Lovebird Riri milik Om Rd Raka tak pernah mengenal lelah: Apa rahasianya?

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Persaingan kelas lovebird di Provinsi Jambi kini makin memanas, sepertinya tak mau kalah dari murai batu, kacer, dan kapas tembak. Banyak lovebird jawara di wilayah ini, mulai dari era Salju, Putri, Putri Salju, Pilot, hingga Riri. Lovebird Riri merupakan salah satu gaco andalan milik Rd Raka dari Duta KLI Jambi. Burung ini sering disebut pekerja Rodi, karena tak pernah mengenal lelah. Apa rahasianya?

Om Rd Raka dan lovebird Riri
Om Rd Raka (Duta KLI Jambi) bersama lovebird Riri.

Bagi kicaumania di Jambi, terlebih lovebird lovers, nama Riri sudah tidak asing lagi. Burung ini pernah merasakan atmosfer lomba di Pekanbaru, ketika Om Rd Raka masih bekerja di ibu kota Provinsi Riau itu.

Sejak September 2014, Om Rd Raka hijrah ke Jambi sambil membawa lovebird Riri. Saat itu pula burung kesayangannya itu aktif diturunkan ke lapangan, baik dalam gelaran latber, latpres / special, maupun lomba di kawasan Jambi.

Berdasarkan catatan Om Rd Raka, sejak September 2014 hingga pertengahan Maret 2015, lovebird Riri sudah mengoleksi sekitar 100 gelar juara. Berikut ini sebagian prestasinya:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

EVENTANGGALJUARA
Liga Jambi Seri I16 November 20142
Latpres di Sabak6 Desember 20141
Latpres KMJ22 Desember 20143
Lomba Ronggolawe11 Januari 20152
Latpres Ambasador Bird14 Januari 20153
Latpres Sakti15 Januari 20153
Latpres Ceria8 Februari 20154
Lomba Bintang Seroja15 Februari 20155
Latpres KPKJ22 Februari 20155
Latpres Cowboy Cup II Panerokan15 Maret 20151,1
Lovebird Riri
Lovebird Riri bersama sejumlah trofi.

Menurut Om Rd Raka, Riri termasuk lovebird bandel namun jujur. Perawatannya pun nggak neko-neko, bai perawatan harian maupun perawatan lomba.

Sebagaimana lovebird OSA milik Om Fikri, Riri juga salah satu amunisi andalan Duta KLI Jambi dalam berbagai even lomba, latpres, maupun latber di wilayah Jambi.

Mengingat jadwal latber dan latpres di Kota Jambi selalu ada setiap hari, maka Om Rd Raka hampir setiap sore hari selalu turun ke lapangan, dengan membawa lovebird Riri. “Sampai-sampai rekan di KLI Jambi menjuluki Riri sebagai pekerja Rodi, ha.. ha..,” kata dia sambil tertawa.

Perawatan lovebird Riri

Lovebird Riri
Lovebird Riri: Burung bandel, perawatan nggak neko-neko.

“Perawatan lovebird Riri sebenarnya biasa-biasa saja, jadi tak ada yang terlalu spesial,” jelas Om Rd Raka ketika Om Kicau memintanya untuk menjelaskan rahasia perawatan Riri sehingga selalu tampil maksimal dan tak pernah mengenal lelah.

Pagi hari, sekitar pukul 06.00, Riri mulai diangin-anginkan. Dua jam kemudian, pukul 08.00, burung dimandikan kemudian dianginkan kembali sampai bulunya agak kering.

Usai dianginkan, sekitar pukul 09.00, burung dijemur dengan durasi sekitar 1 jam saja. Selanjutnya dikerodong sampai sore hari.

Kalau mau tampil dalam latber atau latpres, yang biasanya diselenggarakan sore hari, maka lovebird Riri kembali dimandikan sebelum dibawa ke lapangan. Sehabis mengikuti latber / latpres, tepatnya selepas maghrib, Riri dikerodong lagi dan dibiarkan istirahat total hingga esok hari.

“Saat Riri istirahat, lampu sengaja saya matikan, sambil diperdengarkan suara masterannya berupa audio lovebird ngekek panjang,” jelas Om Rd Raka.

“Satu hal lagi yang membuat lovebird Riri selalu fit dan tak pernah kenal lelah, meski hampir tiap hari dilombakan, adalah rutin mengkonsumsi BirdVit produk Om Kicau,” tambah Om Rd Raka.

lovebird Riri
Koleksi piagam kemenangan lovebird Riri

Dengan perawatan seperti itulah, Riri menjadi salah satu andalan Duta KLI Jambi, sekaligus menjadi salah satu lovebird jawara di Jambi. Prestasi terakhir yang diraihnya adalah juara 1 Latber Effentta dan double winner dalam Latpres Cowboy Cup III di Panerokan.

Rencananya, Om Rd Raka bakal menurunkan lagi lovebird Riri dalam Liga Jambi Seri III di Lapangan Effentta, Jalan Halmahera Kelurahan Kebun Handil, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi,Minggu (22/3). “Semoga Riri masih dalam kondisi top form,” tandasnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.