Ingin ternak emprit jepang dan zebra finch? Trisakti BF sediakan indukan siap ternak!

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung finch banyak disukai kicaumania di Indonesia karena bisa dijadikan burung penghias di taman rumah, meski sebagian juga bisa dijadikan burung master. Tidak sedikit pula yang pengin beternak, lantaran pengelolaannya relatif mudah. Emprit jepang dan zebra finch / pipit zebra termasuk jenis finch yang banyak diternak.

Om Arif / Trisakti BF
Om Arif / Trisakti BF sediakan induk emprit jepang dan zebra finch siap ternak.

Menurut Om Arif, pemilik Trisakti Bird Farm (BF) Jakarta yang juga menyediakan berbagai jenis burung finch, emprit jepang dan zebra finch dikenal mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tidak heran jika banyak kicaumania yang ingin menangkarnya. Bahkan Trisakti BF sejak lama melihat potensi itu, sehingga menyediakan induk siap ternak untuk kedua jenis finch tersebut.

Emprit jepang, atau dalam literatur perburungan internasional disebut society finch (Lonchura striata domestica), bukan hanya bisa dijadikan burung hias. Di Indonesia, burung ini juga kerap dimanfaatkan sebagai induk asuh / baby sitter atau babuan untuk mengerami telur jenis burung finch lainnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pasangan emprit jepang
Pasangan emprit jepang di Trisakti BF.

Para penangkar / breeder burung gould amadine maupun zebra finch kerap menggunakan emprit jepang sebagai induk babuan untuk mengerami telur dan merawat anakan yang baru menetas.

(baca juga Serahkan telur gould amadin kepada emprit jepang )

“Emprit jepang dikenal tidak mudah stres. Burung ini juga pintar mengasuh anakan, sehingga kerap dijadikan babuan untuk anakan jenis finch lainnya. Meski sedang bertelur atau mengerami telur, burung ini tak mudah terganggu oleh aktivitas di sekitarnya. Dia tetap produktif, sehingga banyak kicaumania yang berminat menangkarnya,” kata Om Arif.

Induk emprit jepang jantan dan betina
Induk emprit jepang jantan dan betina sedang mengerami telur.

Harganya pun murah. Trisakti BF bahkan menjualnya hanya seharga Rp 250.000 per pasang. Perawatannya mudah alias simpel, sehingga cocok untuk mengasah keterampilan para breeder pemula.

“Kalau mau belajar beternak, pemula sebaiknya menggunakan jenis burung yang paling mudah perawatannya, seperti emprit jepang. Kalau sudah terampil, bisa memperluas usahanya, misalnya beternak kenari, lovebird, bahkan murai batu,” saran Om Arif.

Breeding emprit jepang
Breeding emprit jepang hemat tempat.

Kalau mau menangkar, sebaiknya pilih calon induk jantan dan betina yang sudah mencapai umur dewasa kelamin, yaitu sekitar 5-6 bulan. Lebih matang lebih baik, misalnya betina umur 8 bulan dan jantan umur 1 tahun.

Tetapi emprit jepang umur 5-6 bulan umumnya sudah dewasa, ditandai dengan perilaku sering berkicau, terutama burung jantan. Kalau mau praktis, masukkan beberapa ekor burung jantan dan betina dalam kandang aviary / koloni. Biarkan burung mencari pasangan masing-masing.

Beternak emprit jepang
Emprit jepang bisa disatukan dengan jenis finch lainnya seperti bondol jepang.

Sediakan tempat bersarang / gelodok dengan jumlah melebihi jumlah calon pasangan indu. Misal Anda memasukkan 5 ekor calon induk jantan dan 5 ekor calon induk betina, sediakan minimal 6 gelodok yang ditempatkan secara berpencar. Nanti setiap pasangan induk akan memilih gelodok yang disukainya.

Kalau belum memiliki kandang aviary, Anda juga bisa menggunakan kandang battery ukuran 40 x 40 x 50 cm2 yang banyak dijual di pasar burung. Masukkan pula wadah sarang (anyaman rotan) yang juga banyak dijual di kios / pasar burung. Bahan sarang bisa berupa serat kelapa atau serat cemara.

Pakan utama emprit jepang berupa biji-bijian atau pakan kenari (canary seed). Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa sawi atau selada. Setelah berjodoh, burung akan kawin. Selanjutnya, induk betina akan bertelur sebanyak 4-6 butir.

Telur akan dierami induk jantan dan betina secara bergantian selama 15-16 hari. Masa mengeram dimulai setelah telur ketiga dikeluarkan induk betina.

Beternak emprit jepang
Om Arif: Beternak emprit jepang sangat menguntungkan.

Setelah menetas, anakan emprit jepang akan diasuh kedua induknya hingga mencapai umur 20 hari. Setelah berumur 1 bulan, anakan sudah bisa belajar makan sendiri.

( lihat juga Menangkar emprit jepang alias society finch )

Selain emprit jepang, jenis finch lainnya yang mudah diternak adalah zebra finch / pipit zebra (Taenopygia guttata). Perawakannya kecil, dengan warna bulu nan elok, membuat penggemar finch kesengsem untuk mengoleksi atau menangkarnya.

Pasangan zebra finch
Pasangan zebra finch siap produksi.

Teknik penangkaran zebra finch tidak jauh berbeda dari emprit jepang. Untuk lebih jelasnya, cek artikel Panduan praktis penangkaran burung pipit zebra.

Kalau sudah mempelajari seluk-beluk penangkaran emprit jepang maupun zebra finch, siapkan pula mental Anda, kemudian kontak Om Arif Trisakti untuk mendapatkan materi induknya. (d’one)

Om Arif / Trisakti Bird Farm

Alamat lengkap klik di sini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.