Mengintip romantisme betet biasa di Kampus IPB Darmaga

Betet biasa (Psittacula alexandri) merupakan jenis burung paruh bengkok yang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan bulu yang berwarna-warni. Burung ini mudah dijumpai di Kampus IPB Darmaga, Bogor. Berikut ini tulisan Lepi Asmala Dewi, mahasiswi Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB, tentang keberadaan burung betet biasa di Kampus IPB Darmaga, khusus untuk pembaca omkicau.com.

Burung betet biasa (Psittacula alexandri)
Sepasang burung betet biasa (Psittacula alexandri) sedang berjumbu.

Burung betet biasa memiliki warna dada merah jambu yang khas. Pada burung dewasa mahkota dan pipi berwarna abu-abu keunguan, dengan kekang berwarna hitam.

Burung betet biasa (Psittacula alexandri)
Burung betet biasa

Tengkuk, punggung, sayap, dan ekor berwarna hijau. Adapun warna paha dan perut hijau pucat.

Pada burung muda, kepala berwarna cokelat dengan campuran kuning tua. Iris mata kuning, paruh merah, dan kaki berwarna abu-abu.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Warna-warni bulunya yang sangat beragam ini jugalah yang membuat banyak orang yang memelihara burung ini.

Betet biasa terlihat sangat mencolok dan mudah dikenali di antara burung-burung lainnya di Kampus IPB Darmaga. Sebab suaranya yang khas, dan sangat berisik. Bahkan ketika makan dan terbang pun, burung ini akan mengeluarkan suara yang bising.

Burung ini hidup berkoloni, dan membangun sarang di lubang-lubang pohon. Betet biasa menyukai habitat perkebunan yang menyediakan banyak sumber makanan. Seperti burung paruh bengkok lainnya, betet biasa juga menyukai buah-buahan, biji-bijian, dan tunas pepohonan.

Tingkah laku yang dimiliki betet biasa juga hampir sama dengan burung paruh bengkok pada umumnya, yakni kerap menelisik bulunya, atau saling menelisik bulu milik pasangannya.

Persebaran betet biasa di Kampus IPB Darmaga

Sebagai kampus biodiversitas, IPB memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi. Salah satunya adalah keanekaragaman jenis burung. Tercatat lebih dari 85 spesies burung yang hidup di Kampus IPB, termasuk betet biasa (Psittacula alexandri).

Sepasang burung betet biasa
Sepasang betet biasa di Cikabayan, Kampus IPB. (Foto: Desi Natalia S)

Betet biasa, atau dalam literatur internasional disebut red-breasted parakeet merupakan jenis umum yang mudah dijumpai di Kampus IPB Darmaga.

Berdasarkan data hasil monitoring yang dilakukan Kelompok Pemerhati Burung “Perenjak” Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KPB Himakova), betet biasa sering dijumpai di daerah terbuka seperti taman Rektorat, tegakan sengon di Gladiator, belakang Rektorat, taman konservasi, sekitar Fakultas Kehutanan, dan Cikabayan.

Sepasang burung betet biasa
Burung betet biasa banyak dijumpai di Kampus IPB Darmaga. (Foto: Desi Natalia S)

Di Rektorat dan sekitarnya, burung betet biasa bisa dijumpai di sekitar tegakan sengon yang terletak di bagian belakang

Bagi KPB “Perenjak” Himakova, perilaku betet biasa ini sangat menarik untuk diamati. Selain karena warna bulunya yang beragam, dan bentuk tubuhnya yang indah, burung ini juga memiliki perilaku menarik.

Sepasang burung betet biasa
KPB “Perenjak” Himakova IPB sering mengamati perilaku burung betet. (Foto: Desi Natalia S)

Betet biasa hampir selalu dijumpai berpasangan, baik saat terbang maupun saat bertengger. Ketika melakukan courtship (percumbuan), betet jantan akan mendekati betet betina sambil mengeluarkan teriakan parau seperti terompet.

Sepasang burung betet biasa
Romantisme betet biasa di Kampus IPB. (Foto: Desi Natalia S)

Selanjutnya, betet jantan akan menelisik bulu pasangannya, lalu terjadilah proses perkawinan. Perilaku courtship betet biasa yang seringkali teramati membuat burung ini dinobatkan sebagai salah satu burung yang sangat romantic, sehingga mempunyai daya tarik tersendiri.

Audio dan video burung betet biasa

Berikut ini beberapa audio / suara burung betet biasa, yang bersumber dari xeno-canto.org:

Bagaimana betet jantan memadu kasih dengan betet betina, ini dia videonya:

Sumber: Lena Chow |Youtube

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.