Bagaimana jika burung cucak hijau juga mbalon /mbagong

Burung cucak hijau memiliki sifat dan karakter yang labil. Perilakunya mudah berubah jika kemapanan dan kenyamanannya terganggu. Jika diperhatikan, perubahan sifat atau karakternya mirip yang dialami kacer ketika dalam kondisi mbagong atau mbalon. Apa yang harus dilakukan ketika burung cucak hijau juga mbalon / mbagong? Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda.

CUCAK HIJAU
Cucak hijau termasuk burung yang mudah berubah perilaku.

Sebagaimana burung kacer, cucak hijau akan menunjukkan perubahan sikap yang bisa terlihat dari bulu-bulunya yang mengembang seperti mbalon ketika dia mengalami beberapa perubahan kondisi. Misalnya, mengalami over birahi, burung dalam kondisi sakit atau kurang fit (tidak enak badan).

Selama ini kita cenderung menganggap bulubulu cucak hijau yang mengembang pasti akibat over birahi, tanpa melihat beberapa kemungkinan penyebab lainnya seperti sakit dan tidak enak badan.

Jika cucak hijau terlihat mbalon, disertai perubahan perilaku dengan sering burung menaikkan bulu-bulu kepala atau ngentrok ketika digoda dengan tangan, atau sifatnya menjadi lebih galak, kemungkinan besar hal itu terjadi akibat over birahi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cucak hijau
Cucak hijau

Tetapi, terkadang cucak hijau terlihat mengembangkan bulu-bulunya, namun hanya diam saja ketika didekati, bisa juga menjulurkan lidahnya, maka kemungkinan besar burung sedang dalam kondisi tidak fit alias tidak enak badan.

Selanjutnya, apabila burung hanya diam saja, mbalon sambil nyekukruk terus, tanpa menjulurkan lidah, bisa dipastikan burung dalam keadaan sakit, dengan sejumlah kemungkinan jenis penyakitnya.

Umumnya, ketika menghadapi burung yang over birahi dan agak nakal, beberapa kicaumania memberikan terapi mandi malam. Tetapi hal ini sulit diterapkan pada cucak hijau.

Berikut ini beberapa terapi penanganan over birahi pada burung cucak hijau:

  • Menyimpan burung di tempat tenang terlebih dulu, jauhkan dari burung lain yang berwarna cerah / terang seperti anis merah, kenari kuning, atau benda-benda berwarna cerah yang bisa membuat burung menjadi tidak tenang.
  • Anda bisa mengumbar burung dalam kandang umbaran, sambil memberikan buah-buahan yang bersifat menenangkan dan mendinginkan seperti pepaya atau belimbing. ( Baca juga: Terapi umbar dan belimbing untuk cucak hijau yang over birahi ).
  • Mengurangi atau menghentikan pemberian pakan serangga. Kalau mau diberi extra fooding (EF), sebaiknya ulat bumbung atau ulat bambu, cukup 1 ekor / hari selama perawatan.
  • Untuk sementara jangan membawa atau melatih burung di arena latberan, apalagi lomba.
  • Untuk cucak hijau yang masih muda, Anda bisa mengurangi pemberian voern. Selain itu, burung diberi buah-buahan seperti pepaya setiap harinya.
  • Untuk pemulihan kondisi burung muda yang mengalami OB, Anda bisa memberikan pengobatan pertama dengan Bird First Aid / BFA yang bisa didapatkan di agen Produk Om Kicau terdekat.

Setelah 1 minggu, dan burung mulai menunjukkan perilaku normalnya, maka perawatan bisa dikembalikan ke perawatan harian seperti biasanya.

Untuk cucak hijau mbalon akibat kurang fit, Anda perlu membiasakan untuk selalu memberikan vitamin. Silakan pilih produk yang sudah Anda yakini manjur, misalnya BirdVit yang telah digunakan ribuan sobat kicaumania di Indonesia, termasuk Om Darwin Delta (Lampung) dan Om Eka Jr (Jakarta) yang memberi testimoni tanpa pernah diminta (boleh dicek ke yang bersangkutan, bagi yang mengenalnya.

Itulah beberapa tips mengatasi cucak hijau yang mbalon/mbagong.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.