Didik 88 BF Jambi melebarkan sayap: Buka toko burung dan gelar latber setiap Sabtu sore

Om Didik tak hanya sukses menangkar murai batu trah juara dengan mengibarkan bendera 88 Bird Farm (BF) Jambi. Mantan petenismeja andalan Provinsi Jambi itu kini melebarkan sayapnya. Toko burung sudah dibukanya di sejak 28 Juni 2014 di rumahnya, Jl Sersan Muslim No 88 RT 30, Thehok Beringin, Jambi Selatan. Tak hanya itu, di tempat yang sama juga rutin digelar latber burung, setiap Sabtu mulai pukul 16.30.

Latber 88 BF Jambi
Suasana Latber 88 BF Jambi. Siap gelar latihan rutin setiap Sabtu sore,

Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Peribahasa itulah yang kini dilakoni Om Didik 88. Kini ia tak hanya mengurus penangkaran murai batu saja, namun juga membuka toko burung serta latber rutin setiap Sabtu sore.

Tentu saja sebagaimana kicaumania Jambi lainnya, Om Didik juga tetap aktif melombakan gaco-gaco andalannya dalam berbagai even latber di lain tempat, juga lomba burung baik di level lokal, regional maupun even akbar di Sumatera.

Sebelumnya Om Kicau pernah menampilkan profil Om Didik 88 sebagai penangkar burung murai batu (silakan lihat Didik 88: Mantan petenismeja yang sukses jadi penangkar murai batu).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Di Jambi memang terdapat beberapa kicaumania multidimensi, yang tak hanya sekadar penggemar burung kicauan saja, tetapi juga pemain, penangkar, hingga menjadi event organizer (EO). Sebelum Om Didik, ada juga nama Agus Arizon yang dikenal sebagai pemain, penangkar, dan EO.

( baca juga Agus Arizon: Sukses sebagai pelomba, penangkar, dan EO latber )

Sebagian lainnya menjadi pemain dan penangkar, seperti Mr Said BH, Gunawan Sazuke, dan lain-lain. Ada pula pemain dan pemilik toko burung, seperti Om Ipung.

Ilustrasi ini sekadar memberi gambaran, betapa dunia burung kicauan bukan sekadar menghabiskan uang (khususnya bagi para pemain), tetapi juga bisa menghasilkan uang, baik dari usaha breeding / penangkaran burung maupun pedagang burung dan segala aksesorisnya.

Mendapat respon positif dari kicaumania Jambi

Gelaran perdana latber yang dikemas Om Didik 88 mendapat respon positif dari para kicaumania di Jambi dan sekitarnya, yang selama ini dikenal solid, kompak, dan saling mendukung.

“Latihan rutin ini juga atas permintaan beberapa kicaumania di Jambi, untuk meningkatkan frekuensi latihan, khususnya bagi burung-burung orbitan baru, burung yang habis mabung, atau sebagai ajang pemanasan sebelum turun dalam even lomba yang lebih besar,” kata Om Didik.

Mengingat respon bagus dari sobat-sobat kicaumania di Jambi, Om Didik berupaya keras untuk bisa menjaga kepercayaan ini, dengan memperhatikan aspek penilaian yang benar-benar fairplay.

“Menjaga kepercayaan itu sulit, tapi itu hal utama yang tak bisa ditawar-tawar. Saya berjanji akan terus memperbaiki segala kekurangan dari segi penyelengaraan dan fasilitas yang ada di tempat ini. Ini juga dalam rangka menjaga kepercayaan kicaumania,” tambah Om Didik.

Dalam gelaran perdana, panitia membuka tiga kelas murai batu. Tak ada satu burung pun yang bisa meraih double winner. Gelar juara 1 masing-masing diraih Nakata milik Herman Oey, JK milik Andri Polongan), dan Gio kepunyaan Edi.

Murai batu Nakata
Arif, perawat murai batu Nakata milik Om Herman Oey.

Kelas kacer juga terdiri atas tiga sesi. Lagi-lagi, tak ada jawara yang nyeri juara 1. Kacer Tikuz milik Mr Said BH menjuarai Kelas Bintang 88. Adapun Kelas Sejati 88 dan Umum 88 masing-masing dimenangi kacer Apollo miliki Esco dan Habibi kepunyaan Pandawa.

Mr Said dan Esco
Mr Said BH (kiri) dan Esco (2 dari kiri) sama-sama juara 1 di kelas kacer.
Kacer Satria Dewa
Aris (kiri), perawat kacer Satria Dewa, juara 2 Kelas Sejati 88.

Selain sukses di kelas murai batu, Om Herman Oey juga berjaya di kelas lovebird, melalui andalannya bernama Laura. Burung ini tampil menawan, dengan menjuarai Kelas Bintang 88.

“Lovebird Laura sudah beberapa kali menjuarai lomba di Jambi dan sekitarnya,” kata Om Herman yang juga pengusaha getah karet.

Herman Oey
Tole (kiri) menyerahkan hadiah kepada Herman Oey, pemilik lovebird Laura.

Juara kedua ditempati lovebird Buyung milik Kris Arizon. Burung ini bahkan sukses menjuarai Kelas Sejati 88, diikuti Ayumi milik Auz dan Laura.

Secara keseluruhan, lomba berjalan lancar dan meriah. “Saya dan teman-teman dari 88 Bird Farm mengucapkan terima kasih atas dukungan teman-teman yang hadir,” tandasnya. (Kelana Lana)

Latber 88 BF Jambi
Tole (kanan) menyerahkan hadiah kepada Mr Said BH.

Hasil Latber 88 BF Jambi (Sabtu, 5 Juli 2014)

Murai Batu Bintang 88
1. NakataHermanJambi
2. Batang UbiBani / AongJambi
3. JangkrikYongkaJambi
4. PannaApingJambi
Murai Batu Sejati 88
1. JKAndri PolonganJambi
2. PannaApingJambi
3. JokerDoniJambi
4. OzilApingJambi
Murai Batu Umum 88
1. GioEdiJambi
2. PannaApingJambi
Kacer Bintang 88
1. TikuzMr Said BHJambi
2. Black AngleAhong KadachiJambi
3. ApolloEscoJambi
4. Satria DewaArisJambi
Kacer Sejati 88
1. ApolloEscoJambi
2. Satria dewaArisJambi
3. CaisarAgus ArizonJambi
4. PrimadonaRudi CandraJambi
Kacer Umum 88
1. HabibiPandawaJambi
2. BuyungAdeJambi
Lovebird Bintang 88
1. LauraHermanJambi
2. BuyungKris ArizonJambi
3. Sopik LoveSugengJambi
Lovebird Sejati 88
1. BuyungKris ArizonJambi
2. AyumiAuzJambi
3. LauraHermanJambi
Kapas Tembak Bintang 88
1. DokterSelametJambi
2. DemokrasiSangdraJambi
3. GomberRahmatJambi
Kenari Standar Sejati 88
1. Golden StarArunJambi
2. SindenAgus ArizonJambi
3. Orange JuiceDedi JBJambi
4. SutraMr Said BHJambi
Serindit Sejati 88
1. RamboDedi JBJambi
2. RopelAuzJambi
3. PolonganUnanJambi


Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.