Tembakan rapat dan mantap burung belted kingfisher

Kingfisher merupakan nama umum untuk burung-burung dari keluarga Alcedinidae, seperti rajaudang, pekaka, cekakak,  kukabura, cekakakpita, dan cekakakhutan. Kicaumania Indonesia biasa menyebutnya burung tengkek, meski sebenarnya istilah tengkek lebih mengarah kepada burung rajaudang erasia alias common kingfisher (Alcedo atthis). Kali ini Om Kicau ingin berbagi audio burung belted kingfisher, yang memiliki tembakan rapat dan mantap, sehingga bisa dijadikan masteran untuk burung kicauan Anda di rumah.

Belted kingfisher
Burung belted kingfisher memiliki ukuran panjang 28 – 35 cm.

Burung belted kingfisher (Megaceryle alcyon) memang tidak mungkin dijumpai di Indonesia, bahkan di luar Benua Amerika. Burung ini memiliki habitat di wilayah Amerika Utara, seperti Amerika Serikat dan Kanada.

Pada musim dingin, mereka akan bermigrasi ke wilayah selatan Amerika Serikat, Meksiko, hingga Amerika Tengah dan wilayah utara dari Amerika Selatan (Amerika Latin).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung ini memiliki ukuran cukup besar, dengan panjang tubuh sekitar 28 – 35 cm. Postur tubuhnya kekar, kepala besar, dengan jambulnya yang khas shaggy, paruh tebal, namun kakinya pendek.

Suara masteran kingfisher
Belted kingfisher merupakan satu-satunya jenis burung rajaudang yang ada di Amerika Serikat dan Kanada.

Sebagaimana keluarga kingfisher lainnya, belted kingfisher juga makan hampir semua binatang kecil yang terlihat di sungai, termasuk kadal, katak, udang, ikan, dan sebagainya.

Biasanya mereka berburu dengan berdiam diri di atas ranting atau dahan pohon di tepi sungai. Jikamelihat calon mangsanya, mereka dengan cepat mengambil ikan tersebut menggunakan paruhnya yang tebal (silakan lihat video perilaku burung kingfisher saat berburu ikan di sini ).

Keunikan lain yang tidak ditemukan pada jenis burung lainnya adalah burung belted kingfisher betina memiliki warna bulu yang lebih cerah daripada burung jantan. Biasanya, warna bulu burung betina rata-rata lebih kusam daripada burung jantan.

Kingfisher
Belted kingfisher betina (kiri) memiliki bulu lebih cerah daripada burung jantan. | foto: Rich B Young

Suara kicauan burung belted kingfisher cukup unik, karena terdiri atas beberapa suara dengan irama yang cukup rapat dan cepat. Suara kicauan seperti inilah yang biasanya dicari untuk dijadikan masteran atau melatih burung jenis kicauan lainnya.

Berikut ini tiga suara burung belted kingfisher yang bisa Anda dengar dan download untuk menambah koleksi kicauan atau untuk memaster burung kesayangan anda di rumah.

  • Suara belted kingfisher versi 2 | DOWNLOAD
  • Suara belted kingfisher versi 3 | DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.