Selama lebaran, pengunjung di Pasar Burung Depok Solo meningkat pesat

Tidak hanya penjual pakaian dan bahan makanan yang kebanjiran pembeli selama lebaran lalu. Para pedagang burung di Taman Pasar Burung (PB) Depok Solo pun merasakan berkah lebaran. Lonjakan pengunjung bahkan sudah dirasakan sejak hari pertama lebaran, atau Senin (28/7) lalu.

Taman PB Depok Solo
Suasana lapak belakang eks pedagang omprok di Taman PB Depok Solo.

Aan Klowor, salah seorang pengepul burung-burung seperti kecial combo, gelatik wingko, dan anis kembang, menceritakan pengalaman menariknya kepada Om Kicau.

“Tepat pada hari pertama lebaran, saya sebenarnya belum membuka kios. Saya datang ke kios hanya untuk memberi makan burung-burung di sini. Ternyata sudah ada bakul yang menghampiri untuk kulakan kecial combo. Tentu saja saya harus melayaninya,” ujar Om Aan.

Setelah itu, datang lagi beberapa bakul dan pembeli eceran yang mengerebungi. Dengan terpaksa, Om Aan akhirnya buka kios hingga sore hari. “Bahkan jam lima sore saat mau tutup kios, masih saja ada pembeli yang datang,” tambahnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hal yang sama juga dialami sejumlah pedagang lainnya di PB Depok Solo, seperti Bagong, Jani, Senin, Saliman, dan Mbah Kartijo.

Taman PB Depok Solo
Calon pembeli memantau kacer dan anis kembang bakalan.

Mbah Kartijo yang menyediakan puluhan ekor lovebird siapan banyak dikunjungi kalangan lovebird lovers. Demikian pula kios milik Burwanto atau Om Subur yang baru buka beberapa hari terakhir ini. Selain melayani pengunjung eceran, Om Subur sering mengirim pesanan partai kecil dan besar ke luar kota.

Taman PB Depok Solo
Pengunjung memantau lovebird di Kos Subur.

“Pertengahan Agustus ini, insya Allah akan datang kenari yorkshire yang dijamin posturnya oke-oke. Bagi penggemar yorkshire, silakan datang ke sini supaya bisa memilih lebih awal,” ujar Mbah Jo, panggilan akrab Mbah Kartijo, yang dikenal spesialis burung impor di PB Depok.

Di kiosnya juga tersedia aneka burung finch seperti blackthroat, goldfinch, dan lain-lain. Saat ramai-ramainya lovebird impor, Mbah Jo juga banyak menyuplai untuk kawasan Solo Raya dan sekitarnya.

Taman PB Depok Solo
Pengunjung memantau cucak hijau di lobi depan lantai dua.

Menurut Suwarjono, ketua Paguyuban Pedagang Pasar Burung Depok, jumlah pengunjung selama dan setelah lebaran memang meningkat pesat.

“Dari ngobrol-ngobrol dengan parapedagang, transaksi juga dilaporkan meningkat. Peningkatannya bervariasi, ada yang 50 persen, ada pulang yang sampai 100 persen bahkan lebih. Tidak hanya pada burung saja, tapi juga sangkar dan aksesoris pendukung lainnya,” jelas Om Warjo.

Om Suwarjono
Om Suwarjono

Sebaliknya, pada awal-awal Bulan Puasa, terjadi sedikit penurunan jumlah pengunjung. Namun hal ini lumrah, dan sesuai dengan siklus tahunan selama ini.

Selama puasa, apalagi menjelang lebaran, penggemar burung tentunya lebih memikirkan kebutuhan terkait Hari Raya. Apalagi saat itu juga bertepatan dengan awal tahun ajaran baru. Masyarakat pasti sibuk memikirkan sekolah untuk anak-anaknya.

“Selain itu, menjelang lebaran, sobat-sobat kicaumania juga berkurang waktunya dalam hal merawat burung. Jadi mereka belum terlalu ingin membeli burung baru. Apalagi burung yang baru dibeli, meski masih bakalan, biasanya menjadi burung paling disayang, setiap hari ditimang-timang terus. Makanya mereka belinya setelah lebaran, karena waktunya relatif longgar untuk mengurus dan menimang-nimang burung yang baru dibeli,” imbuh Om Warjo.

Di lapak-lapang belakang Taman PB Depok yang ditempati para pedagang eks omprokan, keramaian pengunjung juga terlihat. Pada hari-hari biasa, apalagi Minggu, jumlah pengunjung di lapak ini selalu lebih ramai daripada yang mendatangi kios.

Pedagang di sini menyediakan burung-burung baru hasil tangkapan hutan. Harganya memang relatif lebih murah ketimbang burung-burung yang ada di kios, yang umumnya sudah terseleksi. (Waca)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.