Kemeriahan lomba burung di Malinau: Sumber cucak hijau, murai borneo, dan kacer

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Cucak hijau Mr Koder besutan Om Yoyok menjadi burung terbaik di kelasnya dalam even Latpres ISBC Ceria di Terminal Malinau Kota, Kalimantan Utara, Minggu (3/5). Dalam even ini, cucak hijau Mr Koder meraih double winner.

Latpres ISBC Ceria di Malinau Kota
Kemeriahan Latpres ISBC Ceria di Terminal Malinau Kota, Minggu (3/5).

ISBC merupakan singkatan dari Intimung Star Bird Club, sebuah klub burung kondang di Malinau. Setiap pekan, yaitu pada hari Minggu, ISBC rutin menggelar latihan.

“Kalau latpres kita gelar satu atau dua kali dalam sebulan. Khusus latpres, kita sudah puluhan kali menggelarnya,” kata Om Yudi LA, sesepuh ISBC yang juga dikenal sebagai juri Setia dalam even latihan maupun lomba.

Om Yudi dan Om Lan Gambir, pengurus ISBC
Om Yudi (kanan ) dan Om Lan Gambir (kiri), pengurus ISBC dan juri Setia.

Malinau Kota merupakan wilayah kecamatan dan sekaligus menjadi ibu kota Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Pemerintah pusat telah menetapkan Kabupaten Malinau sebagai salah satu Kabupaten Konservasi di Indonesia, karena memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

“Meski tinggal di daerah terpencil, kami ingin juga menggelar even yang bisa dihadiri peserta dari luar daerah. Kalau perlu even nasional agar teman-teman kicaumania dari Jawa bisa berkunjung ke Malinau, melihat-lihat seperti apa sih daerah perbatasan (dengan Malaysia) itu,” tambah Om Yudi LA.

Menurut Om Yudi, Malinau menjadi salah satu habitat cucak hijau asli Kalimantan, dengan tipikal mirip cucak hijau dari Kalimantan Timur seperti Berau dan Tarakan. Tidak heran jika kelas cucak hijau di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur selalu ramai, tak kalah dari kelas murai borneo dan kacer.

Panitia ISBC Ceria, Malinau Kota.
Panitia ISBC Ceria, Malinau Kota.

Dalam Latpres ISBC Ceria, Minggu (3/5) kemarin, cucak hijau Mr Koder tampil menawan. Dua dari empat kelas yang dilombakan berhasil dimenanginya, termasuk kelas utama Intimung. Mr Koder pun dinobatkan sebagai cucak hijau terbaik.

Gelar murai borneo terbaik diraih Raja Nada milik Om Dahlan. Sama seperti Mr Koder, Raja Nada juga berhasil menjuarai dua dari empat kelas murai borneo yang dibuka.

Adapun Roda Star menjadi burung terbaik di kelas kacer. “Persaingan empat kelas kacer sangat ramai, sehingga tak ada burung yang bisa menjuarai lebih dari satu kelas,” jelas Om Yudi.

Sebagaimana gelaran di Kaltim, kelas murai borneo, cucak hijau, dan kacer di Kaltara (Kalimantan Utara) juga selalu ramai peserta. Persaingan pun selalu ketat, lantaran banyak burung prospek di wilayah ini.

“Kebetulan Malinau termasuk sumber ketiga jenis burung kicauan tersebut. Terkadang populasi cucak hijau sangat berlimpah di hutan rimba Malinau yang luasnya mencapai satu juta hektare lebih,” jelas Om Yudi lagi.

Selain ketiga jenis burung popular tersebut, ISBC Ceria juga membuka kelas lovebird, serindit, kenari, dan cucak jenggot, masing-masing dua kelas.

ISBC Ceria Malinau Kota
ISBC Ceria rutin gelar latber setiap Minggu, dan 1-2 kali latpres tiap bulan.

Om Yudi LA mewakili seluruh kru panitia dan juri mengucapkan terimakasih atas partisipasi serta dukungan sobat kicaumania yang telah menghadiri even ini. “Mohon maaf pula kalau di sana-sini masih ada kekurangannya,” tandasnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.