Mengatasi lovebird yang telat ngekek di lapangan

Pernah mengalami lovebird yang telat ngekek di lapangan? Banyak pemain lovebird yang pernah mengalami hal tersebut, termasuk sang maestro lovebird  H Sigit WMP (Klaten). Beberapa lovebird jawara koleksinya, seperti Kusumo, Kusumo Jr, Kujang, Buono, Mayang (Banser), dan Andini (Ontohod) pun pernah mengalami masalah yang sama.

Suasana kelas lovebird dalam Latpres HSBC
Pada sesi awal, beberapa lovebird seringkali telat ngekek saat digantang.

Telat ngekek di lapangan biasanya terjadi pada sesi awal, mungkin karena belum panas. Begitu digantang, lovebird tak langsung mau bunyi. Berbeda pada sesi-sesi berikutnya, burung biasanya langsung ngekek begitu digantang.

Untuk mengatasi lovebird yang telat ngekek di lapangan, Om Sigit WMP memiliki tips tersendiri dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang pernah atau kelak bakal menghadapi problem serupa.

sigit wmp
H Sigit WMP Klaten

Awalnya, sehari sebelum lomba (H-1), lovebird tidak perlu dijemur lagi. Pagi hari cukup diembunkan, lalu disemprot lembut (agak basah) dan dianginkan. Selanjutnya, burung disimpan dalam ruang yang tenang, dijauhkan dari lovebird yang lainnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Apakah saat disimpan dalam ruangan yang tenang burung harus dikerodong? Tergantung kebiasaan pemilik / perawat terhadap lovebirdnya. “Saya sih biasanya tidak mengerodong burung pada siang hari,” kata Om Sigit, seperti diceritakan dalam website sigitwmp.com.

Pada hari lomba, sebelum berangkat ke lapangan, burung diembunkan, kemudian disemprot halus / lembut, dan dikerodong. Selanjutnya, sangkar diletakkan pada tempat yang sejuk, sampai dibawa ke arena lomba.

“Jika berangkat pagi-pagi buta, kita cukup membersihkan sangkar, mengecek pakan dan air minum, kemudian dikerodong dan berangkat ke arena lomba,” jelas Om Sigit.

Kalau sudah tiba di arena lomba, pilihlah salah satu lokasi yang tenang. Biarkan lovebird ngekek dulu. Jika burung sudah ngekek, barulah kerodongnya dibuka.

Selanjutnya, burung digantang di mana saja, atau bisa juga di gantangan biar ngekek sekali – dua kali. Hal ini bertujuan agar burung bisa beradaptasi terhadap suasana atau lokasi perlombaan.

Apabila lovebird terlihat mompa atau ngetik (kondisi kenceng diperhatikan), Anda bisa menyemprot dadanya secara lembut, sekali atau dua kali, kemudian langsung dikerodong.

LB Kusumo mau nampil malam hari
LB Kusumo disimpan di dalam rumah dan tak pernah dikerodong pada siang hari.

Kira-kira dua sesi sebelum digantang, atau sekitar 15-20 menit sebelum digantang, kerodong dibuka untuk mengambil pakan dan air minumnya, sekaligus membersihkan dasar sangkarnya. Setelah itu burung dikerodong lagi, ditaruh di tempat sejuk, sampai dibawa ke arena lomba untuk digantang.

“Usahakan burung jangan ngekek terus ketika berada di paddock, agar staminanya terjaga pada saat lomba dimulai,” tutur Om Sigit.

Mengenai pakan tambahan / extra fooding (EF) yang diberikan, Om Sigit WMP hanya menambahkan jagung muda sejak H-1 hingga Hari H. (OK-1)

Simak tips menarik lainnya dari Om Sigit WMP:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.