Om Soleh: Awalnya dititipi menjualkan cucak hijau, kini buka kios burung

Nasib orang siapa yang tahu? Rezeki, Tuhan sudah menentukannya. Tugas manusia hanya berikhtiar dan berdoa. Itulah nasib yang dialami Om Soleh. Siapa sangka, hanya karena dititipi rekannya seekor burung cucak hijau untuk dijualkan, Om Soleh kini bisa membuka sendiri kios burung di kawasan Grand Citra Kahuripan Cluster Arjuna, Klapanunggal, Cileungsi, Bogor.

Kios burung Om Soleh
Kios burung milik Om Soleh di kawasan Grand Citra Kahuripan Cluster Arjuna, Klapanunggal, Cileungsi, Bogor.

Ya, lelaki berusia 37 tahun itu tak menyangka prosesnya akan bermuara seperti ini. Enam tahun lalu, dia bersama istri meninggalkan kampung halamannya di Lampung, untuk merantau ke Ibu Kota. Dia lantas memperoleh pekerjaan sebagai karyawan sebuah perusahaan keramik di Bogor.

Tahun 2011, terjadi peristiwa sepele, yang ternyata mengubah jalan hidupnya. Saat itu dia diminta salah seorang temannya dari Sumatera untuk menjualkan burung cucak hijau. Teman ini hanya minta harga Rp 400.000, tapi Om Soleh bisa menjualnya seharga Rp 450.000.

Dari situlah, kawannya menitipkan lagi beberapa ekor cucak hijau dan meminta Om Soleh menjualnya. Semuanya laku, dan Om Soleh mendapat untung dari selisih harga jual dan harga dasar yang ditetapkan temannya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sejak itu pula, Om Soleh mulai rajin hunting ke Pasar Burung Pramuka Jakarta, serta berkenalan dengan sejumlah pedagang di sini. Dia bisa memasok burung dengan harga grosir ke pedagang di PB Pramuka.

“Semua keuntungan dari hasil jual-beli burung saya tabung. Sebab untuk kebutuhan hidup sehari-hari, gaji dari perusahaan keramik tempat saya bekerja sudah cukup,” kata Om Soleh.

Keuntungan ini terus diputarnya sehingga bisa membeli burung dalam jumlah lebih banyak, dan mampu memperluas pemasaran. Karena harganya grosir, dia berani menjamin harganya mengalahkan harga di PB Pramuka.

Untuk eceran pun harganya lebih kompetitif. Misalnya, harga burung di PB Pramuka Rp 600.000 / ekor, maka banderol yang ditawarkannya hanya Rp 550.000 / ekor.

Usahanya terus berkembang, sampai akhirnya Om Soleh bisa membuka kios burung pada Maret lalu, di tempat yang tak jauh dari rumahnya di Grand Citra Kahuripan Cluster Arjuna, Klapanunggal, Cileungsi, Bogor.

Kios burung Om Soleh
Kios kecil, omzet mencapai Rp 30 juta / bulan.

“Sehari-hari saya tetap bekerja di perusahaan keramik. Istri yang menjaga kios burung. Ya, lumayan bisa untuk menambah penghasilan keluarga,” jelas Om Soleh.

Setiap dua minggu sekali, Om Soleh mendapat pasokan rutin dari rekannya di Sumatera. Jenisnya antara lain cucak hijau asal Medan, Padang, dan Jambi. Kalau stok terlalu berlebihan, dia akan berbagi dengan beberapa partner yang ada di PB Pramuka.

“Modal materi tak selalu menjadi ukuran kesuksesan usaha seseorang. Yang lebih penting adalah modal konsistensi, dedikasi tinggi, dan pelayanan yang memuaskan pelanggan,” ujarnya.

Pengalamannya berdagang burung sejak tahun 2011 membuatnya yakin kiosnya bisa maju. Apalagi kios yang dikelolanya menjadi ampiran para pedagang burung di sekitar Kahuripan.

Meski kiosnya dari aspek fisik relatif kecil, omzet penjualannya justru bisa mengalahkan kios-kios burung yang berukuan lebih besar. Setiap bulan, Om Soleh minimal bisa memperoleh Rp 30 juta dari penjualan burung ini.

Sayangnya, saat Om Kicau hendak mengambil gambar dirinya, Om Soleh menolak demi menjaga privasi bisnisnya. Menurutnya, banyak pedagang di PB Pramuka menggunakan nama samaran, untuk menjaga kerahasiaan bisnis agar tetap berjalan baik, tanpa bersenggolan dengan kepentingan pedagang lain yang bisa menimbulkan gesekan atau friksi. (Neolithikum)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.