Lovebird hasil breeding Om Gun Jambi mulai moncer di lapangan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Di sela-sela kesibukan sebagai anggota Polresta Jambi, Om Gunawan memanfaatkan waktu senggang dengan kegiatan bermanfaat, sekaligus mendekatkan diri dengan masyarakat. Hobi burung menjadi pilihannya. Sudah lama Om Gun aktif sebagai pemain murai batu, lovebird, dan jenis burung kicauan lainnya. Sejak tahun lalu, dia mulai menangkar lovebird. Sebagian hasilnya kini moncer di lapangan, termasuk lovebird Markel milik Om Rino yang menjuarai Spesial Yakuza BC Jambi, 2 Mei lalu.

Om Gunawan Jambi
Om Gun di depan kandang breeding lovebird model koloni.

Om Gun belajar breeding lovebird secara otodidak. Tetapi penguasaannya terhadap kualitas lovebird lomba sangat membantunya dalam mencetak anakan lovebird trah juara.

Sebagian lovebird jawara koleksinya dijadikan indukan, dengan seleksi utama pada indukan dengan suara ngekek panjang. Om Gun membangun penangkaran lovebird di rumahnya, kawasan Kenali Asam Atas, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.

“Waktu pertama mencoba beternak, saya berfikir apakah anakan-anakan lovebird ini nantinya punya suara ngekek panjang seperti induknya. Maklum, waktu itu masih pemula, masih harap-harap cemas soal anakan yang dihasilkan,” ujarnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Tetapi setelah membaca artikel-artikel genetika terapan yang ada di omkicau.com, akhirnya Om Gun yakin pasti sebagian besar anakan yang dihasilkannya akan bersuara ngekek panjang, sebab seluruh induk yang digunakan memang memiliki tipikal suara seperti itu, dan pernah menjuarai lomba.

Om Gun lalu memantau beberapa anakan yang sudah dibeli koleganya. Ketika sudah dewasa, sekitar umur 8 bulan, ternyata anakan itu memiliki suara ngekek panjang seperti induknya.

breeding lovebird Om Gunawan Jambi
Kandang koloni berisi 5 pasang indukan jawara.

“Postur bagian kepala, serta sorot matanya, juga sama seperti induknya. Waktu itu anakan pertama berwarna olive, anakan kedua topeng, semuanya memiliki suara isian kenarian,” ujar Om Gun.

Belum lama ini Om Gun menjual salah satu produk penangkarannya, Markel, kepada Om Rino yang juga koleganya.  Saat dicoba dalam even Spesial Yakuza BC di Jambi, 2 Mei lalu, Markel tampil sebagai juara pertama.

Lovebird Markel juara Yakuza BC Jambi
Om Rino (bertopi) bersama lovebird Markel usai menjuarai Yakuza BC.

Hal ini membuat Om Gun makin bersemangat mengembangkan penangkaran lovebird. Saat ini baru ada lima pasangan induk jawara siap produksi. Biasanya, begitu anakan berumur 3 minggu, sejumlah  kolega langsung datang meminang.

Itu sebabnya, dalam beberapa bulan terakhir ini, banyak calon pembeli yang terpaksa indent. Sebab jumlah peminatnya melebihi kapasitas produksi yang relatif terbatas. (Kelana Lana)

Om Gunawan Jambi
Om Gunawan: Hobi burung di sela-sela tugas utama sebagai pengayom masyarakat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.