Fife fancy, kenari yang sangat produktif

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Fife fancy, atau sering hanya disebut fife, merupakan kenari type seperti halnya gloster yang pernah dibahas sebelumnya (cek di sini). Namun penampilan atau bentuk tubuhnya mirip kenari border, dengan ukuran lebih kecil. Kenari fife cukup digemari karena termasuk burung tahan banting, mudah dirawat, dan sangat produktif.

kenari fife
Kenari fife mudah dirawat dan terkenal sangat produktif

Bahkan saking produktifnya, banyak kenarimania yang menyebut cara berkembangbiaknya mirip kelinci. He.. he.. he.., tentu saja berbeda ya, karena kelinci berkembang biak secara vivipar (melahirkan), bukan ovipar (bertelur).

Kenari fife memiliki perilaku yang sangat aktif, dan relatif mampu bertahan dari berbagai serangan penyakit. Di sejumlah negara, banyak sekali orang yang menangkar dan melombakannya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Seperti halnya gloster, kenari fife banyak dibiakkan untuk penampilan fisik daripada warna atau lagu-lagunya. Tapi kenari yang mulai dikembangkan di Skotlandia sejak tahun 1957 ini mempunyai lagu-lagu dengan ciri khasnya sendiri.

Kenari fife jantan memang memiliki suara kicauan yang bagus. Karena itu pula, kenari ini banyak dilombakan bukan untuk penampilan fisiknya, tetapi dinilai suara kicauannya.

Sejarah kenari fife

Orang pertama yang menghasilkan kenari fife adalah peternak asal Skotlandia bernama Walter Lumsden. Pria yang dijuluki “The great old fancy five’s man” ini sejak kecil sangat gemar memelihara burung, terutama dari jenis paruh bengkok.

Sejak tahun 1950, dia mengkhususkan diri dalam penangkaran burung kenari. Ketika masih berprofesi sebagai penambang profesional, dia sering menjalankan pekerjaannya dengan ditemani burung-burung kenari yang mampu melindunginya dari kebocoran gas. Zaman dulu, kenari sering digunakan para penambang untuk mengingatkan mereka jika terjadi kebocoran gas).

Selama Perang Dunia II, Walter menjadi penggemar berat kenari border, bahkan menjadi salah seorang anggota dan pendiri Asosiasi Peternak Kenari Border Skotlandia.

Sudah lama dia terobsesi ingin menciptakan kenari border yang bertubuh kecil. Setelah melakukan berbagai usaha dan percobaan, akhirnya pada tahun 1957 dia berhasil memproduksi miniatur kenari border yang dinamakan kenari fife fancy, sesuai dengan nama tempat tinggalnya.

Kenari fife sebagai burung piaraan

Suara kicauan kenari fife yang mengalun dan terkadang disertai lagu-lagu yang mirip alunan american singer mampu menarik minat para penggemar kenari di seluruh dunia untuk memeliharanya.

Fife memang terkenal dengan karakter suaranya yang cukup baik. Selain itu, dia juga memiliki daya tahan yang baik dari segala jenis penyakit dan pergantian musim atau suhu, tidak seperti kenari jenis lainnya.

Kenari fife warna cinnamon
Kenari fife warna cinnamon

Perawatannya tak jauh berbeda dari kenari yang umum dipelihara para penghobi di Nusantara, dengan pakan tambahan berupa daun, sayuran, dan buah-buahan.

Kenari fife sebagai burung penangkaran

Selain layak dipelihara sebagai burung piaraan, kenari fife juga mudah ditangkarkan, mulai dari perjodohan, mengerami telur, hingga perawatan anak-anaknya. Bahkan burung jantan pun ikut membantu mengerami dan merawat anaknya.

perjodohan kenari fife
Kenari fife yang sedang dijodohkan.

Fife merupakan kenari yang sangat produktif. Ketika anakan dipanen (disapih), tidak lama kemudian kedua induk kawin lagi dan si betina kembali bertelur.

Kenari fife umumnya dipasangkan dengan jenis gloster dan border, namun tidak sedikit pula yang menyilangkannya dengan lizard untuk mendapatkan campuran warna unik khas lizard.

Suara kicauan kenari fife

Suara kicauan fife terdengar mirip suara kenari american singer yang popular di Amerika. Kicauannya bahkan bagus untuk melatih burung kenari lain yang masih muda / bakalan atau untuk memancing kenari lain agar rajin berbunyi.

  • Suara kicauan kenari fife variasi 1
  • Suara kicauan kenari fife variasi 2

[  Download audionya di sini ]

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. mohon solusi dari omkicau, burung jalak saya dah nelor tapi gak mau ngeram kira2 kenapa ya om…? baik jalak suren dan jalak pito atau putih sama saja,cuma rajin nelor doang, mohon jawaban dari omkicau,makasih

    • perlu dicek dulu om apakah itu telurnya fertil atau tidak, karena ada indukan betina yang bertelur tanpa dibuahi sehingga mereka enggan mengerami telurnya itu. kemungkinan lain kondisi tempat sarang yang mereka anggap tidak nyaman, coba sediakan dua tempat sarang di kandang penangkarannya atau tempat sarang yang ada dirubah posisinya menjadi lebih tinggi atau pindah posisi.

Komentar ditutup.