Audio kicauan burung kutilang jambul untuk masteran

Burung kutilang jambul /red-whiskered bulbul (Pycnonotus jocosus) memang bukan jenis kutilang yang umum ditemukan di Indonesia seperti halnya cucak kutilang (Pycnonotus aurigaster), atau biasa disebut burung kutilang. Kutilang jambul memiliki wilayah persebaran mulai dari kawasan Pegunungan Himalaya (Nepal), Asia Selatan (India, Bangladesh, Srilanka), wilayah selatan Tiongkok, Hongkong, hingga Asia Tenggara kecuali Indonesia, Brunei, dan Filipina.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kutilang jambul atau Red-whiskered bulbul (Pycnonotus jocosus)
Burung kutilang jambul / red-whiskered bulbul (Pycnonotus jocosus)

Kutilang jambul atau merbah jambul menjadi salah satu burung lomba terfavorit di sejumlah negara, khususnya Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan China.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Meski tak memiliki habitat di Indonesia, bukan berarti tak ada kicaumania di negeri ini yang memilikinya. Beberapa kicaumania mendapatkannya dari rekan-rekan mereka yang bekerja sebagai buruh migran, terutama di Malaysia.

Sebenarnya, pada dasawarsa 1990-an, kutilang jambul sering dijumpai di beberapa pasar burung di Indonesia. Saat itu harganya terbilang sangat murah, sehingga banyak penggemar burung yang berlomba-lomba mengoleksinya, bahkan ada yang membeli hingga beberapa ekor.

Namun sejak tahun 2002 hingga sekarang, kutilang jambul jarang lagi ditemukan di pasar burung. Spesies ini hanya bisa didapatkan apabila ada importir burung yang mendatangkannya dari negeri jiran, atau ada rekan buruh migran yang pulang membawa kutilang jambul.

Kutilang jambul
Kutilang jambul: Keren dan cantik.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Suara kicauan kutilang jambul mengalun cukup merdu, dengan irama khas burung kutilang. Yang membedakannya dari cucak kutilang adalah lagu-lagunya lebih rapat, ngerol, dan memiliki gaya nagen dan gaya “nggaruda” yang khas saat bertarung di lapangan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini dua video kutilang jambul yang paling banyak ditonton di youtube:

  • Video kutilang jambul 1 (ditonton 2,6 juta youtubers)
  • Video kutilang jambul 1 (ditonton 1,2 juta youtubers)

Suara kicauan kutilang jambul dapat dimanfaatkan sebagai masteran. Silakan dengar beberapa audionya berikut ini. Kalau berminat, silakan diunduh:

  • Suara kutilang jambul variasi 1
  • Suara kutilang jambul variasi 2
  • Suara kutilang jambul variasi 3

Unduh audionya di sini

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.