Apa, siapa, dan bagaimana perawatan lovebird Dewa Mabuk

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kalau Anda amati prestasi lovebird Dewa Mabuk sejak awal Juli 2015, terlihat bahwa burung milik H Aris dari Aa Aa BC ini hampir selalu meraih juara 1 dalam setiap even yang diikutinya. Dewa Mabuk mulai berprestasi sejak berumur 8 bulan, dan sekarang hampir berumur 1 tahun.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Prestasi terbaiknya adalah double winner dalam even nasional Piala Ronggolawe di Jakarta, 9 Agustus lalu. Dalam Road to Gubernur Jabar Cup kemasan Gunung Salak Enterprise di Bogor (30/8), LB Dewa Mabuk juga tampil sebagai juara 1.

Lovebird Dewa Mabuk
Lovebird Dewa Mabuk terus berprestasi dalam 2 bulan terakhir.

Berikut ini beberapa prestasi lovebird Dewa Mabuk andalan H Aris (Aa Aa BC) dalam kurun waktu dua bulan terakhir (Juli-Agustus 2015):

EVENWAKTUJUARA
Hankam Pondok Gede, Bekasi4 Juli 20151, 1, 1
Arcici Bird Contest, Jakarta11 Juli 20151, 1, 1
P2B Pasar Narogong, Bekasi16 Juli 20151
Kicau Vaganza Q-Team, Jakarta19 Juli 20151,1, 1
Ponda Enterprise, Bekasi21 Juli 20151, 2
Arcici Bird Contest, Jakarta8 Agustus 20152
Piala Ronggolawe, Cibubur9 Agustus 20151, 1
Gubernur Jateng Cup, Semarang16 Agustus 20152, 3
Mahoy Bekasi17 Agustus 20151
Taman RadjaTeam, Jakarta22 Agustus 20151, 1, 1
Road to Gubernur Jabar Cup, Bogor30 Agustus 20151, 2

Berbekal segudang prestasinya itu, Om Aris ingin menambah level pengalaman Dewa Mabuk dengan menurunkannya dalam even nasional Piala Raja 2015 di Candi Prambanan Jogja, Minggu (6/9) lusa.

Karena jam terbangnya masih minim, tetapi prestasinya terbilang luar biasa, banyak lovebird mania yang bertanya-tanya dari mana Om Aris bisa mendapatkan gaco muda yang hebat seperti itu.

“Dewa Mabuk merupakan hasil ternak sendiri,” kata Om Aris, pemilik Aa Aa Bird Farm (BF) yang bermarkas di Jalan Pangkalan Jati 4 No 65 A, Jatiwaringin, Kecamatan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

H Aris bersama lovebird Dewa Mabuk
H Aris bersama lovebird Dewa Mabuk hasil ternak sendiri.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sejak ditampilkan di arena lomba pada umur 8 bulan, LB Dewa Mabuk langsung berprestasi. Burung ini memiliki ngekek khas yang unik. Sekali narik berdurasi sekitar 30 detik, kemudian berhenti beberapa detik, dan ngekek lagi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ini diulanginya kontinyu hingga menit terakhir penilaian. Dengan kinerja yang rajin bunyi dan durasi ngekek yang cukup panjang inilah, juri-juri kerap mengganjarnya sebagai juara 1. Bahkan sudah empat kali mencetak hattrick dalam kurun waktu 2 bulan terakhir.

Perawatan harian lovebird Dewa Mabuk

Tidak sebagaimana lazimnya lovebird, Dewa Mabuk sehari-hari ditempatkan di ruangan khusus. Ia sama sekali tidak dijemur, tetapi cukup menggunakan lampu penerang khusus yang dipesan sang pemilik.

Burung ditempatkan berduaan bersama seekor lovebird lainnya yang sama-sama berwarna hijau standar. Menurut Om Aris, itu merupakan kakak kandung Dewa Mabuk.

Lovebird Dewa Mabuk
Sehari-hari LB Dewa Mabuk ditempel kakaknya.

Sehari-hari, kedua burung menempati ruangan itu tanpa dikerodong, kecuali malam hari saat istirahat total. “Burung hanya direndeng berduaan dalam ruangan. Jadi, setiap hari Dewa Mabuk dicas bersama kakaknya, berdua saja dalam satu ruangan,” jelas Om Aris.

Adapun mandi tetap dilakukan setiap hari. Beres mandi dianginkan, kemudian kembali ditempatkan di ruangan khusus. Pakan harian hanya berupa millet putih, ditemani air biasa untuk minumnya.

Extra fooding (EF) hanya diberikan saat burung dilombakan, dan sudah berada di lapangan. Sebelum dan sesudah digantang, LB Dewa Mabuk diberi jagung.

Dengan perawatan seperti itulah, Dewa Mabuk terus mengukir prestasinya. Kita tunggu saja bagaimana aksinya di Piala Raja, berlaga menghadapi sejumlah lovebird hebat lainnya seperti Kusumo, Jibaku, Opium, dan lain-lain. (d’one)

Lovebird Dewa Mabuk
LB Dewa Mabuk bersama sebagian trofi kemenangannya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.