Download suara burung murai batu: Medan, Malaysia, Thailand, Vietnam

Download suara burung murai batu – Burung murai batu / white-rumped shama (Copsychus malabaricus) memiliki wilayah persebaran terbatas yaitu di kawasan Subbenua India dan Asia Tenggara. Meski demikian, akhir-akhir ini banyak juga kicaumania di Eropa dan Amerika yang menangkarnya, bahkan dilombakan juga.

Di Anak Benua India terdapat beberapa ras / subspesies murai batu, misalnya Copsychus malabaricus leggei yang ditemukan di Srilanka dan Copsychus malabaricus indicus di wilayah utara India. Anda pengin download suara burung murai batu tersebut? Simak dulu penjelasan berbagai jenis burung murai batu dari beberapa wilayah/ negara di bawah ini.

Download suara burung murai batu: Murai batu asal Sri Lanka (kiri) dan asal India
Murai batu asal Srilanka (kiri) dan India.

Adapun jenis murai batu yang sangat popular di Asia Tenggara antara lain:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  1. Murai batu medan
  2. Murai batu malaysia
  3. Murai batu vietnam
  4. Murai batu thailand

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Kali ini, kita bahas keempat jenis murai batu yang ada di Asia Tenggara tersebut, dimulai dari murai batu medan.

Download suara burung murai batu: Murai batu medan

murai medan
Murai batu medan

Murai batu medan sebenarnya hanya istilah saja, karena yang dimaksud sebenarnya murai batu dengan ekor putih dan panjang, terutama yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Kawasan TNFL berada di dua provinsi, yaitu Sumatera Utara (Kabupaten Langkat, Dairi, dan Karo) dan Nanggroe Aceh Darussalam (Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Aceh Tamiang).

Khusus di Aceh, murai batu ekor putih kerap juga disebut sebagai murai batu daratan. Ini untuk membedakannya dari murai batu ekor hitam yang disebut sebagai murai batu kepulauan, karena umumnya dijumpai di pulau dan / atau gugusan pulau.

( lihat juga Ragam murai batu ekor hitam di Sumatera )

Murai batu medan sejauh ini paling popular di kalangan muraimania Indonesia. Suaranya penuh tonjolan-tonjolan isian, sehingga jenis inilah yang paling mendominasi di berbagai arena lomba burung berkicau.

Lomba burung di Indonesia memang masih mengutamakan variasi suara dan isian daripada penampilan dan gaya. Karena itulah, murai batu medan banyak digemari sebagai burung lomba.

Bukan berarti murai batu ekor hitam kalah bersaing lho. Bahkan banyak murai blacktail yang mengalahkan murai batu medan, misalnya Natalia (kini sudah tiada) milik Om Gunawan Solo, Ballotelli milik Om Bonni N dari Mahesa Ratu SF Depok, hingga Klewang milik Om Herfan (Pekanbaru).

Berbeda dari murai batu asal Malaysia dan Vietnam, murai batu medan mempunyai lagu-lagu yang cukup panjang, meski terkadang suara kicauannya tidak terlalu nyaring.

Berikut ini salah satu contoh video murai batu medan:

Download suara burung murai batu: Murai batu asal Malaysia

Di Malaysia terdapat beberapa jenis murai batu, yang paling terkenal berasal dari Negeri Sembilan, Meski panjang ekornya tidak lebih dari 21 cm, namun sifatnya sangat agresif dan punya mental tangguh.

Selain dari Negeri Sembilan, murai batu dari Pahang, Selangor, dan Kelantan juga memiliki sifat agresif dan mental tangguh.

Masih ada lagi murai batu dari daerah Kedah dan Perak (termasuk Langkawi) yang cukup popular juga di Indonesia. Jenis ini mempunyai ekor cukup panjang, sekitar 23 – 25 cm. Meski tidak terlalu agresif, murai batu langkawi cukup popular sebagai burung peliharaan atau diternak.

Murai batu langkawi
Murai batu langkawi

Yang membedakan murai batu medan dan murai batu malaysia adalah suara kicauannya. Secara umum, murai batu medan mempunyai lagu-lagu panjang dan penuh tonjolan suara isian, terutama saat dilombakan. Adapun murai batu dari Malaysia rata-rata dilombakan untuk penampilannya, termasuk keindahan dan gaya tarungnya.

Yuk kita lihat video murai batu asal Langkawi:

Kalau video berikut ini murai batu asal Penang:

Download suara burung murai batu: Murai batu asal Vietnam dan Thailand

Murai batu asal Vietnam dan Thailand memiliki ekor cukup panjang, bahkan bisa mencapai 30 cm. Bentuk ekornya sedikit lebih tipis pada bagian tepi, dan hanya terdiri atas beberapa helai bulu saja. Jadi, ekornya tidak terlalu tebal seperti murai batu asal Malaysia.

Selain itu, murai batu dari kedua negara ini mempunyai mental bagus dan sifat cukup agresif, sehingga banyak pula digunakan dalam lomba burung.

Murai batu asal Vietnam
Murai batu asal Vietnam

Selama ini, banyak kicaumania yang menyebut murai batu langkawi sebagai murai batu thailand. Pasalnya banyak pemikat burung asal Thailand yang menangkapi murai ekor panjang di sekitar pulau dekat Langkawi, lalu dibawa ke negaranya, terutama di wilayah selatan Thailand.

Berikut ini video murai batu vietnam:

Nah, kalau yang ini video murai batu thailand:

 

Download audio beberapa jenis murai batu popular

Murai batu Bilqis
Download audio beberapa jenis murai batu popular


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.