Danjen Kopassus Cup: Kacer Adipati hattrick, lovebird Opium dan Rita Ora nyeri  

Lomba burung berkicau Danjen Kopassus Cup 2015 yang digelar di Ksatrian Grup 2 Kopassus, Kandang Menjangan Kartasura, Minggu (26/4), berlangsung tertib dan meriah. Dalam even ini, kacer Adipati milik Mr Deko Samarinda mencetak kemenangan hattrick. Tiga burung nyeri juara 1, yaitu lovebird Opium dan Rita Ora, serta cucak hijau The One.

Dangrup-2 Kopassus yang sekaligus ketua umum panitia, Kol Inf Richard Th Tampubolon, membuka even dengan melakukan pelepasan 63 ekor burung.

Pelepasan burung ini merupakan simbol kepedulian Kopasssus terhadap pelestarian lingkungan hidup, khususnya burung. Adapun 63 ekor burung merepresentasikan HUT Ke-63 Kopassus.

Pembukaan Danjen Kopassus Cup 2015
Dangrup 2 Kopassus, Kol Inf Richard Th Tampubolon (3 dari kiri) melepas 63 ekor burung.

Sejak sesi pertama sampai terakhir, lomba berjalan sangat rapi, tertib, dan benar-benar sunyi. Tidak ada lagi budaya saling tunggu saat menggantang burung. Alhasil, lomba pun bisa selesai tepat waktu, sekitar pukul 16.00.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ketua Pelaksana, Letkol Inf Taufan Widiantoro yang juga Danyon 22 Grup-2 Kopassus, merasa lega serta bersyukur dengan kesuksesan lomba burung berkicau ini.

Lomba burung berkicau Danjen Kopassus Cup 2015
Penonton tertib sejak awal hingga sesi terakhir.

“Bisa dikatakan ini even perdana. Secara umum para peserta mengakui lomba berlangsung sangat rapi, kondusif, dan nyaman. Benar-benar tidak ada teriakan maupun bunyi-bunyian lainnya, sehingga suara burung benar-benar bisa dinikmati,” ujar Bang Taufan, panggilan akrabnya.

Lomba burung berkicau Danjen Kopassus Cup 2015
Tidak ada lagi saling tunggu saat menggantang burung.

Sejumlah tamu undangan dan tokoh kicaumania hadir di sini. Dari Blok Timur antara lain Tatuk Graha (ketua Jatim Raya Team), Cahyo Matrik, Pendik Lontong, H Aan, Alfian, Sinyo Blitar, Budi Aserehe, Cinyo Honda, kru Ming Basket Surabaya, kru Bambang Honda Bojonegoro, dan kru Hadi CNI. Dari Blok Barat terlihat Yogi Naga Hitam dan Andre 23 Cirebon.

Dari Blok Tengah antara lain Mr Andy Donk Jogja, Sapta TKKM, Teguh Wahyudi Argomulyo, Yudi Aksi, Benny LWS, Andi GBU, M Adrian Sukoharjo, H Mansyur, Sean Pemalang, Robert Buldozer, Vicho RB, Komo Dhika BF, Selaksa Jagad, dan Gandang Bogem. Bahkan Mr Deko dari Samarinda datang langsung ke Kandang Menjangan.

Kacer Adipati menjadi bintang lapangan

Bintang lapangan dalam even kali ini adalah kacer Adipati. Jagoan andalan Mr Deko Samarinda, yang kali ini memperkuat Kambing Hitam BC, memborong semua kelas kacer: Dangrup, Danyon, dan Danki.

Kacer Adipati
Kacer Adipati menjuarai semua (3) kelas yang dilombakan.

“Lumayan,” kata Om Deko. “Pekan depan (3/5) kembali bertarung di Balikpapan, kemudian balik lagi ke Jawa mengikuti even Surabaya Cup (10/5),” tambahnya.

Penampilan kacer Adipati memang sangat menonjol. Sejak awal digantang langsung nancep, dengan gaya khasnya: mendongak ke atas, dan tetap anteng di satu titik pangkringan.

Mr Deko Samarinda
Mr Deko (2 dari kiri) siap turunkan Adipati di Balikpapan (3/5) dan Surabaya Cup (10/5).

Padahal lawan-lawan yang dihadapi cukup berat seperti Mandau Dayak, Predator, Yaris, Dewa Serayu, Marabunta, dan Martaon.

Sama seperti kacer, cucak hijau juga dibuka tiga kelas. Dua kelas dijuarai cucak hijau The One milik Mr Alfian Malang yang memperkuat Naga Hitam BC.

