Anis enggano, kembaran AK yang makin terancam

Indonesia mempunyai beberapa spesies burung anis / punglor yang tersebar di beberapa daerah. Beberapa spesies di antaranya merupakan burung endemik, misalnya anis enggano (Zoothera leucolaema) yang hanya bisa dijumpai di Pulau Enggano (sebelah barat Pulau Sumatera). Sayangnya, kembaran anis kembang ini kondisinya Hampir Terancam (NT).

Anis enggano
Anis enggano / enggano thrush (Zoothera leucolaema), burung endemik di Pulau Enggano.

Sebagian dari kita mungkin masih asing mendengar nama anis enggano. Namun warga setempat mengakui kalau burung ini memiliki kicauan bersuara merdu. Sejauh ini belum tersedia rekaman kicauan burung anis enggano.

Pada bagian akhir tulisan ini, Om Kicau hanya bisa berbagi suara panggilan (call) burung tersebut, bukan suara kicauan (song). Hal ini karena para ornitholog maupun bird watcher kesulitan menjumpai burung ini di habitat aslinya, lantaran statusnya yang Hampir Terancam.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Secara umum penampilan burung anis enggano sangat mirip anis kembang (Zoothera interpres). Bedanya, bagian dada anis enggano lebih bersih, tanpa bercak kehitaman seperti yang dimiliki anis kembang.

Karena memiliki penampilan yang hampir mirip itulah, beberapa pakar pernah memasukkan anis enggano sebagai salah satu subspesies / ras anis kembang. Namun kini anis enggano sudah ditetapkan sebagai spesies tersendiri, dengan nama internasional enggano thrush dan nama ilmiah Zoothera leucolaema.

anis enggano dan anis kembang
Perbedaan burung anis enggano (kiri) dan anis kembang.

Anis enggano mempunyai panjang tubuh 15 – 18 cm, dengan mahkota hingga tengkuk berwarna cokelat kemerahan. Adapun bagian mantel, punggung, pangkal sayap, hingga penutup ekor bagian atas berwarna cokelat muda.

Pada bagian sayapnya terdapat dua garis melintang warna putih yang lebar dan tampak jelas, sedangkan bagian dagu hingga dada berwarna putih.

Pulau Enggano dikenal sebagai Daerah Burung endemik atau Endemic Bird Area (EBA). Pulau yang terletak di sebelah barat Sumatera dan termasuk dalam Provinsi Bengkulu ini merupakan tempat bagi beberapa spesies burung endemik dan non-endemik seperti :

Spesies burung di Enggano
Keanekaragaman spesies burung di Pulau Enggano [Profil Pulau Enggano by RendraRegen]
Sebagian besar burung anis / punglor memiliki habitat di daerah rindang bersemak dan dekat dengan air mengalir. Hal ini juga dijumpai pada anis enggano. Sebagaimana anis kembang atau jenis punglor lainnya, anis enggano sering terlihat turun ke permukaan tanah untuk mengais sampah dedaunan, guna mencari serangga seperti kumbang atau cacing.

Suara panggilan burung anis enggano

Berikut beberapa suara panggilan burung anis enggano yang bisa dimanfaatkan untuk memancing spesies burung anis lain seperti anis kembang, anis macan, dan anis merah agar mau berbunyi.

  • Suara panggilan burung anis enggano – variasi 1
  • Suara panggilan burung anis enggano – variasi 2
  • Suara panggilan burung anis enggano – variasi 3

Download suara burung anis enggano (klik di sini)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.