Pasar Burung Pramuka terbakar: Sebagian besar kios terselamatkan!

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Pasar Burung Pramuka di Jakarta Timur, Selasa (14/7) sekitar pukul 18.30, terbakar. Api sempat melumat bagian atas beberapa kios. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat hubungan pendek arus listrik.

Saat itu sejumlah warga melihat kobaran api sedang menjalar pada asbes yang merupakan penutup saluran air bagian atas di salah satu kios burung, tepatnya BlokAKS LOO 63-64. Kebetulan di tempat itu berserakan sampah plastik dan seng fiber yang sudah mengering dan mudah terbakar.

kebakaran Pasar Burung Pramuka
Bagian atas kios di PB Pramuka yang terbakar.

Dalam hitungan beberapa menit, api langsung menyambar beberapa kios burung terutama di sekitar blok bawah atau bangunan pasar lama.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Warga dan petugas keamanan pasar berusaha mengatasi api yang kian membesar. Mereka memanfaatkan 12 tabung pemadam ringan.

Sebagian warga mengontak petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur, yang kemudian segara datang ke lokasi dengan mengerahkan lima unit mobil Damkar.

Berkat kesigapan warga, petugas keamanan pasar, dan petugas Damkar, kobaran api bisa dipadamkan sekitar setengah jam kemudian. Sebagian besar kios berhasil diselamatkan.

kebakaran Pasar Burung Pramuka
Petugas Damkar Jakarta Timur bertindak cepat dan cekatan.

“Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan,” kata Om Heru, salah seorang pemilik kios di pasar burung terbesar di Asia Tenggara ini. “Api baru membakar bagian atas atap di kios burung”.

Voer jangkrik luar biasa

Menurut Kasie Ops Damkar Jaktim, Mulyanto, kios yang terbakar itu terletak di Blok B. Beruntung kobaran api cepat diketahui dan dilaporkan ke Damkar. “Apabila tidak cepat dipadamkan, api bisa saja merambat ke seluruh kios burung yang ada di pasar,” ujarnya.

kebakaran Pasar Burung Pramuka
Salah satu kios burung yang terselamatkan dari amukan si jago merah.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Peristiwa kebakaran memang sering terjadi di Jakarta, termasuk dalam musim mudik lebaran tahun ini. (d’one)

Yuk, lebih berhati-hati soal listrik!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

1 Comment

Komentar ditutup.