Alternatif mengatasi cendet jarang bunyi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Cendet termasuk burung berkicau yang cukup popular di Indonesia. Selain pintar meniru aneka suara burung berkicau lainnya, cendet juga memiliki suara yang kencang, sangat fighter, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia. Tapi karena mudah beradaptasi, burung ini juga gampang manja alias miyik, sehingga malah jarang bunyi atau kurang gacor. Berikut ini alternatif mengatasi cendet jarang bunyi, yang menjadi keluhan para cendetmania pemula.

cendet malas bunyi
Banyak alternatif mengatasi cendet jarang bunyi atau kurang gacor.

Tulisan ini diberi judul alternatif mengatasi cendet macet bunyi, karena sebelumnya Om Kicau sudah pernah menulis tindakan lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, misalnya:

Cendet atau shrike dikenal sebagai burung predator terhadap burung-burung kecil. Saat mencari makan, dia memiliki kebiasaan unik, yaitu menancapkan buruannya pada duri atau ranting tajam, sebelum mengoyak-ngoyaknya dengan paruh.

Di alam liar, cendet dikenal sebagai burung yang sangat lincah dan aktif. Waktunya banyak dihabiskan untuk berburu burung kecil atau serangga yang terbang di udara atau di permukaan tanah. Kalau mau tahu keganasan cendet dalam mencari mangsa, silakan lihat gambar di bawah ini:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Burung cendet
Di alam liar, cendet sering memangsa burung berukuran kecil.

Ketika dipelihara dalam sangkar, ternyata cendet juga memiliki beberapa karakter, seperti mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya, bahkan bisa menjadi sangat manja terhadap pemilik atau perawatanya.

Ketika cendet terlalu manja, maka muncullah apa yang disebut cendet miyik, dengan ciri-ciri jarang berbunyi terutama jika melihat pemiliknya, lebih senang berada di dasar sangkar sambil terus memperhatikan perawat / pemiliknya.

Hal-hal seperti itulah yang membuat sebagian penggemar cendet merasa jengkel. Jalan pintas pun ditempuh, yaitu bawa gacoannya ke pasar burung untuk dilego, atau ditukar dengan jenis burung lainnya.

Sebenarnya, jika tak mau buru-buru menjualnya, perlu dicari dulu apa penyebab cendet jarang bunyi serta manja alias miyik. Silakan lihat kembali pada artikel-artikel yang sudah disebutkan di atas.

Kali ini Om Kicau ingin berbagai tips mengenai alternatif mengatasi cendet yang jarang bunyi atau kurang gacor, melalui perubahan pola pakan dan beberapa perawatan tambahan yang diperlukan.

Voer untuk cendet

Voer untuk burung cendet sebaiknya memiliki kandungan protein yang tinggi. Beberapa cendetmania memberikan voer ayam untuk burung miliknya, dengan alasan memiliki kandungan proteinnya cukup tinggi. Bahkan ada yang mencampur voer biasa dengan potongan tahu, untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

Pakan tambahan (extra fooding)

Selama ini, pakan tambahan / extra fooding (EF) yang biasa diberikan kepada cendet berupa jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Agar lebih bervariasi, dan membuatnya berpeluang menjadi rajin bunyi, Anda bisa memberi EF alternatif.

Banyak EF berprotein cukup tinggi yang bisa diberikan kepada cendet, misalnya tonggeret, kepompong / pupa, orong-orong, atau anjing tanah (Sunda: gaang), potongan daging mentah, atau tepung daging  (caranya bisa dilihat di sini).

Dengan asupan protein tinggi dalam pakannya, khususnya protein hewani, burung pun akan terangsang untuk menjadi lebih aktif dan rajin berkicau.

Perawatan tambahan

Perawatan tambahan juga bisa diberikan, untuk mengembalikan kondisi cendet agar kembali pada sifat aslinya, yaitu sebagai predator kecil.

1). Melatih burung dengan unthulan

Cendetmania umumnya memberikan unthulan berupa binatang hidup yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya. Namun jangan lakukan hal ini di dalam sangkar harian yang sempit / kecil, karena bisa membuat bulubulu cendet rusak dan rentan terluka akibat terbentur jeruji saat mengejar unthulan.

Meski terlihat ekstrem, namun untulan sangat baik untuk menjaga kondisi dan karakter burung agar tetap mempunyai naluri alaminya, yaitu waspada. Dari hal kecil itulah, mental burung akan mulai terasah.

Untuk melatih cendet dengan unthulan, sebaiknya gunakan kandang umbaran yang luas. Dengan demikian, cendet bisa lebih sering menggerakan otot-otot sayapnya, dan melatih emosinya ketika mengejar unthulan. Otot sayap yang kuat akan membuat cendet memiliki suara yang lebih nyaring dan gaya berdiri yang lebih nagen.

2). Melatih burung dengan mandi malam

Mandi malam bisa menjadi sangat bermanfaat bagi burung cendet yang jarang berbunyi. Selain itu, bisa juga membantu menstabilkan birahinya, sehingga burung lebih rajin berbunyi.  Berikan terapi mandi malam secara teratur jika burung cendet masih belum mau berbunyi.

( baca juga  Terapi mandi malam untuk mengatasi cendet miyik dan macet bunyi )

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.