Cucak kerinci, burung endemik yang gemar membully

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Budaya membully yang marak belakangan ini, terutama di sosial media, ternyata sudah ada sejak dulu dalam dunia burung. Tentu bukan di sosial media, melainkan di alam liar. Salah satu burung yang gemar membully adalah cucak kerinci / cream-striped bulbul (Pycnonotus leucogrammicus). Selain suka membully burung lain, burung endemik di Gunung Kerinci dan Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera, ini juga rajin berkicau.

Burung cucak kerinci atau Cream-striped bulbul
Cucak kerinci / cream-striped bulbul, burung endemik di Sumatera.

Di pasar burung, kita sering menjumpai burung cucak kerinci. Beberapa pedagang kerap menyebutnya sebagai burung siri-siri, padahal jelas sekali perbedaan antara cucak kerinci dan siri-siri.

Tetapi apabila tidak teliti, Anda mungkin akan terkecoh. Baik siri-siri maupun cucak kerinci memiliki bulu bercorak garis-garis di bagian dada hingga perut. Namun jika dicermati, sebenarnya banyak perbedaan di antara kedua jenis burung tersebut, terutama bagian kepala cucak kerinci yang tampak berjambul dengan warna bulu tubuh yang lebih gelap dan tegas.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Selain keliru mengidentifikasi burung siri-siri dan cucak kerinci, ada juga pedagang yang salah membedakan siri-siri dengan cucak rawis. Untuk urusan ini, silakan buka lagi tulisan Om Kicau berikut ini:

Perbedaan antara burung siri-siri dan cucak rawis

Kembali ke cucak kerinci! Burung ini berukuran sedang, dengan panjang tubuh sekitar 18 cm. Seluruh tubuhnya didominasi bulu berwarna cokelat-zaitun, dengan coretan putih mencolok. Sayap dan ekornya hijau-zaitun.

Kepalanya berjambul tebal. Bagian tenggorokan dan perut berwarna putih, dengan penutup ekor bagian bawah berwarna kekuningan.

Cucak kerinci merupakan burung endemik yang hanya dapat dijumpai di kawasan pegunungan Sumatera, terutama kawasan Pegunungan Bukit Barisan dan Gunung Kerinci. Habitat yang disukainya adalah kawasan hutan di dataran rendah dan kebun-kebun kopi yang berada dalam wilayah persebarannya.

Seperti keluarga cucak-cucakan lainnya, cucak kerinci merupakan burung pemakan buah dan serangga. Kalau Anda  memilikinya di rumah, maka kedua jenis pakan itu harus selalu ada dalam perawatan hariannya.

Secara umum, buah yang bisa diberikan adalah pisang kepok putih dan apel. Adapun pakan serangga berupa ulat hongkong dan jangkrik yang diberikan rutin setiap hari untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap aktif dan rajin berkicau.

Sepasang burung cucak kerinci yang sulit dibedakan jenis kelaminnya karena mempunyai penampilan serupa
Cucak kerinci jantan dan betina memiliki penampilan hampir sama

Suara kicauan burung cucak kerinci

Suara kicauan cucak kerinci sangat berbeda dari burung siri-siri. Karena itu pula, cucak kerinci jarang digunakan sebagai burung masteran, melainkan lebih tepat dijadikan burung kelangenan.

Sebagai burung klangenan atau burung rumahan, cucak kerinci termasuk sangat aktif dan cerewet, dengan suara kicauan yang ramai.

Kecerewetannya inilah yang kerap digunakannya untuk mengganggu atau mengintimidasi burung-burung lainnya. Berikut ini suara kicauan burung cucak kerinci yang bisa didengar dan download untuk memancing bunyi burung kicauan di rumah:

  • Suara kicauan burung cucak kerinci – variasi 1
  • Suara kicauan burung cucak kerinci – variasi 2

DOWNLOAD SUARA CUCAK KERINCI (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.