Kacer Panglima Sumatera, Bajing Ireng, dan Gondrong juara di Avanza Berkicau Jambi

Tiga kacer jawara yaitu Panglima Sumatera, Bajing Ireng, dan Gondrong berbagi gelar juara 1 dalam Lomba Burung Avanza Berkicau – Road to Presiden Cup III di Dealer Toyota Pal X, Jalan Marsda Surya Dharma, Kenali Asam Bawah, Kota Jambi, Minggu (8/6). Ketiga burung selalu masuk tiga besar dalam dua kelas utama, yaitu Kelas Fortuner (berhadiah Rp 10 juta) dan Kelas Innova (Rp 6 juta).

Even Avanza Berkicau yang merupakan hasil kerja sama antara Jambi Team, Toyota Agung AutoMall, dan Salju SF ini dimaksudkan sebagai ajang pemanasan kicaumania Jambi dan sekitarnya menjelang gelaran bergengsi Presiden Cup III di Jakarta, 22 Juni 2014.

Lomba Burung Avanza Berkicau Jambi
Kepala Keuangan PT Agung AutoMall Jambi, Om Kusmanto (kanan), didampingi Ketua Panitia Mr Said BH, melakukan penggantangan simbolis saat membuka Avanza Berkicau.

Selain diikuti ratusan penggemar burung berkicau di Jambi, beberapa pemain dari luar provinsi juga datang, seperti dari Lampung, Batam, Palembang, dan Surabaya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ketua Panitia Mr Said BH mengucapkan terimakasih kepada PT Agung AutoMall Jambi, juri-juri BnR, dan seluruh kicaumania yang hadir dalam even ini.

Kehadiran kicaumania dari luar provinsi, termasuk H Rico (Lampung) yang membawa kacer Panglima Sumatera membuat even Avanza Berkicau makin berbobot.

Burung ini merupakan salah satu kacer terbaik nasional, yang harus bersaing melawan kacer jawara nasional lainnya seperti Bajing Ireng milik Zoel Bakung (BF Team), serta Gondrong milik Amat Belido (Obit BC) yang terus berprestasi di Jambi.

H Rico dan Panglima Sumatera
H Rico bersama kacer Panglima Sumatera yang moncer di Avanza Berkicau Jambi, Minggu (8/6).

Panglima Sumatera sengaja mengikuti Avanza Berkicau sebagai ajang pemanasan menjelang turun di Presiden Cup III Jakarta, 22 Juni mendatang. Pekan sebelumnya, gaco ini juga dijajal dalam kontes di Muara Enim, Sumatera Selatan, dengan hasil juara 1 dan 2.

Dalam Avanza Berkicau pun, Panglima Sumatera sukses menjuarai Kelas Rush, serta menjadi juara 2 Kelas Fortuner dan juara 3 Kelas Innova. Dari Jambi, Panglima Sumatera langsung balik ke Lampung dan istirahat total selama 2 minggu sebelum diberangkatkan ke Jakarta.

Kacer Bajing Ireng kembali moncer, dengan menjuarai Kelas Innova dan juara 3 Kelas Fortuner.  Kelas Fortuner dimenangi Gondrong yang juga menjadi runner-up Kelas Innova.

Aping dan kacer Bajing Ireng
Aping (kanan) kembali sukses mengawal kacer Bajing Ireng.

Kacer Panglima Sumatera, Bajing Ireng, dan Gondrong terus bersaing ketat dan menguasai tiga besar di Kelas Fortuner dan Innova. Dua sesi lainnya dimenangi kacer Reok milik Dani Rose (BF Jambi) dan AB milik Topix AB dari Sormin SF.

Selain H Rico dari Lampung, kelas kacer juga kehadiran tamu dari Surabaya, yaitu Andre Sutanto dan WW Angga, yang memperkuat Jatim Raya Team.

Andre Sutanto, yang baru saja sukses menggelar Ebod Jaya Cup di Surabaya, sesungguhnya berasal dari Jambi. Tahun lalu dia hijrah ke Surabaya. Kehadirannya ke Jambi sama halnya pulang kampung.

Andre menurunkan kacer andalannya, Senpi. Namun karena lama absen di lapangan, gaco yang dulu pernah berjaya dalam even- even nasional di Jakarta ini harus puas menjadi juara 6 dan 7.

