Anniversary P2-3B Boyolali: Cucak hijau Raja Bumi, LB Natali, dan kenari Shen Long double winner

Hari itu, area Pasar Ngebong Boyolali dan sekitarnya dipenuhi kicaumania dari berbagai kota. Parkir pun meluber hingga ke pinggir jalan, bahkan sampai halaman rumah warga di Kampung Pulisen dan sekitarnya, yang dipilih sebagian kicaumania karena lebih tenang untuk beristirahat dan merawat burung.

Itulah suasana yang terekam dalam lomba burung berkicau 4th Anniversary P2-3B di Pasar Ngebong Boyolali, Minggu (15/11). Paguyuban Penggemar Burung Berkicau Boyolali (P2-3B) yang digawangi Mr Joko, Om Komo, dan Om Daryanto memiliki gantangan baru yang permanen, dengan atap logam galvalum yang mampu menahan panas.

Sejumlah burung papan atas tampil di sini, tiga di antaranya meraih double winner, yaitu cucak hijau Raja Bumi milik Om Dedek (Aksi Kartasura), lovebird Natali milik M Adrian (Sukoharjo), dan kenari Shen Long andalan Om Haryo (Killa 257).

Cucak hijau Raja Bumi
Cucak hijau Raja Bumi nyeri juara 1.

Cucak hijau Raja Bumi tak terkalahkan pada dua kelas yang dibuka panitia. Pada Kelas VIP, Raja Bumi mengungguli Casper, gaco lawas milik Om Bany SSA (Duta Wali Kota Cup Solo), yang berada di posisi kedua. Juara ketiga cucak hijau Petir XXX milik Sarikawul SF.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kelas Bintang juga dijuarai Raja Bumi. Artis 99, cucak hijau andalan Om Vicho RB (Salatiga), berada di peringkat kedua, disusul Sewu milik Om Bambang (Solo).

Kru Om Dedek bersama cucak hijau Raja Bumi
Kru Om Dedek bersama cucak hijau Raja Bumi.

Panitia membuka tiga kelas kenari, yaitu dua kelas umum dan satu kelas kalitan (kenari kecil). Kenari Shen Long menjuarai dua kelas umum. Di Kelas Bintang, gaco andalan Om Haryo (Killa 257 SF) unggul atas Warriors milik Om David (Salatiga) dan Kaisar besutan Om Anton (Arsi 88 Klaten).

Kelas Sejati juga dimenangi Shen Long. Kali ini, dia mengalahkan kenari Respati milik Om Faiz (MBC PC Salatiga) yang beberapa pekan terakhir ini kerap berprestasi di Blok Tengah. Respati harus puas di urutan kedua, disusul kenari Nouvo milik Om Azhis (Klaten).

Kenari Respati
Kenari Respati, si mungil yang berani tarung di kelas bebas.

Kelas kalitan dimenangi kenari Litlle Boy milik Om Vicho RB, diikuti Respati dan Jhon Lenon milik Om David Tigor (PKK SF Klaten).

Om Vicho RB dan kenari Little Boy
Om Vicho RB bersama kenari Little Boy.

Lima kelas lovebird berlangsung ramai, bahkan banyak jawara turun di sini seperti Natali milik Adrian (Sukoharjo) dan DJ Krisna andalan Om Nanang Kris (Luwes BC). Lovebird Natali sukses menjuarai dua kelas, yaitu VIP dan Bintang B.

Kemenangan itu tidak disaksikan Adrian, kicaumania cilik yang sangat berbakat. “Dia ada kegiatan di sekolahnya,” kata Om Rizal, ayah Adrian, yang mengawal langsung LB Natali.

Om Rizal dan lovebird Natali
Om Rizal (kiri): Lovebird Natali dua kali juara 1.

“Seperti biasanya, kami sekarang lebih sering menurunkan lovebird hasil breeding sendiri, termasuk lovebird Natali yang tampil sangat rajin dan ngekeknya panjang-panjang,” kata Om Rizal.

