MB Obelix: Satu lagi burung jawara yang seharian ditinggal kerja

Beberapa waktu lalu, Om Kicau pernah menampilkan artikel Perawatan murai batu bagi yang kerja sejak pagi hingga malam. Kali ini ada cerita senada yang dialami Om Sugianto, pemilik murai batu Obelix. Bedanya, burung ditinggal kerja sampai sore hari.

Murai batu Obelix
Murai batu Obelix, seharian ditinggal kerja pemiliknya, namun kerap menjuarai even latberan.

Obelix sebenarnya memiliki kualitas bagus. Maklum saja, pemandu bakat pertamanya adalah Mr Miun, pengorbit murai batu jawara di Jabodetabek. Ketika masih di tangan Mr Miun, Obelix sering juara di berbagai even lomba.

Om Sugianto, kicaumania senior asal BSD Tangerang Selatan, kepincut dan langsung melakukan take-over. Kini, sudah setahun murai batu Obelix resmi menjadi miliknya.

Tetapi karena kesibukannya, lelaki yang akrab disapa Om Sugi ini sudah tidak bisa lagi mengikuti lomba yang digelar hari Minggu. Mau tak mau, dia hanya bisa menurunkan Obelix dalam even latberan yang diadakan selain hari Minggu: biasanya sih hari Sabtu.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Ya, dalam satu tahun terakhir ini, murai batu Obelix hampir tidak pernah bisa lagi mengikuti lomba burung berkicau. Saya hanya bisa menurunkannya dalam even latberan, terutama Sabtu,” ujar Om Sugi.

Tetapi karena materinya memang bagus, Obelix nyatis tak pernah mandek berprestasi. Berikut ini beberapa prestasi yang diraih murai batu Obelix.

TanggalEvent OrganizerLokasiJuara
18/5/2013KM TangselTangerang1
1/6/2013KM TangselTangerang1
29/6/2013KM TangselTangerang1, 2
28/9/2013KM TangselTangerang2
19/10/2013KM TangselTangerang1
2/11/2013KM TangselTangerang1
Istirahat Mabung
22/3/2014KM TangselTangerang1, 2
26/4/2014KM TangselTangerang2
21/6/2014BSD BCTangerang1, 2
6/7/2014Rajawali S3 BCTangerang1
19/7/2014BSD BCTangerang1
9/8/2014BSD BCTangerang1, 2
30/8/2014BSD BCTangerang2
07/9/2014Lotus EnterpriseTangerang1
20/9/2014BSD BCTangerang2
Om Sugianto dan murai batu Obelix
Om Sugianto (kanan) bersama putranya dan MB Obelix.

Meski persaingan murai batu di Jabodetabek sangat ketat, bahkan debutan baru selalu bermunculan silih-berganti, Obelix hingga kini tetap eksis di jalur juara.

Hebatnya lagi, Obelix sesungguhnya berada dalam perawatan minimalis, namun tetap konsisten alias rutin. Hal ini memang disesuaikan dengan keterbatasan waktu luang yang dimiliki Om Sugi.

Yang penting, setiap pagi burung dimandikan, dianginkan, dan dijemur secukupnya. Porsi jangkrik masing-masing 7 ekor pada pagi dan sore hari.

Burung juga tidak dimasukkan dalam kandang umbaran selama ditinggal kerja, cukup disimpan dalam sangkar harian. Hal ini jelas berbeda dari Om Yunus Ariwibawa yang menggunakan kandang umbaran selama dia bekerja.

“Kalau ingin menurunkannya dalam latber, maka porsi jangkrik tinggal ditambah saja, misalnya menjadi 10 / 10, tergantung dari kondisi burung. Selain itu, saya tambahkan kroto segar secukupnya,” jelas Om Sugi.

Murai batu Obelix
Obelix sehari-hari tetap dalam sangkar harian.

Saat di lapangan, yaitu menjelang digantang, dia memberikan 5 ekor ulat hongkong kepada Obelix, agar kerjanya makin maksimal.

Jika kondisinya on-fire, Obelix akan mengeluarkan materi lagu-lagu mewahnya, yang diselingi dengan tonjolan tembakan kapas tembak, cucak jenggot, tembakan panjang cililin, serta tarikan suara lovebird dengan durasi kerja yang nyaris tanpa jeda.

Menurut Om Sugi, Obelix juga punya materi lagu tipe ngerol-nembak sehingga makin menyempurnakan aksinya di lapangan, dengan  gaya  ngeplay, didukung volumenya keras dan tembus. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. saya unya anis merah baru turun bulu 1 kali, badan kecil paruh panjang dan tebal katanya fostur seprti itu bakalan doyong. ini malah teler gaya klasik!!!!!!
    apa bakal rubah ga ya gaya teler nya……
    terima kasih
    Wasalam

Komentar ditutup.