Mengenal empat jenis burung cipoh dan suara kicauannya

Cipoh atau iora (Aegithinidae) merupakan kelompok burung kecil yang terdiri atas empat spesies. Empat spesies ini hanya dijumpai di India dan Asia Tenggara, dua spesies di antaranya dijumpai di Indonesia. Mereka sering terlihat di tajuk pepohonan, dan jarang sekali mau turun ke tanah. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung cipoh, atau terkadang disebut cipo, sirpu, dan sirtu, memiliki suara kicauan yang mengalun. Salah satu jenis kicauan yang banyak digemari adalah suara khasnya berupa siulan panjang, yang diakhiri dengan penekanan pada suaranya.

Berikut ini empat jenis burung cipoh dan suara kicauannya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

1. Cipoh kacat / common iora (Aegithina tiphia)

Di Indonesia, burung ini dikenal dengan nama cipoh kacat. Spesies ini tidak hanya ada di Indonesia, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, dan Filipina.

cipoh kacat atau common iora
Burung cipoh kacat / common iora (Aegithina tiphia)

Burung ini berukuran sekitar 14 cm. Tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun, sedangkan bagian bawahnya kuning. Sayapnya hijau dan kuning, dengan dua garis putih cukup mencolok.

Sepintas, penampilannya mirip burung marshall’s iora atau cipoh ekor-putih yang ada di India dan Srilanka. Hanya saja, cipoh kacat tidak memiliki warna putih pada ujung ekornya.

Cipoh kacat termasuk burung yang cukup popular sebagai piaraan di Indonesia. Jika tertarik mendengar suaranya, silakan buka lagi tulisan Om Kicau berikut ini:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Aneka suara untuk memancing burung cipoh berbunyi

Jenis burung cipoh lainnya:

Cipoh besar | Cipoh jantung | Cipoh ekor-putih

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. Om,saya pernah ketemu Cipoh yang ukurannya lebih besah dari biasanya dan warna bulunya orange kemerah-merahan. Volomenya suaranya pun lebih dahsyat dari Cipoh biasa
    itu jenis Cipoh apa ya Om ?

    • Burung cipoh yang ada di Indonesia cuma dua jenis om, yaitu cipoh kacat dan cipoh jantung, burung ini juga bisa berubah warna jika sudah siap kawin, tapi
      mungkin juga kalau burung yang om lihat mirip cipoh itu dari sejenis burung kepodang yang memang banyak jenisnya.

Komentar ditutup.