NSM BF jebol kandang SWD: Produk murai batu langsung mengalir deras 

Setelah menangkar cucakrowo dan lovebird, Niki Sae Mas (NMS) Bird Farm Bogor milik H Kuwadi mulai merambah ke murai batu, mengingat burung ini makin diminati kicaumania. Untuk mendapatkan anakan berkualitas, induk jantan dan betina pun tentu harus berkualitas. Tak mau tanggung-tanggung, NMS BF memulai breeding murai batu dengan menjebol kandang indukan SWD BF Klaten milik H Suwadi.

NSM Bird Farm Bogor
H Kuwadi (NSM BF Bogor) puas melihat anakan murai batu hasil penangkarannya.

Jebol kandang indukan memang menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan pasangan induk berkualitas. Konsekuensinya, modal yang digelontorkan cukup besar. Tetapi hal itu tidak menjadi masalah bagi Kuwadi, yang juga pengusaha sukses di bidang mebel, aneka kusen pintu, jendela, dan kayu jati.

SWD BF dikenal sebagai penangkaran murai batu berkualitas. Om Kicau pun pernah memuat profil Om Suwadi, lengkap dengan gambar dan videonya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pasangan induk hasil jebol kandang SWD ini sudah berproduksi dengan lancar, diberi ring kode NSM. Bahkan, kemarin, Om Kuwadi kembali menjebol kandang SWD BF yang berisi pasangan induk blorok jawara.

Indukan murai batu blorok
Indukan murai batu blorok hasil jebol kandang dari SWD Klaten.

Om Kuwadi termasuk penggemar fanatik produk SWD. Bukan karena nama mereka hampir mirip, Kuwadi dan Suwadi (he.. he… he…), namun karena induk yang digunakan merupakan eks jawara lomba.

“Selain jebol kandang dari SWD, saya juga memiliki pasangan induk dari hasil jebol kandang Maestro BF, Jawa Tengah,” jelas Om Kuwadi.

Kandang penangkaran murai batu menyatu dengan kediamannya di kawasan Ciawi, Bogor. Ada 16 petak kandang berisi indukan dari berbagai penangkar papan atas, yang sebagian sudah berproduksi. “Sekiyat lima puluh persen induk sudah berproduksi,” tutur penggemar Harley Davidson ini.

Kandang ditempatkan di teras belakang rumah, dibatasi kaca transparan, sehingga dia dan keluarga bisa melihat dan menikmati suara indukan murai batu dari ruang santai / ruang keluarga yang menghadap teras belakang.

Setiap petak kandang berukuran lebar 1,5 meter, panjang 2 meter, dan tinggi 3 meter.  Burung merasa nyaman, karena sirkulasi udara mengalir lancar dari jendela kawat di bagian depan dan bagian atas yang dilapisi kawat strimin.

Untuk memantau perkembangan indukan, Om Kuwadi memasang kamera CCTV dan terhubung dengan monitor di ruang keluarga.

NSM Bird Farm Bogor
Aktivitas indukan terpantau lewat monitor yang terhubung CCTV di kandang.

Panen umur 8 hari

Hanya dalam waktu lima bulan, melalui sistem jebol kandang, produk anakan murai batu NSM BF mengalir deras. Om Kuwadi memanen anakan ketika berumur 8 hari, kemudian dimasukkan ke boks inkubator.

Model inkubatornya pun terbilang modern. Anakan yang masih ringkih akan merasa nyaman tinggal di inkubator canggih tersebut.

“Sehabis anakan dipanen, pasangan induk diistirahatkan dulu selama 2-3 hari. Saat itu pula,kandang dibersihkan, bahan sarang diganti yang baru, dan kotak sarang dijemur. Setelah itu, indukan kembali dimasukkan ke kandang. Biasanya, seminggu kemudian, induk betina akan bertelur lagi,” tambah Om Kuwadi yang juga pemilik usaha kuliner Bakso Tukul di Ciawi.

NSM Bird Farm Bogor
Salah satu anakan murai batu ring NSM.

Cara seperti ini lebih aman, karena pakan anakan selalu terkontrol. Sebab, jika diasuh induknya, sebagian anakan seringkali kurang terawat.

Anakan diasuh pemilik sampai umur 1,5 bulan atau sudah bisa makan sendiri. Setelah dua bulan, dipisahkan dalam kandang soliter. (d’one)

NSM Bird Farm Bogor
Selain murai batu, NSM BF juga beternak lovebird.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.