Membuat tempat sarang burung dari pipa PVC, batang palem, kardus, dan tempurung kelapa

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Tempat sarang menjadi keniscayaan bagi sobat kicaumania yang ingin beternak atau menangkar burung kicauan. Sebab di situlah burung akan meletakkan telur-telurnya, lalu mengerami telur, dan merawat anaknya. Tempat sarang ini dapat dibeli di pasar / toko / kios burung. Namun Anda juga bisa membuat tempat sarang burung dari aneka bahan, baik dari pipa PVC (paralon), batang palem, kardus / karton, hingga tempurung kelapa.

Tempat sarang untuk burung kacer
Tempat sarang untuk burung kacer.

Tempat sarang umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti tripleks, papan kayu, dan rotan. Namun sebenarnya masih banyak bahan yang bisa digunakan, baik dengan memanfaatkan barang bekas atau membeli bahan baru, seperti paralon / pipa PVC, kardus / karton, batang tanaman palem, hingga tempurung kelapa.

Sebagian materi pernah dibahas pula dalam artikel terdahulu, namun tetap ditambahkan dalam artikel ini supaya Anda memperoleh pemahaman yang lebih utuh.

1. Membuat tempat sarang dari pipa PVC 

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Pipa PVC, baik kondisi bekas maupun baru, menjadi salah satu bahan alternatif untuk pembuatan tempat sarang burung-burung yang mau ditangkar. Selain proses pembuatannya mudah, tempat sarang dari bahan ini juga lebih tahan lama daripada bahan tripleks atau kayu.

Bahan yang digunakan:

  • Pipa PVC dengan diameter 4 – 5 inci; panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Dua buah DOP (plastik penutup pipa).
  • Lem (bisa menggunakan lem putih / lem kayu).
  • Gergaji besi.
  • Amplas.

Proses pembuatan:

Ambil salah satu DOP,  lalu gambar garis tengahnya dengan menggunakan pensil. Dengan bantuan gergaji besi, potong DOP sesuai dengan garis yang telah dibuat.

Tempelkan DOP yang telah dipotong pada pipa PVC, kemudian direkatkan dengan menggunakan lem putih. Hal serupa juga dilakukan pada DOP yang satunya lagi (lihat gambar).

Membuat aneka tempat sarang
Bikin garis tengah pada DOP, potong sesuai garis, lalu pasang pada pipa PVC.

Bagian DOP yang telah dipotong ini merupakan pintu keluar-masuk bagi burung. Kalau permukaannya kasar, silakan dihaluskan dulu dengan amplas, agar tidak melukai tubuh burung.

Setelah itu, pasang baut pengait pada tempat sarang, sehingga nantinya digunakan atau ditempel di dalam kandang penangkaran.

Membuat tempat sarang burung
Pasang baut pengait, sehingga tempat sarang bisa ditempel di dalam kandang.

Model tempat sarang dari pipa PVC pun bisa beragam. Salah atunya adalah tempat sarang model gelodok yang bisa digunakan untuk menangkar burung parkit atau burung jenis finch.

Membuat glodok untuk burung
Gelodok yang terbuat dari pipa PVC.

2. Membuat tempat sarang dari batang palem

Sarang burung dari batang palem
Sarang murai batu dari batang tanaman palem.

Tempat sarang dari batang tanaman palem ini merupakan kreasi Om Iman Sulaiman, pemilik penangkaran murai batu Raptor Bird Farm. Selain unik, tempat sarang ini juga bisa membuat burung indukan betah di dalamnya.

( Info selengkapnya: Sarang murai batu dari batang palem )

3. Membuat tempat sarang dari kardus  / karton

Membuat tempat sarang dari kertas
Tempat sarang burung dari kardus atau karton. 

Anda juga bisa membuat tempat sarang burung dengan memanfaatkan kardus / karton, misalnya eks kemasan produk susu, kardus produk elektronik, dan sebagainya.

Cara pembuatannya sudah pernah diulas Om Kicau. Silakan buka artikel Membuat kotak sarang dari karton dan kardus.

4. Membuat tempat sarang dari tempurung kelapa

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan tempat sarang burung adalah tempurung atau batok kelapa, yang cocok untuk penangkaran burung parkit, lovebird, kenari, dan burung finch.

Tempurung kelapa memiliki permukaan yang sangat keras. Untuk membuat pintu masuk-keluar bagi burung, kita harus melubanginya dengan bantuan alat bor dan besi pemotong seperti gambar di bawah ini. Bisa juga menggunakan teknik lain, yang penting batok kelapa bisa dibuat lubang yang agak besar.

Alat untuk melubangi tempurung kelapa
Alat untuk melubangi tempurung kelapa.

Selanjutnya, haluskan bagian permukaan tempurung kelapa yang terlihat kasar dengan bantuan amplas. Tempat sarang dari bahan ini bisa digantung di dalam kandang penangkaran, dengan bantuan tali.

Untuk keperluan tersebut, maka bagian atas tempurung kelapa dilubangi lagi dengan mesin bor untuk memasukkan tali penggantung yang nantinya diikatkan dalam kandang.

tempat sarang dari batok kelapa
Cara memasang tali dengan membuat lubang pada tempurung kelapa

Model atau bentuk tempat sarang dari batok kelapa ini pun bervariasi, tergantung dari jenis burung yang ditangkarkan. Burung kenari, misalnya, umumnya menggunakan tempat sarang berbentuk cangkir / mangkuk terbuka. Dalam hal ini, tempurung kelapa dibelah dua.

Bahkan lovebird pun bisa menggunakan tempat sarang sederhana dari batok kelapan, di mana kita cukup membelahnya menjadi dua bagian.

Tempurung kelapa
Dua pasangan lovebird nyantai dalam sarangnya.

Masih banyak model lain yang bisa dibuat dari sarang burung berbahan tempurung kelapa ini. Silakan lihat contohnya di bawah:

Tempat sarang dari tempurung kelapa
Beberapa model sarang dari bahan tempurung kelapa

( lihat juga Aneka tempat sarang berbahan tempurung kelapa )

Itulah beberapa bahan alternatif untuk membuat sarang burung, sehingga tidak perlu membelinya.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. untuk burung kacer yg d ternak dalam sangkar gantung itu pakai kotak sarang dari pvc bisa g om? dan ukuran sangkar gantungnya baiknya berapa om?

Komentar ditutup.