Tips Om Benny LWS memoles lovebird umur 3 bulan agar fight di lapangan

Iklan gratis jual beli burung di sini

Tips memoles lovebird umur 3 bulan agar fight di lapangan

Om Benny LWS
Om Benny LWS memiliki 40 pasangan induk lovebird trah juara.

Selama ini Om Benny LWS lebih sering merawat sendiri lovebird-lovebird koleksinya, baik yang telah berprestasi maupun masih dalam tahap pemolesan. Sebagian besar lovebirdnya yang juara adalah hasil ternaknya sendiri (LWS BF), dan sebagian kecil lainnya hasil hunting dari sesama pemain.

“Merawat lovebird itu ada seni dan feeling tersendiri. Meski perawatan sama, hasilnya belum tentu sama,” ujar Om Benny yang tak pernah pelit berbagi ilmu seputar perawatan dan memoles lovebird.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Untuk kalangan peternak / breeder lovebird, terlebih jika ingin mencetak anakan kualitas lomba, dia menyarankan agar selalu memiliki data penangkaran atau dalam istilah peternakan disebut data recording.

Voer jangkrik luar biasa

Data ini mencakup catatan komplet, seperti kode induk jantan, kode induk betina, kode kandang di manan anakan menetas, tanggal menetas, warna dan nomor ring, dan sebagainya. Apabila induknya pernah berprestasi, bisa disebutkan juga catatan prestasinya selama ini.

akta lahir anakan lovebird Luwes BF
Contoh akta lahir anakan lovebird produk LWS BF.

Data recording akan memudahkan peternak untuk pengembangan usahanya atau kalau ada pembeli yang menanyakan umur dan garis keturunan / trah / silsilah. Dengan demikian, pembeli akan merasa terpuaskan.

“Saya selalu menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan yang membeli anakan ring LWS, agar mereka tidak pernah kapok dan selalu ingin membeli dan membeli lagi,” tukas Om Benny.

Karena produk yang dihasilkan adalah lovebird kualitas lomba, maka Om Benny akan memoles dulu lovebird-lovebird muda yang sudah sudah berumur 3 – 3,5 bulan, agar fight di lapangan.

Kalau ada pembeli yang terburu-buru memboyong anakan lovebird sebelum umur 3 bulan, biasanya Om Benny akan memberikan tips sehingga pembeli bisa memolesnya sendiri di rumah, seperti yang dilakukan Om Ervan terhadap lovebird Naomi.

Nah, berikut ini tips Om Benny KWS dalam memoles lovebird umur 3 – 3,5 bulan agar mampu fight di lapangan :

1. Pakan

  • Berikan pakan yang memiliki kadar protein dan karbohidrat yang seimbang. Selama ini, pakan utama yang digunakan Om Benny berupa milet putih.
  • Extra fooding (EF) terdiri atas jagung muda (¼ potong) dan kangkung (1 batang) setiap hari. Pakan ini diberikan sejak anakan berumur 1,5 bulan hingga memasuki usia 3,5 bulan.

2. Mandi

Banyak penggemar lovebird memandikan burungnya menggunakan hand sprayer. Tetapi Om Benny menggunakan metode lain, yaitu memegang langsung anakan lovebird yang akan dimandikan.

  • Anakan lovebird dipegang dalam posisi di bawah kran air yang mengalir lembut. Tubuh burung lalu diusap-usap mulai dari kepala, sayap, hingga ekor (layaknya memandikan burung perkutut) sehingga semua tubuhnya basah.
Ritual memandikan lovebird
Ritual memandikan lovebird ala Om Benny LWS.
  • Metode seperti ini diyakininya dapat memunculkan hubungan batin antara burung dan pemilik atau perawatnya. Hubungan batin yang terbina baik juga menjadi salah satu faktor penentu lovebird bisa nampil di arena lomba.

3. Penjemuran

  • Setelah dimandikan, lovebird dianginkan sebentar, tetapi jangan langsung terkena sinar matahari. Jadi, tunggu dulu sampai kondisi bulunya setengah kering, setelah itu dijemur selama 15-20 menit  (mulai pukul 08.30 hingga 08.50).
  • Lebih afdol lagi jika burung dijemur langsung di atas lantai (bukan digantang). Tetapi pastikan lokasi penjemuran bebas dari gangguan semut, tikus, kucing, ular, dan binatang pengganggu lainnya.
Penjemuran lovebird di atas lantai
Penjemuran lovebird di atas lantai lebih efisien.

Apabila ditelisik lebih lanjut, beberapa pemain lovebird juga kerap menjemur gaconya tidak dengan cara digantang, melainkan dijemur langsung di atas lantai / tanah. Om Sigit WMP juga melakukan hal yang sama terhadap sejumlah lovebird koleksinya, termasuk sang fenomenal lovebird Kusumo.

Penjemuran lovebird Kusumo
Kusumo (tengah) dan lovebird koleksi Om Sigit lainnya dijemur di atas lantai halaman rumah.

4. Pemasteran

  • Setelah dijemur, burung dimasukkan ke ruang pemasteran. Ini biasa dilakukan Om Benny LWS mulai pukul 09.00 hingga 16.00.
  • Diusahakan kondisi ruang pemasteran cukup ramai, artinya ada lalu-lalang atau aktivitas manusia di sekitar ruangan tersebut, agar burung terbiasa dengan suasana yang ramai.
  • Sekitar pukul 16.00, burung dikerodong full dan dibiarkan beristirahat total dalam ruang pemasteran tersebut. Kerodong baru kembali esok hari sekitar pukul 07.30.

Itulah tips Om Benny LWS dalam memoles lovebird muda agar fight di lapangan. Sebelumnya, Om Benny juga pernah memberikan tips menjodohkan lovebird trah panjang (silakan cek di sini).

Saat ini LWS BF memiliki sekitar 40 pasangan induk yang aktif berproduksi, dengan materi trah suara panjang. Jika Anda ingin mendapatkan produk LWS BF atau ingin sharing seputar perawatan dan penangkaran lovebird, kontak saja Om Benny LWS  dengan nomor / alamat di bagian bawah halaman ini. (v1rgoboy)

Om Benny / LWS Bird Farm

Alamat dan kontak lengkap lihat di sini.

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini