Bupati Sumbawa Cup I: Cucak kombo Sindo 007 tak terkalahkan di dua kelas

Masyarakat membanjiir Taman Hijau Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu (18/1) lalu. Sebagian merupakan pemilik dan joki burung, dan sebagian lagi masyarakat umum yang ingin menyaksikan lomba burung berkicau Bupati Sumbawa Cup I. Dalam gelaran ini, cucak kombo Sindo 007 tak terkalahkan di dua kelas yang dilombakan.

Lomba burung berkicau Bupati Sumbawa Cup I
Suasana lomba burung berkicau Bupati Sumbawa Cup I, Minggu (18/1).

Ketua Panitia Bupati Sumbawa Cup I, Bripka Susiadi, menjelaskan hampir seluruh perwakilan kabupaten / kota di NTB ikut memeriahkan lomba burung ini. Hanya Lombok Utara yang berhalangan hadir. “Even ini sengaja dibuat untuk meramaikan HUT Ke-56 Kabupaten Sumbawa,” ujar Om Susiadi.

Bupati Sumbawa Cup I digelar oleh Golden Voice BC Sumbawa. Ini merupakan even akbar pertama yang pernah digelar Golden Voice, salah satu bird club yang berkembang pesat di Sumbawa. Jumlah peserta tercatat 461 ekor burung, yang melombakan 19 kelas.

Untuk meningkatkan kualitas penilaian, panitia tidak hanya mengandalkan juri-juri dari Sumbawa saja, tetapi berkolaborasi dengan tim juri khusus yang pernah bertugas di Presiden Cup III, juri-juri dari Jawa Timur, Mataram, Lombok Timur, dan Kicaumania Sumbawa Besar (KSB).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lomba burung berkicau Bupati Sumbawa Cup I
Juri-juri kolaborasi dalam even Bupati Sumbawa Cup I

“Kami sengaja mendatangkan juri khusus untuk berkolaborasi dengan juri-juri lokal. Ini sekaligus untuk berbagi pengalaman dan menambah wawasan juri-juri di NTB,” tambah Om Susiadi.

Acara dibuka dengan pembacaan doa oleh Ustadz Tukan, dilanjutkan sambutan dari Asisten II Setda Sumbawa, Drs H Muhammading MSi. Selanjutnya, Muhammading melakukan pelepasan burung sebagai tanda pembukaan lomba.

Lomba burung berkicau Bupati Sumbawa Cup I
Pelepasan burung oleh Asisten II Setda Sumbawa, Drs H Muhammading MSi.

Kecial kombo yang merupakan burung popular di NTB cukup diminati peserta. Panitia membuka dua kelas, dan semuanya dimenangi cucak kombo Sindo 007 milik Opik dari Lombok All Star.

Pada Kelas Golden Voice, Sindo 007 tampil sebagai juara pertama, diikuti Cuex milik Simpen (Sumbawa) dan Kancil kepunyaan Sulfan (Sumbawa).

Sindo 007 juga tampil menawan dan menjuarai Kelas Visit Sumbawa. Juara 2 dan ketiga masing-masing ditempati Vampir milik Simpen dan Cuex.

Kelas punglor kembang yang tetap eksis di NTB juga ramai. Penggoda milik Rendhot Jelek (Bima) sukses menjuarai Kelas Golden Voice. Satu kelas lainnya, Visit Sumbawa, dimenangi Bejo milik Ardi dari Taliwang.

Lomba burung berkicau Bupati Sumbawa Cup I
Penonton antusias menyaksikan Lomba burung berkicau Bupati Sumbawa Cup I.

Dua kelas anis merah juga dijuarai burung berbeda. Anis merah Putra Dewa milik Amin (Mataram) juara 1 di Kelas Golden Voice, sementara Marques milik Andre, juga dari Mataram, menjuarai Kelas Visit Sumbawa.

Arif dari Lombok All Star mendominasi dua kelas lovebird. Dia menurunkan dua gaconya, Ranger 02 dan Ranger 03, yang semuanya tampil hebat. Ranger 02 bahkan mencetak double winner, sedangkan Ranger 03 meraih juara 2 dan 3. Cendet Master milik Rudi (KMS) juga menjadi juara 2 dan 3.

Selain cucak kombo Sindo 007 dan cendet Ranger 02, burung lain yang berhasil meraih double winner adalah cucak hijau Barcelona milik Ari Three SF (Mataram). Beberapa jago Om Ari juga moncer di kelas lain, meski bukan di posisi pertama.

Karena akumulasi poinnya tertinggi, Ari Three SF pun dinobatkan sebagai juara umum single fighter. Adapun juara umum bird club (BC) diraih Lombok All Star yang sukses menjuarai sejumlah kelas.

(Kontributor: Om Danank Dwi)

Hasil Lomba Bupati Sumbawa Cup 1 | Galeri Gambar

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.