Altis BF Jakarta budidayakan murai batu bahorok

Populasi murai batu di alam liar, terutama yang berasal dari wilayah utara Sumatera, saat ini kian menyusut. Sebab murai batu medan / murai batu aceh paling diminati para penggemar di seluruh Indonesia. Salah satu varietas murai batu medan yang saat ini jadi primadona adalah murai batu bahorok, atau sering disebut sebagai murai batu medan super.

Murai batu sampai saat ini memang masih menempati peringkat pertama sebagai burung kicauan terpopular di kalangan kicaumania Indonesia. Hal ini berdampak pada meningkatnya perburuan murai batu di alam liar (khususnya di Sumatera).

Perburuan murai batu di habitat aslinya makin menjadi-jadi, terutama di wilayah utara Sumatera seperti Aceh dan Sumatera Utara. Daerah yang paling sering dieksplorasi dalam rangka hunting murai batu antara lain Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Secara administratif TNGL berada di dua provinsi, yaitu Sumatera Utara (Kabupaten Langkat, Dairi, dan Karo) serta Nanggroe Aceh Darussalam (Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Aceh Tamiang).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Nah, murai batu yang mendiami kawasan TNGL yang berada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, inilah yang disebut murai batu bahorok. Sebagian kicaumania sering menyebutnya sebagai murai batu medan super.

Akibat perburuan liar, populasi murai batu bahorok di habitatnya makin menyusut. Untung saja beberapa penangkar mulai tergerak untuk membudidayakannya. Salah satunya adalah Om Alay, pemilik Altis Bird Farm (BF) Jakarta.

Menurut Om Alay, murai batu bahorok memang fisik yang sangat sempurna, mengungguli murai batu dari daerah lainnya. Berikut ini karakteristik fisik MB bahorok:

  • Badannya besar.
  • Ekornya panjang menjuntai
  • Bentuk kepala papak proporsional.
  • Lehernya besar, dengan dada yang bidang.
  • Mata menonjol, dengan tatapan tajam.
  • Volume suaranya keras.
  • Mental bertempurnya bagus.
breeding murai batu bahorok
Indukan murai batu bahorok di kandang ternak Altis BF Jakarta.

Untuk memperoleh materi indukan berkualitas, Om Alay mendatangi langsung para pengepul di Langkat. “Sebagian kami dapatkan sejak masih bahan, lalu dikondisikan sebelum dimasukkan ke kandang ternak,” jelasnya.

Membangun 20 petak kandang

Om Alay memang tidak main-main dalam merealisasi keinginannya untuk beternak murai batu bahorok. Dia langsung membangun 20 petak kandang di lantai dua rumah mewahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ukuran kandang bervariasi, tetapi sebagian besar memiliki panjang 2 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 2,7 meter. Dinding-dinding kandang terbuat dari kawat ram halus (strimin) yang semuanya tertutup. Jadi antara dinding samping kandang yang satu dan kandang lainnya diberi penyekat.

Bagian dinding depan pun tertutup. Yang terbuka hanya bagian atasnya, di mana setengah bagian tertutup asbes dan setengahnya lagi hanya ditutup kawat strimin agar sinar matahari bisa masuk ke kandang, sekaligus untuk kelancaran sirkulasi udara. “Sengaja kandang dibuat tertutup agar burung indukan lebih tenang, tidak bunyi terus-menerus,” kata Om Alay.

breeding murai batu bahorok
Kandang dibuat tertutup agar pasangan induk merasa nyaman.

Karena persiapan breeding ini memang sudah matang, tidak sulit bagi Om Alay dan kru Altis BF untuk memanen anakan. Panen perdana terjadi lima bulan setelah pasangan induk dimasukkan ke kandang ternak.

Proses penjodohan murai batu bahorok

Proses penjodohan murai batu bahorok yang dilakukan Altis BF bisa dibilang dimulai dari awal. Sebagian besar calon indukan belum pernah diternak sebelumnya alias belum pernah mempunyai pasangan.

Calon induk betina diseleksi, antara lain sudah dua kali mabung atau berusia lebih dari setahun. Mental tempur atau naluri fighter bagus, kondisinya fit alias sehat, dan tidak memiliki cacat pada bagian tubuhnya.

“Tetapi syarat minimal sudah dua kali mabung sangat penting. Sebab induk betina dalam kondisi birahi yang optimal. Ini kunci utama sebelum melakukan penjodohan,” kata Om Alay.

Mengenai mental tempur, dia menjelaskan, banyak murai batu bahorok betina yang mempunyai mental tempur seperti burung jantan, serta nggacor atau rajin bunyi.

breeding murai batu bahorok
Sebagian induk jantan sedang diistirahatkan.

Adapun calon induk jantan juga harus berusia lebih dari setahun, gacor, sehat, dan tidak cacat. Di sini Om Alay melakukan trik yang unik, yaitu burung jantan sengaja dibuat drop dulu. Caranya?

