Unik, burung ini akan meniru suara elang untuk mengelabui predator

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Alam memang menyimpan beragam misteri dan keunikan tersendiri. Misalnya bagaimana kehebatan piyik / anakan burung cinereous mourner yang menyamar jadi ulat bulu beracun. Penelitian terbaru berhasil mengungkap perilaku unik burung brown thornbill dalam melindungi sarangnya.  Mereka akan meniru suara elang untuk mengelabui predator.

Brown thornbill
Burung brown thornbill (Acanthiza pusilla)

Penelitian ini dilakukan para ilmuwan dari University of Cambridge dan Australian National University (ANU), dan telah diterbitkan dalam jurnal Proceeding of the Royal Socety B, Rabu(3/6) kemarin.

Dalam penelitian terungkap bahwa burung brown thornbill (Acanthiza pusilla) akan meniru suara / teriakan elang jenis brown goshawk untuk menakuti predator yang mengancam sarangnya. Brown goshawk termasuk jenis burung pemangsa berukuran besar yang paling ditakuti hampir semua jenis burung.

Salah satu jenis burung yang sering memangsa anakan brown thornbill adalah curawong (Strepera graculina). Tapi curawong juga sering dimangsa goshawk. Karena itu, untuk menyelamatkan dirinya dari ancaman curawong serta predator lainnya, brown thornbill akan berteriak seperti teriakan elang goshawk. Alhasil, burung-burung yang ingin memangsanya pun ketakutan dan segera menjauhi sarang tersebut.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Ini menunjukkan bahwa brown thornbill sebenarnya telah mengetahui perilaku burung curawong, lantas merekam suara teriakan elang ke dalam memorinya, dan berlatih menirunya. Ketika terancam, brown thornbill akan meniru suara elang tersebut, sehingga burung lain yang ketakutan.

Pied curawong
Pied curawong, salah satu burung yang kerap memangsa anakan brown thornbill.

Pengin tahu bagaimana suara burung brown thornbill dalam meniru teriakan elang goshawk? Simak audio berikut ini (klik di sini untuk mengunduhnya):

Para peneliti mempelajari perilaku antara brown thornbill dan curawong di sekitar Kebun Raya Nasional Australia di Canberra. Mereka merancang serangkaian percobaan dengan menempatkan boneka berbentuk burung curawong di dekat sarang thornbill, disertai eksperimen bagaimana curawong menanggapi suara thornbill. Mereka menemukan bahwa thornbill akan meniru suara teriakan elang ketika sarangnya terancam, untuk mengalihkan perhatian burung curawong.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.