Ulat jerman bisa membuat tledekan laut rajin berbunyi

Burung sikatan biru-putih, atau lebih popular dengan sebutan tledekan laut (Cyanoptila cyanomelana), termasuk salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara di Indonesia. Meski suara kicauannya tidak sekeras dan selantang tledekan gunung, kicauan tledekan laut terdengar merdu. Banyak cara yang bisa dilakukan agar tledekan laut rajin berbunyi, termasuk memberikan pakan ulat jerman.

Burung tledekan laut
Burung sikatan biru-putih / tledekan laut (Cyanoptila cyanomelana).

Efek ulat jerman yang bisa membuat burung tledekan laut lebih rajin berbunyi sudah dibuktikan Om Yudha (Yudhagonzaga) di forum kicaumania. Dalam perawatan tledekan laut, dia hanya memberi ulat jerman 1 ekor pada pagi hari dan 1 ekor pada sore hari. Adapun EF lain seperti jangkrik  tidak diberikan.

Ulat jerman
Ulat jerman.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ulat jerman, seperti disebutkan dalam tulisan sebelumnya di sini, memiliki kandungan gizi dan protein yang lebih tinggi daripada ulat hongkong. Selain itu, kandungan khitin dari kulitnya yang keras (exoskeleton) masih dianggap cukup aman dibandingkan yang terdapat pada ulat hongkong.

Berikut kandungan gizi dari ulat jerman:

  • Protein : 19,06 %
  • Lemak : 14,19 %
  • Kalsium : 173 ppm
  • Serat kasar: 2,60 %

Karena itu, jika memiliki burung tledekan laut ini, mungkin Anda bisa menerapkan perawatan seperti yang dilakukan Om Yudha, yaitu memberikan ulat jerman pada pagi dan sore hari, masing-masing 1 ekor.

Pakan tambahan lain seperti jangkrik kecil atau kroto mungkin masih bisa diperlukan, mengingat burung peliharaan butuh asupan nutrisi yang lengkap dan bervariasi.

Dalam pemberiannya, ulat jerman yang berukuran terlalu besar bagi burung kecil seperti tledekan laut, bisa dipotong-potong terlebi dulu agar mudah dikonsumsi.

Selain ulat jerman, alternatif lain agar burung tledekan laut rajin berbunyi adalah memberi ulat kandang sebanyak setengah cepuk makan. EF ini bisa diberikan pagi hari sebelum atau sesudah burung mandi.

Burung tledekan laut
Sikatan biru-putih / tledekan laut adalah burung migran yang banyak penggemarnya

Berikut ini video burung tledekan laut milik Om Yudha yang hanya mengkonsumsi ulat jerman saja setiap harinya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.