Perawatan dan video pemasteran anakan lovebird ala Om Tony Music

Harga pasaran lovebird ternakan lokal saat ini memang sedang merosot di beberapa daerah. Namun hal ini tak bisa dipukulrata, karena ada beberapa breeder yang mengaku belum terpengaruh kondisi tersebut. Salah satunya adalah Music Bird Farm (BF) milik Om Tony Music.

Boleh jadi, kestabilan harga lovebird produk Music BF ikut dipengaruhi oleh jejak rekam Om Tony selama ini, baik sebagai pemain lomba maupun ikut membantu even-even di Jabodebatek. Dengan kata lain, jejaring yang luas sangat mempengaruhi kestabilan harga, selain faktor menjaga kualitas produk itu sendiri.

Om Tony Music
Om Tony Music memantau anakan lovebird prospek hasil ternakannya.

Anakan lovebird hasil ternakan Om Tony Music terbilang laris manis dan banyak diminati kalangan pemain. Produknya memang terbatas, karena dia lebih menekankan kualitas.

Berbeda dari sebagian besar breeder lovebird yang mengandalkan hand feeding untuk membesarkan anakan, Om Tony justru membiarkan anakan diasuh sendiri oleh induknya. Konon, kualitas anakan lebih bagus.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sejak memulai penangkaran lovebird lima tahun lalu, Om Tony hingga saat ini “hanya” mempunyai 25 pasang induk produktif. “Saya sengaja membatasi jumlah pasangan induk, agar penanganannya lebih maksimal. Semua induk pernah menjuarai lomba,” jelasnya.

Breeding lovebird Music BF Jakarta
Pasangan induk siap produksi di kandang Music BF Jakarta.

Sebagai peternak sekaligus pemain, Om Tony faham betul bagaimana kualitas seekor lovebird hasil ternakan bisa moncer di lapangan. Proses perkembangan anakan hingga dewasa diamatinya secara cermat. Bahkan pakan pun dia racik sendiri.

Om Tony Music
Om Tony meracik sendiri pakan untuk lovebird.

Setelah menetas, anakan dibiarkan dalam asuhan induknya. Kalau peternak lain biasanya memanen anakan saat berumur 1 minggu, Om Tony membiarkan anakan tetap dirawat induknya hingga umur 45 hari, atau sekitar 1,5 bulan. “Jadi, saya nggak perlu repot melolohnya,” ujarnya tersenyum.

Setelah berumur 45 hari, anakan ditempatkan dalam kandang koloni sampai umur 2-3 bulan. Tetapi sejak umur dua bulan, anakan-anakan lovebird menjalani proses pemasteran bersama, dipandu oleh lovebird yang memiliki suara ngekek panjang.

Breeding lovebird Music BF Jakarta
Lovebird muda di kandang koloni / umbaran.

 

Tips pemasteran anakan lovebird ala Om Tony Music

Sebelum masuk ke masalah pemasteran, Om Tony Music mencoba menjelaskan perbedaan kualitas antara anakan lovebird yang diasuh induknya dan anakan yang dirawat melalui hand feeding.

Breeding lovebird Music BF Jakarta
Om Tony Music: Warna standar dan eksotik tetap ngekek panjang.

Kalau dirawat induknya, anakan memiliki tubuh yang lebih kencang dan langsing. Pertumbuhannya juga lebih bagus, dan lebih sehat.

“Setelah besar, kualitas suaranya juga relatif lebih keras dan kasar. Burung juga lebih cepat meniru suara ngekek panjang induknya. Berbeda jika diloloh pemiliknya. Sampai besar, lovebird justru jadi punya kebiasaan lebih doyan makan. Artinya, lebih cepat birahi ketimbang rajin bunyi,” jelas Om Tony Music.

Meski apa yang diucapkanya masih bersifat debatable, Om Tony sudah membuktikannya melalui beberapa lovebird hasil ternakan Music BF. Misalnya Golden Music dan Super Music yang saat ini sudah berkali-kali moncer di lapangan.

Lovebird Super Music
Super Music, “guru vokal” bagi anakan lovebird di Music BF.

Keduanya lovebird jenis spangle ini sudah meraih puluhan gelar juara. Sekarang Golden Music dan Super Music juga dijadikan burung master untuk anakan-anakan lovebird di penangkarannya.

“Apabila sudah berumur dua bulan, anakan lovebird diangkat dari kandang umbaran dan langsung ditempel burung master yang bersuara ngekek panjang. Jika rajin ditempel dan dimaster lovebird yang memiliki ngekek panjang, kelak anakan lovebird akan mengikutinya,” jelas Om Tony, ketika ditemui Om Kicau di penangkarannya, Ruko No 8E Jl Raya Ragunan (samping Bank BNI), Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Nah, berikut ini video pemasteran anakan lovebird di Music BF, dengan guru vokal lovebird Super Music:

( download video )

Pemasteran dilakukan sampai anakan lovebird tumbuh remaja. Pada umur 4-5 bulan, lovebird muda dipindah ke sangkar harian, dan dirawat sebagaimana lovebird lomba pada umumnya.

Lovebird Golden Music
Lovebird Golden Music juga menjadi “guru vokal”.

Om Tony menjual lovebird jika sudah berumur 4-5 bulan. Harganya relatif terjangkau, meski sudah dimaster dengan indukan lovebird ngekek panjang.

Untuk lovebird warna standar, harga dibanderol mulai Rp 550.000. Adapun lovebird warna eksotik, dengan ngekek panjang pula, harga dibanderol mulai Rp 1,5 juta.

Mengingat stok yang terbatas, Om Tony belum bisa memenuhi permintaan konsumen dari luar kota maupun luar Jawa. Jika berminat, langsung pantau saja ke kandang penangkarannya, sehingga lebih puas dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.