Lelah perjalanan darat, MB Happy Birthday tetap juara di Gubernur Jabar Cup

Kabut asap yang menyelimuti Jambi, dan sejumlah daerah lainnya di Sumatera, memang mengganggu jadwal penerbangan. Tak hanya manusia saja yang menjadi korban, burung-burung pun ikut terkena getahnya. Murai batu Happy Birthday milik Om Akia, misalnya, terpaksa menempuh perjalanan darat dari Jambi ke Bogor untuk mengikuti even Gubernur Jabar Cup II, Minggu (13/9) lalu.

Dalam dua pekan terakhir, Bandara Sultan Thaha diselimuti kabut asap. Jarak pandang hanya beberapa meter, sehingga hampir semua jadwal penerbangan dibatalkan. Om Akia pun tak punya pilihan lain untuk membawa Happy Birthday (HBD), kecuali menggunakan mobil.

“Hingga Sabtu (12/9) lalu, sudah sepuluh hari tidak ada penerbangan dari Bandara Sultan Thaha. Terpaksa saya dan rombongan berangkat ke Bogor melalui jalan darat,” kata Om Akia.

Om Akia bersama HBD
Om Akia bersama Happy Birthday (HBD), murai batu kesayangannya.

Setiba di Bogor, HBD memang terlihat agak kelelahan. Meski demikian, mental dan karakternya tetap istimewa sehingga masih bisa berprestasi dalam even akbar Gubernur Jabar Cup II tersebut.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Dalam lomba ini, Om Akia menurunkan HBD pada empat dari lima kelas murai batu. Hanya Kelas MB Ring yang tidak diikutinya.

Sesi pertama, Kelas Dispenda, langsung dimenangi HBD. Jagoan ini mengungguli The Kill milik Den Agus (Garut) yang berada di posisi kedua. Sarno, gaco milik H Fitri BKS, berada di posisi keempat, sedangkan Hummer milik Om Herry TSI (Aha Team) di urutan keenam.

Sesi kedua merupakan kelas bergengsi Gubernur yang berhadiah Rp 25 juta bagi juara pertama. Efek kelelahan mulai terasa. Kali ini HBD harus puas di urutan ketiga, di bawah Pelor Mas milik Fitri BKS dan Executor besutan Om Purnama dari Tigerlong Team Bandung.

Prestasi ini kembali terulang di sesi ketiga, PSDA, di mana HBD berada di peringkat ketiga. Kelas ini dimenangi murai batu Hummer yang langganan juara di Blok Barat.

Sesi terakhir, Kelas BPHLD, berlangsung ketika hari sudah gelap. Namun HBD masih menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu murai batu terbaik nasional sejak tahun 2012. Kelas ini dimenangi murai batu Kitaro orbitan Om Darwin Delta / Reza Unan (Pelopor SF Lampung). HBD menjadi runner-up, disusul Leopard milik Om Teguh Walet.

Murai batu Happy Birthday (HBD)
Murai batu Happy Birthday (HBD) juara 1, 2, 3, dan 3.

Secara keseluruhan, HBD selalu moncer pada empat kelas yang diikutinya, dengan hasil juara 1, 2, 3, dan 3. Hal ini membuat Om Akia merasa puas dan bangga. Apalagi jika mengingat perjuangan beratnya selama 1,5 tahun untuk mengembalikan performa HBD yang sempat drop cukup lama.

( lihat juga Video murai batu Happy Birthday )

Pada hari yang sama, gaco pelapis HBD yaitu murai batu Ucil juga meraih prestasi fantastik dengan mencetak quattrick alias empat kali juara 1 dalam even Kades Cup I di Jalan Lintas Timur, Desa / Dusun Mudo, Merlung, Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Om Akia berencana menurunkan kembali Happy Birthday dalam beberapa even besar di Pulau Jawa, terutama Jaya Lestari Cup di Jakarta, 25 Oktober mendatang. (Kelana Lana)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.