Tips dan trik menarik seputar perawatan burung pleci

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sebenarnya sudah banyak tips perawatan burung pleci yang pernah ditayangkan Om Kicau. Namun, rasanya masih banyak hal yang perlu digali lebih dalam lagi. Untuk menambah referensi Anda, para plecimania, kali ini Om Kicau ingin menampilkan beberapa tips dan trik menarik seputar perawatan burung pleci.

Merawat pleci bisa dilakukan dengan berbagai varasi perawatan
Merawat burung pleci bisa dilakukan dengan berbagai varasi.

Memang, perawatan burung pleci maupun jenis burung kicauan lainnya tak harus berkutat pada perawatan harian yang umum saja. Artinya, kita bisa juga mencoba hal-hal lain secara lebih bervariasi, sesuai dengan karakter individu burung tersebut.

Namun  tips dan trik ini hanya dianjurkan untuk sobat plecimania yang belum menemukan setelan yang pas, baik untuk keperluan lomba atau sekadar hiburan di rumah. Bagaimana pun, burung rumahan juga harus merdu didengar bukan? Bagi sobat plecimania yang gaconya sudah jos, apalagi sering moncer di lomba, abaikan saja tips dan trik ini.

Ritual pleci mandi bareng

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Pleci termasuk burung yang sangat suka mandi. Di alam liar, kawanan pleci sering terlihat mandi bersama. Mereka melakukan hal itu sebagai ekspresi bersenang-senang bersama rekan-rekan koloninya. Istilahnya, mereka menjalankan ritual pleci mandi bareng, he.. he.. he..

Nah, jika di rumah ada beberapa ekor burung pleci, Anda pun bisa membuat mereka bersenang-senang. Caranya, kumpulkan sangkar mereka dalam bentuk lingkaran, lalu mandikan burung secara bersama-sama dengan memasukkannya ke dalam karamba mandi. Bisa juga dengan menyemprotnya satu-persatu.

Pleci sangat suka mandi bareng burung pleci lainnya
Pleci sangat menyukai ritual mandi bareng.

Di alam liar, burung pleci juga sangat menyukai guyuran air yang menerpa tubuhnya (silakan lihat gambar di bawah). Ini terlihat saat turun hujan, di mana kawanan pleci tidak berteduh, tetapi memilih hujan-hujanan. Oleh sebab  itu, kita bisa mengadopsi kesenangan mereka ketika burung dalam perawatan manusia (di dalam sangkar).

Pleci hujan-hujanan
Burung pleci senang hujan-hujanan.

Jika ada 1-2 ekor pleci di rumah, Anda bisa memasukkannya dalam karamba mandi, kemudian disemprot halus sehingga nuansanya seperti diguyur air hujan. Hal ini bukan hanya memberi kesenangan pada pleci, tetapi juga salah satu bentuk terapi penjinakan atau terapi membangkitkan mental pleci yang ngedrop.

Sebentar lagi musim hujan. Anda juga bisa memasukkan pleci ke karamba mandi, kemudian karamba mandi digantang pada tempat yang terkena air hujan. Namun Om Kicau mengingatkan, tips menghujan-hujankan pleci sebaiknya dilakukan saat hujan turun pada pagi hari, dan maksimal hanya sampai pukul 09.30.

Mengapa?

Karena itulah momen yang sangat disukai pleci di alam liar. Air hujan di pagi hari masih bersifat menyegarkan. Jadi, jangan lakukan tips ini selepas pukul 09.30 sampai sore hari. Sebab air hujan sudah mengandung zat asam yang tidak baik untuk kesehatan burung.

Tips menjemur burung pleci

Pleci bukan termasuk jenis burung yang tahan cuaca panas. Hal ini harus menjadi perhatian kita, terutama saat ingin menjemurnya. Durasi penjemuran pleci idealnya hanya 30 menit saja pada pagi hari, dan 30 menit berikutnya pada sore hari ketika matahari mulai terbenam.

Menjemur pleci
Penjemuran burung pleci cukup 30 menit saja.

Usahakan setiap hari ada kesempatan menjemurnya, meski hanya sebentar. Sebab jika jarang terkena paparan sinar matahari, tubuh pleci juga menjadi kurang sehat. Dia akan sering mengembangkan bulu-bulunya, dan bisa juga membuatnya mengalami kegemukan / obesitas, sehingga menjadi malas beraktivitas termasuk jarang berkicau.

Jangan menggantang pleci di dekat burung lainnya

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan menggantang burung pleci di dekat burung kicauan jenis lainnya. Di alam liar, pleci kerap menjadi mangsa burung cendet / pentet, srigunting, cililin, gagak, elang, dan burung hantu.

Jika Anda menggantang pleci di dekat burung kicauan lainnya, maka bisa memberikan efek yang kurang baik bagi pleci. Selain burung merasa tidak nyaman, pleci juga merasa terintimidasi sehingga membuatnya mudah stres.

Akibat lebih lanjut, pleci yang sebenarnya sudah jinak bakal berubah menjadi liar kembali. Naluri bertahan hidupnya (survive) akan membuat burung pleci sering grabak-grubuk menabrak jeruji sangkar, dan ini bisa melukai bahkan sampai menyebabkan kematian.

Jadi, jauhkan sangkar pleci dari keberadaan burung-burung jenis lainnya. Jangan menganggap remeh masalah ini. Para plecimania di negeri jiran pun selalu mengamankan plecinya begitu mengetahui ada burung predator berkeliaran di halaman atau di luar rumah. Meski sang predator tak mungkin bisa memangsanya (terhalang jeruji sangkar), pleci pasti ketakutan dan mudah stres.

Pleci senang bertemu burung sejenis di luar koloninya

Tahukah Anda, cara singkat membuat pleci cepat buka paruh adalah sering mengajaknya jalan-jalan untuk bertemu dengan burung sejenis di luar kelompok atau koloninya yang selama ini selalu menemaninya di rumah.

Umumnya, ketika bertemu dengan burung sejenis di luar koloninya, pleci akan menunjukkan kegembiraannya dengan suara kicauan yang lebih lantang. Bahkan ada juga pleci yang loncat-loncat,  jumpalitan di dalam sangkar, untuk mengungkapkan kegembiraannya bertemu dengan kawan barunya.

Pleci senang bertemu kelompok pleci yang lain diluar kelompoknya
Pleci senang bertemu burung sejenis di luar koloninya | foto:  sgmataputeh

Jadi, bawalah pleci Anda sekadar berkumpul bersama rekan-rekan satu komunitas seminggu sekali di tempat yang telah ditentukan, seperti warung makan, warung kopi, atau di lapangan. Usahakan lokasi pertemuan dibuat berbeda-beda setiap minggunya. Misalnya minggu I di warung makan, minggu II di lapangan, minggu III di warung kopi, minggu IV balik lagi ke warung makan, dan seterusnya.

Putarkan suara terapi untuk pleci

Kalau tidak mempunyai waktu untuk mengajak pleci jalan-jalan setiap akhir pekan, Anda bisa memutarkan suara terapi alam. Kalau belum memiliki audio terapi yang dimaksud, silakan buka lagi tautan di bawah ini:

Itulah beberapa tips dan trik menarik seputar burung pleci agar nantinya bisa menjadi burung berkarakter dan memiliki mental lebih baik.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.