Perawatan murai batu Armed, si tua yang tetap berprestasi

Meski umurnya sudah tak muda lagi, sekitar 9 tahun, murai batu Armed milik Om Andes masih saja berprestasi di lapangan. Dalam even akbar Road to BnR Award 2015 di Lapangan Gubernuran Jambi, Minggu (8/3), murai yang selalu dikawal Om Jhon’r ini moncer pada tiga kelas.

Murai batu armed
Murai batu Armed orbitan Om Andes / Om Jhon’r.

Duet Andes / Jhon’r yang memperkuat Obit BC menurunkan murai batu Armed di Kelas BnR Vit, dan meraih juara kedua di bawah Asoka milik Akia yang berasal dari klub yang sama.

Armed juga tampil menawan di Kelas Vita Grow, meski harus puas meraih juara 4. Kelas ini dijuarai Maha Dewa, gaco andalan Om Dedy Jaya Ban yang juga salah satu murai terbaik di Sumatera saat ini.

Di Kelas Tumo, Armed menempati urutan kelima. Kelas ini dimenangi murai batu Bintang, gaco andalan Om Sabtiar (AXL) dari Sarolangun, yang kali ini juga memperkuat Obit BC.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebelumnya, MB Armed telah menjuarai berbagai even, antara lain Launching Stady Cup di Jambi (11/1). Bahkan kalau main di Bangko, tempat tinggal Om Andes, Armed hampir selalu juara 1-3.

Karena kesibukannya, Om Andes memberi kepercayaan penuh kepada Om Jhon’r, mulai dari perawatan harian, setelan lomba, hingga mengawalnya ke arena lomba.

Perawatan harian MB Armed

Om Jhon'r dan MB Armed
Om Jhon’r (kiri) bersama kru dan MB Armed
  • Setiap pagi, burung dikeluarkan untuk dianginkan.
  • Acara mandi dimulai sekitar pukul 07.00.
  • Usai mandi, burung dianginkan sambil diberi 3 ekor jangkrik.
  • Setelah bulu-bulunya agak kering, Armed dilepas ke kandang umbaran hingga pukul 12.00.
  • Sore hari, burung kembali diberi 3 ekor jangkrik.
  • Menjelang petang, burung dimasukkan ke dalam rumah, dikerodong sampai esok hari.
  • Perawatan harian ini berlaku sejak Senin hingga Kamis

Perawatan lomba MB Armed

murai batu Armed
Meski sudah berumur 9 tahun, MB Armed masih bisa berprestasi.
  • Perawatan lomba dimulai sejak H-3 (Jumat).
  • Porsi jangkrik ditingkatkan menjadi 5 ekor pada pagi hari, dan 5 ekor pada sore hari.
  • Jumat sore, burung dimandikan, tetapi sudah tidak diumbar lagi.
  • Sabtu full jangkrik. Artinya, jangkrik diberikan secara ad libitum (setiap saat selalu ada), biar burung berkesempatan makan sekenyangnya. Jadwal mandi tetap sore.
  • Minggu pagi, Armed hanya diberi 3 ekor jangkrik ditambah 2 ekor ulat bambu.

Murai batu Armed memiliki ukuran tubuh proporsional. Keistimewaannya antara lain punya suara ngerol nembak yang panjang.

“Kalau sudah di lapangan, ketemu musuh-musuhnya, Armed akan mengeluarkan tembakan cililin, kenari, siri-siri kecil, jalak suren, sampai air mancur, apalagi saat juri sedang memberi penilaian,” ujar Om Jhon’r.

Menurut Om Andes, murai batu Armed mulai mengorbit sejak tahun 2009 atau pada umur 3 tahun. Di Bangko, domisili Om Andes, murai ini cukup dikenal karena sering menjuarai even lomba. Bahkan tidak sedikit kicaumania yang ingin meminangnya.

Om Andes dan murai batu Armed
Om Andes: MB Armed mengorbit sejak tahun 2009.

Bahkan pinangan terbaru datang pada Minggu (8/3) malam atau beberapa jam setelah gelaran Road ro BnR rampung. Salah seorang peserta even tersebut bertanya apakah MB Armed mau dijual atau tidak.

Bagaimana jawaban Om Jhon’r? “Ha.. ha.. ha.., not for sale. Kalau dijual, nggak ada mainan lagi nanti. Cuma Armed yang bisa dibawa main sekarang. Kapas tembak Badai sudah mati,” jawab Om Jhon’r sambil tersenyum. (Kelana Lana)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.