Excellent BF Jogja punya 50 pasangan induk lovebird trah juara

Sebagian orang mengenal Om Aris Excellent sebagai pemain burung, terutama lovebird, dengan gaco-gaco andalan seperti Golden Lady dan Xena. Sebagian lagi, terutama penikmat kuliner di Jogja, mengenal  dia sebagai juragan kue jajanan pasar. Eh, masih ada satu lagi lho yang terkait dengan Om Aris, yaitu peternak lovebird trah juara.

Breeding lovebird Excellent BF Jogja
Om Aris di depan kandang Excellent BF Jogja.

Untuk breeding lovebird, Om Aris mengibarkan bendera Excellent Bird Farm (BF) Jogja. Saat ini ada 50 pasangan induk lovebird trah juara di rumahnya. Selain itu, masih ada beberapa ekor burung lomba, baik hasil breeding sendiri maupun hasil take-over burung prospek, termasuk lovebird Golden Lady dan Xena.

Semua materi indukan, baik jantan maupun betina, memiliki trah juara. Tidak heran apabila anakan-anakan yang dihasilkan pun umumnya moncer di lapangan. Misalnya lovebird Sinden yang menjadi juara 3 dalam even nasional Piala Raja 2014 di Jogja (7/9) Cleopatra, adik Sinden, juga sering juara.

Om  Aris sangat selektif dalam memilih calon induk betina mapun calon induk jantan. “Saya percaya, anakan lovebird yang bagus itu berasal dari induk yang bagus juga, baik induk jantan maupun induk betina. Jadi, sebisa mungkin kedua induk sama-sama bagus,” tuturnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Anakan yang menetas dibiarkan diasuh induknya selama beberapa hari, kemudian dipanen, dipindah ke inkubator. Konsekuensinya, semua kebutuhan anakan lovebird harus dipenuhi pemilik / perawat, termasuk pakan harus diberikan melalui handfeeding.

Breeding lovebird Excellent BF Jogja
Anakan lovebird disapih dalam kandang inkubator.

“Pemberian pakan melalui handfeeding lebih memudahkan kita dalam merawat anakan. Apalagi alat ini mudah didapatkan di pasaran,” tambah Om Aris.

Breeding lovebird Excellent BF Jogja
Om Aris bersama juniornya, Ka Othy, meloloh anakan lovebird dengan handfeeding.

Setelah dapat makan sendiri, anakan lovebird dipindah dari inkubator ke kandang soliter. Saat itulah anakan lovebird mulai dimaster, antara lain dengan suara belalang serta aneka suara burung lainnya dari perangkat elektronik sonic master.

“Selain menggunakan sonic master, anakan-anakan lovebird juga dimaster langsung oleh seniornya, lovebird Golden Lady yang rajin bunyi dan ngekek panjang,” kata Om Aris.

Breeding lovebird Excellent BF Jogja
Anakan lovebird sedang menjalani pemasteran.

Om Aris mengaku tidak mengalami kendala dalam pemasaran anakan lovebird. Bahkan saat ini dia cukup kewalahan melayani banyaknya permintaan, terutama dari para pemain di Blok Barat, bahkan banyak juga dari Sumatera dan Kalimantan.

Meski demikian, jika stok tersedia, dia juga siap memenuhi permintaan lovebird lovers dari wilayah manapun, termasuk rekan-rekan di Blok Tengah dan Blok Timur. (Waca)

Breeding lovebird Excellent BF Jogja
Lovebird materi lomba dimasukkan dalam kandang koloni.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.