!

      Strain adalah varietas yang sudah punya galur murni, jadi pasti sudah fixed. Yorkshire, border, gloster, dll adalah kenari yang sudah jelas strainnya.

      Kalau ayam, kita mengenal strain harco untuk petelur, atau itik kita mengenal strain CV-2000, dan sebagainya.

      Ada juga yang menyebutkan perkawinan F2 dan F2 menghasilkan AF 22, sebagai pembeda dari anakan AF 11 dari perkawinan F1 dan F1. Padahal anakan F2 dan F2, dalam ilmu genetika, ya sederhana saja: F3.

      Jadi, masalah ini nggak usah dipusingkan. Yang penting burung bisa berkicau, kalau dilombakan bisa bunyi juga, entah kalah atau menang, he.. he..

Komentar ditutup.