Panduan awal penangkaran burung siskin merah

Untuk melengkapi tulisan sebelumnya (silakan baca Tips perawatan burung siskin merah), Om Kicau membuat panduan awal bagi siapapun yang ingin beternak burung siskin merah. Harga sepasang red siskin dewasa di Indonesia saat ini masih tinggi (sekitar Rp 5 juta – Rp 6 juta), sehingga penangkaran burung siskin merah sangat prospektif. Kalau pun kelak terjadi booming, harganya tak terlalu merosot drastis.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sebelum menangkar, Anda perlu mengetahui mana red siskin jantan dan betina. Penampilan burung jantan sangat berbeda dari burung betina. Tubuhnya dibalut bulu-bulu berwarna merah, terutama pada bagian dada, perut, dan pangkal ekornya. Adapun kepalanya hitam.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Burung betina memiliki ciri-ciri seperti burung jantan, namun warna merahnya tampak kusam dan hanya terdapat di bagian dada atas saja. Selain itu, bagian kepalanya tidak berwarna hitam.

Red siskin jantan dan betina
Burung siskin merah jantan (kiri) dan betina

Penangkaran burung siskin merah cukup mudah dilakukan. Pada awal penjodohan, burung jantan biasanya bersikap kasar terhadap burung betinanya. Namun tidak lama kemudian, keduanya akan mudah terlihat akur.

Kandang penangkaran bisa menggunakan kandang ternak kenari maupun lovebird, dengan setting seperti di bawah ini:

kandang ternak untuk siskin
Contoh kandang ternak untuk burung red siskin | foto dari Red Siskin Projects

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Setelah kawin, beberapa hari kemudian burung betina akan bertelur sebanyak 3 – 4 butir. Telurnya bewarna putih berbintik  kecokelatan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selama 12 – 13 hari, telur-telur akan dierami induk betina. Induk jantan biasanya bertugas menyediakan pakan untuk induk betina, juga untuk anak-anaknya yang baru menetas.

Ketika induk meloloh anak-anaknya, betikan pakan yang terdiri atas bijian, eggfood, tunas daun muda yang bisa diperoleh dari tanaman sayuran, buah-buahan, dan ulat hongkong baik yang masih hidup maupun yang sudah dikeringkan.

red siskin dan anakan
Berikan pakan lengkap ketika induk sedang bawa anakan.

Setelah berumur sekitar 2 minggu, anakan sudah bisa keluar dari sarangnya, dan bisa dipindahkan dalam sangkar terpisah setelah berusia 35 hari.

Burung siskin merah juga sering disilangkan dengan beberapa jenis finch lainnya termasuk hooded siskin dan kenari. Tetapi anakan hasil persilangan siskin merah dan kenari biasanya bersifat mandul.

red siskin x kenari
Kenari mule/hibrida silangan red siskin denan burung kenari

Seperti disebutkan di atas, selain mempunyai warna merah yang unik, burung siskin merah juga mempunyai suara kicauan yang cukup menarik (bacak juga Siskin merah, diuber karena warna dan suaranya ).

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.