Video keren burung rajaudang saat berburu ikan

Burung-burung dari keluarga Alcedinidae, khususnya jenis kingfisher seperti rajaudang, cekakak, dan pekakak, memiliki wilayah persebaran sangat luas di seluruh dunia, dengan jumlah mencapai 90 spesies lebih. Meski genus atau marganya berbeda-beda, sebagian besar perilakunya sama, seperti cara mencari ikan yang menjadi makanan kesukaannya. Belum lama ini, juru kamera satwa liar dari PBS, Colin Stafforrd-Johnson, merekam aksi burung rajaudang saat berburu ikan di Sungai Shannon, Irlandia. Videonya keren banget.

Cekakak jawa - Javan kingfisher ( Halcyon cyanoventris )
Cekakak jawa – javan kingfisher ( Halcyon cyanoventris )

Perlu diketahui, Indonesia merupakan pemilik plasma nutfah terbesar di dunia untuk burung kingfisher, baik cekakak, pekaka, maupun rajaudang. Dari 90 spesies lebih yang ada di dunia, 45 spesies di antaranya memiliki habitat di negara kita.

Di Indonesia, burung kingfisher kerap dijadikan burung master, terutama untuk murai batu. Jenis kingfisher yang banyak digunakan untuk masteran adalah cekakak jawa / javan kingfisher (Halcyon cyanoventris), yang oleh para kicaumania di Indonesia sering disebut sebagai tengkek. Mohon jangan keliru antara burung tengkek dan tengkek buto / tiong lampu biasa (Eurystomus orientalis).

Namun banyak kicaumania yang melupakan bahwa semua jenis burung yang termasuk keluarga Alcidinidae, mulai dari rajaudang, pekaka, cekakak, cekakakpita, cekakakhutan, udangmerah, burung udang (udang api dan udang punggung merah), dan kukabura merupakan spesies burung yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 7 / Tahun 1999.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jadi, kalau ingin menggunakannya sebagai burung master, alangkah bijak jika tidak memelihara burung dilindungi, tetapi cukup memanfaatkan audio mp3 yang banyak disediakan Om Kicau atau website burung lainnya. Bukannya sok idealis, melainkan inilah saatnya kicaumania Indonesia menunjukkan jatidirinya sebagai penggemar burung yang bermartabaat dan taat pada aturan hukum.

Burung rajaudang, dan kerabat dekatnya dari keluarga Alcedinidae, dikenal sebagai burung pemancing yang produktif. Burung-burung ini akan terus merasa lapar, lantaran setiap hari harus makan sesuai dengan bobot tubuhnya. Karena itu pula, banyak tengkek yang mati saat dipelihara dalam sangkar, karena pemilik gagal memberikan pakan sesuai dengan porsi dan kesukaannya.

Aksi berburu ikan sebagai pakan utama burung rajaudang di alam liar mungkin sulit terlihat dengan jelas oleh pandangan mata manusia. Sebab saat berburu, burung ini menggunakan kecepatan yang sangat tinggi untuk bisa masuk ke dalam air guna menangkap ikan.

Kemampuan menyelamnya juga seimbang dengan berlimpahnya jumlah minyak yang terdapat pada bulu-bulunya. Bulubulu tubuhnya dikenal anti-air. Hal ini tentu berbeda dari sebagian jenis burung lainnya, yang begitu masuk ke dalam air langsung tenggelam.

Semua jenis burung cekakak termasuk burung yang dilindungi
Semua spesies burung kinfgisher termasuk satwa dilindungi.

Video (slow motion) burung rajaudang berburu ikan

Nah, belum lama ini Colin Stafforrd-Johnson berhasil merekam beberapa aksi burung rajaudang saat mengambil ikan di Sungai Shannon, Irlandia. Stafforrd-Johnson merupakan juru kamera satwa liar dari PBS, yang mempunyai pengalaman tersendiri dalam merekam burung-burung di alam liar.

Banyak sekali momen keren yang terekam saat burung rajaudang berburu ikan, yang bisa menambah pengetahuan kita tentang kehidupan burung di alam liar. Yuk, kita tonton bersama-sama videonya di sini :

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Di bandung namanya cukahkeh kebetulan di kampung saya ada bunyinya setiap pagi sambil terbang alhamdulilah termaster ke burung kacer hitam saya karna intensitas bunyi rajin setiap pagi sambil terbang saya baru tau kalau itu dilindungi jadi terima kasih om redaksi dan semuanya pengetahuan buat saya……..

Komentar ditutup.