Tips perawatan burung kepodang agar rajin berbunyi

Burung kepodang mudah dikenali dari penampilan bulu-bulunya yang indah dan berwarna kuning keemasan. Suara kicauannya yang khas bisa membawa siapapun yang mendengarnya seperti berada dalam suasana pedesaan. Meski bersuara merdu, ada kondisi tertentu yang bisa membuat kepodang enggan berkicau. Berikut ini tips perawatan burung kepodang agar rajin berbunyi

Burung kepodang si pesolek bersuara merdu
Burung kepodang, si pesolek bersuara merdu

Penampilan kepodang yang tenang saat berada di dalam sangkar ternyata berbanding terbalik dari karakternya di alam liar. Kepodang dikenal sebagai burung yang sangat agresif, terutama ketika berhadapan dengan spesies burung lainnya.

Tidak jarang kepodang terlihat mengusir, mengejar, bahkan melukai burung lainnya menggunakan paruhnya yang tebal. Diketahui pula, kepodang sering merusak sarang milik burung lain terutama kutilang, trucukan, dan perkutut untuk memakan telur atau anakan burung yang masih berada di sarangnya.

Terlepas dari karakter di atas, kepodang merupakan burung pesolek dan rajin berkicau dengan suara merdu. Hal ini juga terlihat ketika burung berada dalam perawatan manusia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kalau tidak mau berbunyi, biasanya kepodang sedang stres. Hal ini biasa terjadi pada burung hasil tangkapan hutan atau masih bakalan. Diperlukan penanganan dan perawatan yang tepat agar burung mau mengeluarkan kicauannya lagi. Berikut ini caranya :

  • Tempatkan burung di tempat yang sejuk dan tenang selama beberapa hari, terlebih jika burung tersebut baru dibeli.
  • Biarkan burung beradaptasi dengan sangkar, tempat pakan, tempat minum, tenggeran, dan suasana sekitar. Selama proses adaptasi, burung sebaiknya tidak dikerodong. Pada dasarnya, kepodang mudah beradaptasi sehingga kita tidak akan kesulitan merawatnya, meski burungmasih dalam kondisi liar / giras.
Burung kepodang
Burung kepodang / black-naped oriole ( Oriolus chinensis)
  • Berikan pakan berupa buah-buahan yang rasanya manis dan segar, misalnya pepaya atau mangga. Berikan buah-buahan secara rutin setiap hari.
  • Pakan tambahan seperti jangkrik, ulat bambu, dan serangga lainnya bisa diberikan secukupnya. Porsi jangkrik biasanya 2-3 ekor pada pagi hari dan 1 – 2 ekor pada sore hari. Ulat bambu cukup 1 ekor, yang diberikan 2 – 3 kali seminggu. Adapun ulat hongkong bisa diberikan sebagai selingan (untuk membuatnya jinak).
  • Jika Anda memiliki tiang kerekan khusus perkutut, maka pagi-pagi hari sekali sangkar kepodang digantang di tiang tersebut. Sebab waktu pagi itulah kepodang akan mencari tempat lebih tinggi untuk mengeluarkan suara kicauannya agar bisa terdengar ke seluruh wilayah.
  • Kepodang adalah burung pesolek. Karena itu, Anda harus rutin memandikannya, terutama pada pagi dan sore hari. Setelah itu burung dijemur, baik menggunakan tiang kerekan atau digantung di tempat biasa  selama 1,5 – 2 jam, dan waktu penjemuran tidak lebih dari pukul 10.00.
  • Saat siang hingga sore hari, kepodang dianginkan di tempat sejuk atau di teras rumah sambil diputarkan suara terapi alam untuk memancingnya mau berbunyi.

Suara kicauan burung kepodang

Burung kepodang

Berikut ini audio terapi alam suara kicauan burung kepodang di alam liar, yang bisa digunakan untuk memancing burung peliharaan Anda agar lebih rajin berbunyi.

  • Suara kicauan burung kepodang di alam liar – versi 1
  • Suara kicauan burung kepodang di alam liar – versi 2
  • Suara kicauan burung kepodang di alam liar – versi 3

DOWNLOAD AUDIONYA DI SINI

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.