Murai batu bahorok jantan akan ditrek dengan burung sejenis sampai puas bunyi dan lelah. Habis itu, calon induk jantan ditangkap, kemudian kuku dan paruhnya dipotong agar tak terlalu tajam. Ini trik untuk menghindari kematian pada murai betina jika sewaktu-waktu diserang murai jantan saat proses penjodohan.

Selanjutnya, calon induk jantan dimandikan dengan cara disemprot dalam kondisi dipegang oleh tangan perawat atau pemiliknya.

“Dengan trik ini, kondisi burung memang sedikit stres. Diharapkan dia tidak galak saat disatukan dengan burung betina di kandang ternak,” kata Om Alay yang juga breeder burung perkutut, dan menjadi salah seorang pengurus di P3SI Pusat.

“Apakah calon induk jantan yang dibuat ngedrop bisa pulih kondisinya, Om?,” tanya Om Kicau.

Om Alay pun menjawab bisa, tetapi butuh waktu 1-2 minggu. Saat kondisi pejantan masih drop, biasanya malah mudah berjodoh dengan burung betina.

Begitu disatukan dan tidak berantem, kedua calon induk akan segera kawin. Sebelumnya, tempat sarang sudah disiapkan di bagian atas dinding kandang.

Untuk memenuhi kebutuhan gizinya selama proses reproduksi, setiap pasangan induk mendapat asupan minimal 30 ekor jangkrik pada pagi hari dan 30 ekor lagi pada sore harinya. Kroto segar dan beberapa ekor cacing tanah diberikan dua kali seminggu.

Anakan yang baru menetas dibiarkan dalam perawatan induknya. Kalau sudah berumur 7-8 hari, anakan murai batu dipanen dan dipindah ke dalam boks yang telah dilengkapi lampu penghangat. Setelah anakan dipanen, seminggu kemudian pasangan induk akan kembali berproduksi.

breeding murai batu bahorok
Boks khusus untuk pembesaran anakan murai batu pascapanen.

“Selama masih di dalam boks, anakan murai batu diloloh dengan adonan voer dicampur jangkrik halus yang sudah dibersihkan kaki dan kepalanya. Perawatan seperti ini diberikan hingga anakan belajar makan sendiri, biasanya sampau umur satu bulan,” tambah Om Alay.

Anakan murai batu ini didesain sedemikian rupa sehingga tidak terlalu jinak terhadap manusia. Alasannya, murai batu justru akan lebih bagus apabila sedikit giras.

Kini anakan murai batu bahorok produksi Altis BF makin laris-manis di pasaran. Harga trotolan yang dibanderol relatif terjangkau, yaitu Rp 3 juta per ekor. Kualitas genetiknya dijamin asli MB bahorok.

Untuk meningkatkan kualitas anakan, Om Alay juga membeli murai batu bahorok bernama AS yang kerap menjuarai lomba. Induk jantan ini dibelinya dari Om Cece Jakarta, yang juga pemilik murai batu Anak Perkasa. (d’one)

breeding murai batu bahorok
Om Alay memantau induk jantan dan betina melalui CCTV.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. Dapat ilmu baru, yaitu ngetrek pejantan sampai lelah, memotong kuku dan paruhnya serta memegang dan mengusap2nya dgn air…tips yg memotong kuku kayaknya perlu dicoba, sayas sendiri pernah mengalami, dimana ketika keduanya disatukan dalam kandang (setelah penjodohan) jantan (atau sebaliknya) cenderung menghajar betinanya dengan mencengkeram+menindih betinanya..betinanya sampai berdarah2

    kalau memotong paruh, efeknya apa om? kok saya ragu ya

    • Dalam habitat aslinya paruh mb menjadi salah satu senjata andalan untuk mematok lawannya hingga tewas atau biasa disebut ‘patok mati’, jadi fungsi pemotongan paruh supaya tidak terlalu tajam dan panjang.

      • Ooo gitu ya Om…terus efek (terutama yang negatif) pemotongan paruh dan kuku apa Om? misalnya volume suara atau tingkat kegacoran? meski berdarah dan luka, masih bisa tumbuh lagi kan ya?

        Sekalian nanya nih Om, kalau ngurangin kegalakan MB Jantan gimana Om? sudah saya kurangi EF-nya, saya godi (ikat) sayapnya, saya jodohkan selama 1 bulan, ketika saya satukan masih saya mencoba melukai betina? apa perlu diganti salah satunya? kayaknya jantannya trauma karena dulu pasangannya pernah bertelur, tetapi karena pakan habis, pas saya tinggal mudik, akhirnya telur dimakan (entah oleh jantan atau betinanya)

        Makasih

  2. Jossss,, ada peternak deket rmh sm2 klp gading.. Materinya pun joss kl liat ceritanya medan bahorok.. Alternatif kl kejauhan ke SKL BF..

Komentar ditutup.