Empat burung nyeri di Golden Voice BC Sumbawa

Empat burung tampil meyakinkan dan berhasil nyeri juara 1 dalam Latpres Burung Berkicau Golden Voice BC di Sumbawa Besar, NTB, Minggu (31/8). Keempat burung itu adalah kacer Upin-ipin milik Arif Madura (Sumbawa), cendet Tembok Beton milik Yudha (Sumbawa), cucak hijau Bayu Motor milik Supai (Langam), dan kecial combo Drakula.

Latpres Golden Voice BC
Kelas kecial combo berlangsung meriah.

Latpres berlangsung meriah. Peserta tak hanya berasal dari Sumbawa Kota saja, tetapi juga dihadiri para kicaumania dari Taliwang, Maluk, Jereweh, dan Alas.

Panitia membuka tiga kelas, yaitu Super Star (cendet dan kacer), Sejati (punglor kembang, cucak hijau, kenari, kecial combo, cendet, kacer, lovebird, murai batu), dan Idola (kecial combo dan campuran lokal).

Pertarungan seru terjadi antara jawara kacer dari Blok Timur (Sumbawa), Blok Tengah (Alas), serta Blok Barat (Taliwang, Maluk, Jereweh). Kacer Upin-ipin sukses menjuarai Kelas Super Star, diikuti Block milik Yusuf, keduanya dari Sumbawa.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hal serupa juga terjadi di Kelas Sejati, di mana Upin-ipin tampil sebagai juara 1 dan kacer Block di posisi kedua. Upin-ipin, gaco andalan Om Arif, memang sudah sering menjuarai lomba di seputaran Sumbawa.

Volumenya yang tembus, disertai isian yang kasar dan rapat mampu memukau para juri dan penonton yang hadir. Tak heran jika Upin-ipin dinobatkan sebagai kacer terbaik dalam gelaran Golden Voice kali ini.

Kacer Upin-ipin
Om Arif bersama kacer Upin-ipin yang meraih double winner.

Tembok Beton kuasai kelas cendet

Animo peserta di kelas cendet, khususnya di Sumbawa, memang lagi mempeng-mempengnya. Hampir setiap gelaran latber, latpres, maupun lomba, gantangan cendet selalu full peserta. “Rata-rata pemain di sini berasal dari Jawa. Apalagi kemarin habis lebaran, banyak pemain yang memboyong cendet jawara dari daerah asal masing-masing di Jawa,” kata KetuaPanitia BripkaSusiadi, yang juga ketua Golden Voice BC.

Cendet Tembok Beton milik Om Yudha dari Akbar Bird Shop akhirnya tampil sebagai juara, bahkan pada dua kelas yang dilombakan, yaitu Super Star dan Sejati. Gaco ini memiliki volume di atas rata-rata, serta isian komplit, mulai dari lovebird ngekek panjang, kenari, cucak jenggot, hingga burung gereja tarung.

Juara 2 dan 3 Kelas Super Star diraih cendet Penebar Badai milik Batik Jangkrik dan Opal milik Karbol. Opal juga menjadi juara 2 Kelas Sejati, sedangkan juara 3 ditempati Paralon kepunyaan Danang.

Yang tak kalah seru adalah kelas kecial combo. Burung asli NTB ini sekilas mirip burung-madu. Seperti halnya burung-madu, kecial combo juga pemakan nektar. Tetapi suara kecial combo lebih lantang. Dua kelas kecial combo dimenangi Drakula.

Golden Voice makin diminati kicaumania

Latpres Golden Voice BC Sumbawa
Latpres Golden Voice BC makin diminati kicaumania di Pulau Sumbawa.

Meski masih seumur jagung, bahkan belum genap setahun, eksistensi Golden Voice BC saat ini makin diperhitungkan. Setiap even yang dikemasnya selalu dipenuhi kicaumania dari berbagai daerah di NTB.

Apalagi Golden Voice kini sudah memiliki gantangan permanen, yang siap memanjakan para kicaumania dengan berbagai gelaran lomba, latpres, dan latber, disertai pembagian doorprize dan hadiah menarik lainnya.

“Golden Voice BC didirikan untuk menjalin tali silaturahmi antarpenggemar burung kicauan di Sumbawa dan sekitarnya. Alhamdulillah, setiap gelaran selalu ramai. Tetapi kami selalu terbuka untuk menerima kritik dan saran, demi kemajuan perburungan di Sumbawa pada umumnya, dan anggota Golden Voice BC pada khususnya,” kata Om Sukirno, salah seorang penasihat Golden Voice BC.

Secara keseluruhan, Latpres Golden Voice berlangsung lancar dan tertib, meski beberapa pemain masih suka berteriak saat penggantangan burung.

Latpres Golden Voice BC Sumbawa
Penonton terlihat antusias menyaksikan jalannya lomba.
Latpres Golden Voice BC Sumbawa
Para pemenang foto bareng panitia Golden Voice BC Sumbawa.

“Kami mewakili panitia Golden Voice BC mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas support dan kehadiran Kicau Mania Taliwang, Kicau Mania Maluk dan Jereweh, Kicau Mania Alas, Kicau Mania Samawa, dan semua kicaumania di Pulau Sumbawa yang ikut memeriahkan acara ini,” tandas Om Yusuf Letik, salah seorang pendiri Golden Voice, saat menutup latpres.

Kontributor: Om Danang Dwi

Hasil Latpres Golden Voice BC Sumbawa (Minggu, 31 Agustus 2014)

Cendet Super Star
1Tembok BetonYudhaSumbawa
2Penebar BadaiBatikSumbawa
3OpalKarbolSumbawa
4ParalonDanangSumbawa
Cendet Sejati
1Tembok BetonYudhaSumbawa
2OpalKarbolSumbawa
3ParalonDanangSumbawa
4JokerSumbawa
5BismaSumbawa
Kacer Super Star
1Upin-IpinArifSumbawa
2BlockYusufSumbawa
Kacer Sejati
1Upin-ipinArifSumbawa
2BlockYusufSumbawa
Cucak Ijo Sejati
1Bayu MotorSupaiLangam
2NandiraUjikSumbawa
3Tanpa NamaImamAlas
4TeboKusnanAlas
Cucak Ijo Idola
1Bayu MotorSupaiLangam
Kecial Combo Sejati
1DrakulaSumbawa
2LaskarsAlas
3AjaibAlas
4DewaDewaAlas
5Kayangan II
6Bonco
Kecial Combo Idola
1DrakulaSumbawa
2TejoAlas
Murai Batu Sejati
1GonzalezKoko GTaliwang
Punglor Kembang Sejati
1BromoBondetSumbawa
2JatayuTaliwang
3Primadona
Kenari Sejati
1BatmanAmongSumbawa
2SiliconYudhaSumbawa
3MeteorIfanSumbawa
Lovebird Sejati
1SurtiRadinSumbawa
Campuran Lokal Idola
1NyongAlas
2ErikSumbawa

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Galeri Gambar Latpres Golden Voice BC

Latpres Golden Voice BC-2
Petugas pendaftaran sigap menyambut calon peserta.
Latpres Golden Voice BC-2
Sederet burung menunggu panggilan petugas untuk berlomba, he.. he.. he..
Latpres Golden Voice BC-2
Waduh, sudah mulai digantang nih…
Latpres Golden Voice BC
Juri konsentrasi memberi penilaian.
Latpres Golden Voice BC
Latpres sekaligus menjadi ajang silaturahmi antarkicaumania.

Latpres Golden Voice BC

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.