The One hampir saja meraih hattrick. Sayangnya, di Kelas Danyon, burung ini harus mengakui keunggulan jagoan tuan rumah, cucak hijau Crystal milik Antok Palur. The One berada di posisi kedua.

Tiga kelas murai batu berjalan relatif merata. Kelas utama Danjen dimenangi murai batu Nogososro milik Mr Tatuk Surabaya (Kambing Hitam BC). Juara 2 dan 3 ditempati Rossi milik Mr Gendon Jogja dan Apollo milik H Fitri BKS Samarinda.

Gaco lawas Super Bedjo tetap stabil di jalur juara. Murai andalan Mr Ming Basket Surabaya ini menjuarai Kelas Dangrup. Murai batu Rossi kembali berada di urutan kedua, setingkat di atas Gulthor kepunyaan Cahyo Matrix (Arematrix).

Rossi akhirnya meraih juara pertama. Tampil di Kelas Danyon, Rossi sukses melakukan revans terhadap Super Bedjo yang harus puas menjadi juara kedua. Murai batu Batistuta milik Bing (Rembang) meraih juara ketiga.

Mr Gendon dan murai batu Rossi
Mr Gendon: Murai batu Rossi juara 1, 2, 2.

Pertarungan di kelas kenari juga seru. Lembah Manah milik Teguh  Wahyudi yang sebelumnya juara 1 di Danbrig Kostrad (12/4), kembali menjadi yang terbaik di Kelas Danyon.

Kelas Danki dimenangi kenari Oscar milik Wahyu 8055. Kenari Mahadewa milik Yogi Naga Hitam dua kali duduk di posisi runner up. Tetapi gaconya yang lain, kenari Mahkota, meraih juara 1 di Kelas Kalitan.

Om Wahyu 8055 Semarang
Om Wahyu 8055 (kiri) bersama kenari Oscar.

Anis merah Raja Lenong milik H Mansyur menjuarai Kelas Danyon. Kelas Danki dimenangi The Leax milik Dino Lestari dari Baturetno Wonogiri.

Cucak jenggot Ratu Jagad milik Mr Yayang (Pangkalanbun) yang diturunkan Jikano masih tak tertandingi. Burung yang terus berprestasi sejak 2011 ini unggul atas Pemburu milik Mr Andy Donk.

Lovebird Opium dan Rita Ora sama-sama nyeri

Lovebird yang menjadi primadona lomba di kawasan Solo Raya dibuka hingga 8 kelas. Sejumlah lovebird jawara nasional hadir di sini, misalnya lovebird Opium milik Ferry Yong dari Kurnia BF Banjarnegara dan Matso milik Hadi CNI (Surabaya).

Lovebird Opium
Lovebird Opium meraih double winner dalam.

Gaco-gaco langganan juara di Blok Tengah juga tampil di Kandang Menjangan, seperti lovebird Rita Ora milik M Adrian (Sukoharjo), DJ Krisna milik Nanang Kris (Luwes BC), Sabrina milik Putra Madun Boyolali, dan lain-lain.

Opium dan Rita Ora sama-sama nyeri juara 1. Lovebird Opium menjuarai Kelas Dangrup B dan Danki C, sedangkan Rita Ora terbaik di Kelas Danyon A dan B.

Kru Kurnia BF Banjarnegara
Kru Kurnia BF siap turunkan LB Opium di Surabaya Cup (10/3).

Kelas paling bergengsi, Danjen, dijuarai lovebird Matso milik Hadi CNI yang memperkuat Kambing Hitam BC. Burung yang dikawal Om Ambon ini juga meraih juara 2 Kelas Dangrup B, di bawah Opium.

Lovebird Matso
Lovebird Matso juara kelas paling bergengsi.

Luwes BC sukses menjuarai dua kelas lovebird, masing-masing melalui aksi cantik DJ Krisna milik Nanang Kris (juara 1 Danki B) dan Supernova milik Eko LMS (juara 1 Danki A). Putra Madun SF Boyolali kebagian gelar juara 1, melalui lovebird Sabrina.

Nanang Kris
Nanang Kris (kanan): Lovebird DJ Krisna juara 1 Kelas Danki B.
Putra Madun SF Boyolali
Putra Madun SF Boyolali moncer bersama lovebird Sabrina.