Persaingan merata di kelas murai batu

Kejutan terjadi saat murai batu Tragedy milik Maman (BF Team) tampil sebagai juara 1 kelas paling bergengsi, Fortuner, yang berhadiah Rp 10 juta. Tragedy mampu mengalahkan beberapa gaco lawas seperti Happy Birthday milik Akia dan Sniper milik Aheng, keduanya dari Obit BC. Dua gaco ini harus puas berada di urutan 2 dan 3.

Fendi joki MB Tragedy
Fendi, joki andalan murai batu Tragedy milik Maman (BF Team).

Di Kelas Innova, Tragedy berada di peringkat 4. Kelas ini dimenangi Nowela, gaco andalan Yuri A dari Kodok BC. Kelas MB Ring dijuarai Sersan milik Selamet dari Polongan BC.

Tiga kelas lainnya dimenangi Asoka milik Mohyang (Obit BC), Hokky milik Rudi Wijaya (Obit BC), dan Raden milik Didik 88 yang memperkuat BF Team.

Mohyang Jambi
Mohyang (kaos kuning) dan Aphing (kanan). MB Asoka milik Mohyang juara 1 Kelas Rush.

Jadi, enam kelas murai batu dimenangi burung berbeda, dan tak ada seekor gaco pun yang berhasil meraih double winner. Ini menunjukkan persaingan murai batu di wilayah Jambi benar-benar makin ketat.

Di kelas lovebird, dominasi masih dipegang Putri milik Ferry Louw (Obit BC). Turun di semua (4) sesi, burung ini dua kali menjadi juara 1, serta sekali juara 2 dan 3.

Jojo, joki lovebird Putri
Jojo, kecil-kecil sukses menjadi joki lovebird Putri.

Putri menjuarai Kelas Innova dan Jambi Team. Dua sesi lainnya dimenangi Arema, lovebird milik M Saleh (Pelangi BC), serta Morena milik Chandra (Polongan SF).

Selain lovebird Putri, burung lain yang sukses meraih double winner adalah kenari Super Star milik Mr Arun (Obit BC), serindit Naruto yang juga koleksi Mr Arun, serta cucak hijau Jambul kepunyaan Syafri dari Wahyu SF.

Chandra tidak hanya sukses di kelas lovebird. Gaconya yang lain, kapas tembak Rawit, juga berhasil menjuarai Kelas Rush. Satu sesi lainnya dimenangi Donald milik Rahmat. Chandra dan Rahmat sama-sama dari Polongan SF.

Obit BC mengumpulkan poin tertinggi dan tampil sebagai juara umum bird club (BC). Dalam berbagai even di Jambi, Obit BC hampir selalu menjadi juara umum BC. Adapun juara umum single fighter (SF) diraih Polongan SF.

Obit BC Jambi
Obit BC juara umum bird club.
Polongan SF Jambi
Polongan SF juara umum singe fighter.

Agung AutoMall siap bekerja sama lagi

Secara keseluruhan, even Avanza Berkicau berjalan lancar. Kepala Keuangan Toyota Agung AutoMall, Om Kusmanto, merasa senang dan puas atas gelaran ini.

“Ini untuk kali pertama PT Agung AutoMall bekerja sama kalangan kicaumania di Jambi. Semoga bisa dilanjutkan lagi kerjasama ini. Even ini sekaligus untuk memperkenalkan PT Agung AutoMall, dealer Toyota di Jambi yang baru diresmikan Januari lalu,” kata Om Kusmanto.

Lomba Burung Avanza Berkicau Jambi
Om Kusmanto (kiri) menyerahkan trofi kepada Puja OT, juara 3 di salah satu sesi murai batu.

Mr Said BH dan Ketua Pelaksana M Nazir mempercayakan penilaian lomba kepada juri-juri BnR yang sudah berpengalaman.

Mr Said BH
Mr Said BH tak hanya piawai memoles burung dan memimpin Jambi Team, tetapi juga sukses menggelar even berkelas.

Sebelum bertugas, juri-juri mengikuti briefing yang diberikan Om Oji Lahat selaku penanggungjawab lomba. “Tidak boleh ada permainan apapun, tidak boleh ada yang disembunyikan, tidak memandang burung milik siapapun. Saya punya wewenang mencopot baju juri,” tegas Om Oji Lahat. (Kelana Lana)

Oji Lahat
Om Oji Lahat, penanggungjawan Avanza Berkicau.
Juri-juri BnR
Juri-juri BnR dipercaya memimpin penilaian dalam kontes Avanza Berkicau di Jambi.

Hasil Lomba Avanza Berkicau (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.