DJ Krisna juga tampil cemerlang, dengan menjuarai Kelas Sejati A. Kelas Sejati B dimenangi lovebird Putri Soccer milik Om Tono (Solo), sedangkan Lucky Luke milik Om Budi Jaya (Duta Dan Dodiklatpur) terbaik di Kelas Bintang A.

Om Nanang Kris dan LB DJ Krisna
Om Nanang Kris (kanan): LB DJ Krisna stabil di jalur juara.
Lovebird Lucky Luke
Lovebird Lucky Luke terbaik di Kelas Bintang A.

Meski belum berhasil meraih juara pertama, Maz Duwo (Solo Star BC) cukup puas melihat kinerja LB Arimbi orbitannya. “Arimbi baru dicoba setelah beres mabung. Ternyata mau nampil lagi dan meraih  juara ketiga,” kata Om Duwo.

Om Iwan Sanubari, ketua BnR Solo Raya, juga moncer bersama lovebird Donita. Burung ini menjadi juara 2 Kelas Bintang A dan juara 4 Kelas Sejati B.

Om Haryo Killa 257 dan Om Iwan Sanubari
Om Haryo Killa 257 (kiri) dan Om Iwan Sanubari.

Pertarungan seru terjadi di kelas murai batu. Lady Gaga koleksi lawas Babahe Ciki yang mencoba tampil kembali pascamabung langsung menggebrak di sesi pertama (Kelas VIP).

Lady Gaga terbaik di kelas ini, unggul atas MB Maharani milik Om Ari Pom (Pertamak’s Team) dan Mawar Hitam besutan Om Olafanla (Istana SF Boyolali).

MB Lady Gaga
MB Lady Gaga kembali bersinar pascamabung.

Sayangnya, Lady Gaga gagal mencetak double winner. MB Maharani mampu melakukan revans saat menjuarai Kelas Bintang. Lady Gaga juara kedua, sedangkan Samson milik Om Agoes W (Solo) juara ketiga.

Om Ari Pom dan murai batu Maharani
Om Ari Pom (kanan): MB Maharani juara 1 dan 2.

Om Rendra (Mekarsari SF Purwodadi) juga tak sia-sia ngeluruk lumayan jauh. Kacer Tinta koleksinya menjuarai Kelas Bintang. Di Kelas Sejati, Tinta menempati peringkat ketiga di bawah Ababil milik Mr Cip Aksi dan Raja Getar kepunyaan Om Khozin (Jombang). Raja Getar juga runner-up Kelas Bintang.

Om Rendra bersama kacer Tinta
Om Rendra (Mekarsari SF Purwodadi) bersama kacer Tinta.
Kacer Tinta
Kacer Tinta, nagen di satu titik sambil buka ekor.

Sebelumnya, kacer Tinta meraih juara 2 dan 3 dalam Launching BnR Pati, dua kali juara 1 di Kapolres Cup Blora, dan beberapa even lainnya. Kacer Tinta tampil nagen di satu titik sambil nyeklek dan buka ekor. Speednya juga rapat dengan variasi roll-tembak yang panjang. (Waca)

Kru Babahe Ciki dan murai batu Lady Gaga
Kru Babahe Ciki sukses mengawal murai batu Lady Gaga.
Kru Om Faiz dan kenari Respati
Kru Om Faiz (Salatiga) bersama kenari Respati.
Om Budi Jaya dan lovebird Lucky Luke
Om Budi Jaya (kiri) moncer bersama lovebird Lucky Luke.
Mz Duwo bersama lovebird Arimbi
Mz Duwo bersama lovebird Arimbi.
Panitia Anniversary P2-3B Boyolali
Om Joko (berdiri, kanan) bersama panitia Anniversary P2-3B Boyolali.

Hasil Anniversary P2-3B Boyolali (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.