Setelah menyelesaikan seluruh kelas, panitia menghitung akumulasi poin untuk penentuan juara umum bird club (BC) dan single fighter (SF). Hasilnya, Kambing Hitam BC pimpinan H Sapta TKKM meraih poin terbanyak dan dinobatkan sebagai juara umum SF, unggul atas Naga Hitam BC pimpinan Om Yogi.

Kambing Hitam juara umum BC
Kambing Hitam juara umum BC.

Juara umum SF diraih H Fitri BKS yang  diwakili Mr Dicko, Angga Ndut, dan kawan-kawan. Pada hari yang sama, Kambing Hitam juga menjadi juara umum BC dalam even Taman Radja Cup III di Jakarta. Uniknya, Fitri BKS pun menjadi juara umum SF dalam even akbar Asia Afrika Cup di Bandung, Minggu (26/4).

Mr Dicko Jogja
Om Dicko (kaos hitam) mewakili Fitri BKS menerima trofi juara umum BC.

“Terimakasih atas dukungan rekan-rekan sehingga Kambing Hitam BC bisa meraih poin maksimal. Pekan lalu kami juga juara umum di Malang dan Tangerang. Kami juga mengundang kicuamania agar datang di even kami, Perang Bintang TKKM Jogja, Minggu 3 Mei mendatang,” ujar Om Sapta TKKM.

Meski gagal merebut juara umum, Om Yogi Naga Hitam tetap bangga dengan semangat rekan-rekannya. “Ya, sejak awal niat kita ke sini kan ingin menjalin silaturahmi, baik dengan sesama anggota Naga Hitam, maupun kicaumania lainnya. Kami juga puas, karena sebagian jagoan kami tampil cukup apik,” kata Om Yogi.

Naga Hitam BC
Naga Hitam BC moncer di sejumlah kelas.

Dia juga menyampaikan selamat dan terimakasih kepada panitia yang sukses menggelar even ini secara tertib. “Selamat kepada para juara. Insya Allah kami siap turun ke Balikpapan Minggu (3/5) mendatang, dan berlanjut ke Surabaya Cup (10/5),” ujar Om Yogi.

Komentar sejumlah peserta

Mr Aritonang dari Selaksa Jagad, yang biasanya kritis terhadap lomba, mengakui even ini sangat bagus. “Meski burung-burung saya tidak ada yang juara, saya sangat senang dengan suasana lomba seperti ini. Sangat tertib dan nyaman. Petugas keamanan pun santai dan ramah. Lokasi lomba memang membawa suasana ya,” ujarnya.

Pendapat senada diungkapkan Mr Deko. “Wah, ini baru lomba. Ini even terbaik yang pernah saya ikuti. Lomba tertib sudah ada beberapa, tetapi ini paling oke. Semoga bisa terjaga sampai selesai,” tutur Om Deko, yang ditemui Om Kicau sebelum kelas kacer dimulai.

Ketua Pelaksana Lomba, Bang Taufan
Ketua Pelaksana Lomba, Bang Taufan (2 dari kiri), diapit Mr Badu (kiri) dan Mr Mahendra (paling kanan)

Kegembiraan dan kelegaan juga tampak dari wajah Ibadurohman dan Mahendra, dua orang yang sejak awal mengawal even ini.

“Kami gembira karena even sudah selesai. Secara umum banyak yang memberi acungan jempol. Sebagai manusia biasa, tentu tak ada gading yang tak retak. Jika masih ada kekurangan di sana-sini, kami atas nama semua kru panitia mohon maaf,” kata Mr Badu, begitu panggilan akrab Om Ibadurohman.

“Terimaksih tak terhingga kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan luar biasa. Insya Allah, untuk even tahun berikutnya, kami akan mempersiapkan lebih awal agar hasilnya makin lebih baik lagi,” tambah Mr Badu. (Waca)

Ambon dan lovebird Matso
Om Ambon (berdiri, kiri) sukses mengawal lovebird Matso.
Om Benny LWS
Om Benny LWS: LB Dahlia juara kedua.
Om Komo Boyolali
Om Komo (kiri), Duta Boyolali Cup I
Dangrup 2 Kopassus
Dangrup 2 Kopassus menyampaikan sambutan pembukaan.
Lomba burung Danjen Kopassus Cup
Dangrup 2 Kopassus bersama tamu undangan mengucapkan salam komando.

Hasil Lomba Danjen Kopassus Cup 2015, Kartasura (Minggu, 26 April 2015)

KELAS KACER | CUCAK HIJAU | LOVEBIRD | MURAI BATU | KENARI | KELAS LAIN

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.