Perawatan cucak hijau ala Om Sugi Balikpapan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Muhammad Sugi termasuk salah seorang penggemar sejati cucak hijau dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Banyak sekali koleksi cucak hijau jawara miliknya. Yang terbaru adalah Virzha. Jagoan ini baru beberapa pekan dibelinya, dan langsung moncer dalam even di Kampung Timur Balikpapan, Minggu (6/7) lalu, dengan menjadi juara ketiga.

cucak hijau Virzha
cucak hijau Virzha milik Om Sugi.

Cucak hijau memang salah satu jenis burung kicauan yang paling ramai dalam lomba-lomba burung di Kalimantan Timur, sejajar dengan murai batu borneo, kacer, dan lovebird. Belakangan, kelas pleci juga makin digandrungi.

Popularitas cucak hijau di Kalimantan Timur sangat beralasan, mengingat provinsi ini dikenal sebagai salah satu sentra penghasil cucak hijau berkualitas di Indonesia, di samping Jember dan Banyuwangi di Jawa Timur.

Sugi dan cucak hijau Virzha
Om Sugi bersama cucak hijau Virzha.

Om Sugi yang mengibarkan bendera Pondok Mentari Balikpapan sebelumnya juga memiliki dua gaco cucak hijau, yaitu Sambal Tomat dan Madun.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pekan lalu, Madun sukses menjuarai Latber Gunung Guntur Balikpapan. Setelah meraih triple koncer A, burungini langsung di-take-over salah seorang pemain besar di Balikpapan.

Tips perawatan cucak hijau ala Om Sugi

Cucak hijau Madun
Cucak hijau Madun yang belum lama ini dibeli salah seorang pemain papan atas di Balikpapan.

Sebagian besar cucak hijau koleksi Om Sugi mendapat perawatan harian yang relatif sama, bahkan semua perawatan terbilang sangat sederhana.

Setiap hari burung selalu disediakan pisang dan jangkrik. Porsi jangkrik masing-masing tiga ekor pada pagi dan sore hari. “Mandi hanya seminggu sekali,” kata Om Sugi.

Karena kesibukan kerja, Om Sugi tidak dapat berlama-lama menjemur cucak hijaunya. Biasanya, dia hanya menjemurnya selama  30 menit saja. Setelah dijemur, dianginkan sebentar selama 10 menit.

“Kalau jadwalnya mandi, maka mandi dilakukan setelah dianginkan. Habis mandi, burung kembali dianginkan sampai bulu-bulunya kering. Setelah itu dikerodong, dan dimasukkan ke dalam ruangan pemasteran,” tambah Om Sugi.

Cucak hijau Sambal Tomat
Cucak hijau Sambal Tomat.

Bagaimana jika burung mau dilombakan? Kalau mau tampil dalam lomba, persiapan dimulai Sabtu (H-1). Dalam hal ini, porsi jangkrik ditingkatkan menjadi 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor lagi pada sore hari. Sabtu sore, burung juga diberi 5 butir kroto.

Nah, pada hari Minggu atau hari lomba, porsi jangkrik kembali dinaikkan menjadi 7 ekor. Kroto tetap lima butir, ditambah 5 ekor ulat hongkong.

Piagam cucak hijau Sambal Tomat
Piagam cucak hijau Sambal Tomat.

Selain cucak hijau, Om Sugi belakangan mulai tertarik pula pada lovebird.  Dalam dua pekan ini, gaco lovebird yang bernama Afgan moncer dalam dua even, yaitu di Latber Mardi dan Kampung Timur. (v1rgoboy)

Muhammad Sugi / Pondok Mentari Balikpapan

Kontak: 0812 586 4734 / PIN BB 7ad58a7b

Muhammad Sugi Pondok Mentari Balikpapan
Om Sugi, penggemar sejati cucak hijau.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.