Jangan semprotkan FreshAves ke burung ketika cuaca dingin atau mendung

Kondisi cuaca mendung dan mulai banyak hujan di seputaran bulan November 2014 ini telah terasa di berbagai wilayah Indonesia. Jika sudah banyak mendung atau bahkan hujan di tempat tinggal Anda, maka Anda perlu mewaspadai beberapa hal terkait perawatan burung, misalnya saja ketika mencoba menghilangkan kutu burung.

FreshAves obat anti kutu pada burung; Jangan digunakan dalam kondisi cuaca dingin.
FreshAves obat anti kutu pada burung; Jangan digunakan dalam kondisi cuaca dingin.

Jika Anda mencoba menghilangkan kutu burung dengan obat kutu burung FreshAves, yang dicampurkan ke dalam air dan disemprotkan ke tubuh burung, pastikan hal itu dilakukan ketika terdapat sinar matahari yang karenanya udara relatif hangat.

Jika kondisi udara dingin Anda memaksakan diri untuk segera melakukan terapi penghilang kutu dengan FreshAves, sangat berisiko menyebabkan burung kedinginan dan stres. Jika stres terlalu berat dan pada saat yang sama burung dalam kondisi lapar, maka tingkat stres bisa tak tertahan dan hal itu bisa berakibat fatal: kematian burung.

Dalam saran penggunaan FreshAves memang disebutkan, setelah dilakukan penyemprotan, burung sebaiknya tidak langsung dijemur, namun hanya diangin-anginkan. Hal itu dimaksudkan agar zat aktif di dalam FreshAves bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, hal tersebut dimaksudkan agar bulu tidak kusut dan keriting, di mana kekusaman dan kerusakan bulu antara lain disebabkan karena penjemuran langsung di bawah sinar matahari setelah burung mandi/dimandikan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Dengan demikian, saran agar burung tidak dijemur sehabis disemprot air FreshAves bukan berarti bahwa burung harus dijaga dalam kondisi dingin. Tidak sama sekali. Sebab, burung yang kedinginan setelah disemprot air FreshAves, jelas menjadikan burung dalam kondisi yang tidak bagus.

Dingin-dingin jangan dipaksa mandi

Sejalan dengan saran di atas, saya juga menyarankan agar Anda tidak pernah memaksakan burung untuk mandi ketika udara terasa dingin. Apalagi Anda sampai merangsang burung agar mandi dengan menyenprotkan air ke tubuhnya. Jangan, hal itu jangan dilakukan.

Sebab jika dalam kondisi dingin burung disemprot air, apalagi ketika burung dalam kondisi lapar, burung akan sangat tersiksa. Jika hal itu berlanjut dan tidak segera ditangani, bisa menyebabkan kematian pada burung.

Perubahan iklim dan cuaca pada akhirnya memang mengharuskan Anda juga untuk mengubah pola perawatan dan penanganan harian burung Anda.

Demikian sobat, semoga bermanfaat.

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.