Antang BC dominasi Latpres Losari BC Makassar, cucak hijau Kacuping double winner

Latpres Losari BC bertema Marhaban Ya Ramadhan di lapangan Pasar Hobby Toddopuli Makassar, Minggu (20/7), berlangsung meriah. Cucak hijau Kacuping milik Om Hendy (Losari) berhasil meraih double winner. Untuk tim, burung-burung koleksi Antang BC mendominasi even ini.

Latpres Losari BC Makassar
Suasana lomba murai batu dalam Latpres Losari BC di Makassar, Minggu (20/7).

Even ini sengaja diadakan pada akhir Ramadhan, untuk menguatkan tali silaturahmi di antara para kicaumania di Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar. Dengan demikian, para peserta bisa saling memaafkan sebelum memasuki Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H.

Panitia membuka 14 kelas, yang hampir semuanya full peserta. Tiga jenis burung yang popular di Makassar dilombakan dalam dua kelas, yaitu murai batu, cucak hijau, dan kenari. Selebihnya satu kelas, yaitu kacer, lovebird, cendet, ciblek, cucak jenggot, jalak (bebas), pleci, dan campuran lokal.

Antang BC, yang baru terbentuk 6 Juli 2014, langsung menunjukkan prestasinya. Gaco-gaco koleksi Antang BC menjuarai delapan dari 14 kelas yang dilombakan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Antang BC Makassar
Antang BC: Baru tiga pekan dibentuk langsung unjuk prestasi.

Hal ini tentu saja membuat para personelnya bangga, termasuk dokter A Mursyid Achmad SpOG yang menjadi pimpinan bird club tersebut.

Cucak hijau Kacuping, si pemalas yang trengginas

Dua kelas cucak hijau dimenangi Kacuping. Burung andalan Om Hendy ini sehari-hari dirawat Om Gunawan. Kacuping menjuarai Kelas Losari Makassar dan Losari Toraja.

Om Hendy dan cucak hijau Kacuping.
Om Hendy (kiri) dan Om Gunawan, mekanik cucak hijau Kacuping.

Menurut Om Andis, salah satu pegiat latpres di Makassar, cucak hijau Kacuping termasuk salah satu burung terbaik di Makassar. Bahkan dalam even Presiden Cup III di Jakarta, 22 Juni lalu, yang diikuti gaco-gaco terbaik di Tanah Air, Kacuping tampil sebagai juara 4 Kelas BnR Vit.

“Kacuping sehari-hari dirawat Om Gunawan, yang tidak lain sahabat Om Hendy. Bahkan keduanya sama-sama bekerja di salah satu bank swasta di Makassar,” jelas Om Andis.

Kacuping termasuk cucak hijau tipe “pemalas”. Kok bisa begitu? Ya, di rumah burung ini jarang sekali bunyi, bahkan jarang mandi.

Om Andis dan Om Ujhe.
Om Andis (kanan) dan Om Ujhe.

“Karena kesibukan Om Gunawan, Kacuping seringkali tidak terurus pada pagi hari. Extra fooding pun jarang diberikan. Tapi kalau sudah di lapangan, burung ini langsung trengginas,” tambah Om Andis.

Begitu digantang, Kacuping langsung ngentrok dan terus-menerus bunyi, tidak mau diam. Burung ini terus mengeluarkan tembakan cililin, lovebird, dan burung siri-siri.

Kenari Sakura Fuji juga nyeri

Suasana lomba di kelas kenari
Suasana lomba di kelas kenari.

Dalam even ini hanya ada dua burung yang meraih double winner. Selain Kacuping, gaco lain yang berhasil nyeri juara 1 adalah kenari Sakura Fuji milik Om Sukardi dari Antang BC.

Kenari Sakura Fuji sehari-hari dirawat Om Didik. Penampilannya di dua kelas sangat meyakinkan, sehingga selalu menjadi juara 1. Juara 2 dan juara 3 pada dua kelas ini diraih kenari Rambo milik Om Midin dari Komunitas Pecinta Kenari (KPK) dan Makita milik Om Ipul dari Antang BC.

Rambo sebenarnya langganan juara dalam berbagai lomba dan latpres di Makassar. Kali ini, Rambo harus mengakui kehebatan Sakura Fuji.

Gaco andalan Losari BC
Sejumlah gaco andalan Losari BC.

Persaingan di kelas murai batu lebih merata. Kelas Losari Makassar dijuarai murai batu Bejo milik Om Ashari (Lapindo BC). Satu kelas lagi dimenangi Arjuna milik Abdillah (Antang BC).

Kacer Gladiator milik Om Doni (Losari BC) meraih juara 1 di Kelas Losari Toraja. Juara 2 dan 3 masing-masing diraih kacer Spektrum milik Mr N (Laskar BC) dan Siluman kepunyaan Andre SF.

(kontributor: Om Andy Nyompa)

Latpres Losari BC
Meski tanpa pagar pembatas, peserta tetap tertib tanpa teriak.
Latpres Losari BC
Suasana pendaftaran peserta Latpres Losari BC.
Latpres Losari BC
Panitia pendaftaran: Om Fuad (kiri) dan Om Sabri.
Juri-juri Latpres Losari BC Makassar
Juri-juri Latpres Losari BC Makassar.

Hasil Latpres Losasi BC Makassar (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.