Bupati Tabalong Cup: Cucak hijau Bromo hattrick, tiga burung double winner

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Ratusan kicaumania dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, maupun Kalimantan Selatan tampak antusias mengikuti lomba burung berkicau Bupati Tabalong Cup di Pendopo Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Minggu (6/12). Cucak hijau Bromo menjadi satu-satunya burung yang mencetak kemenangan hattrick.

Suasana lomba burung berkicau Bupati Tabalong Cup
Suasana kelas murai batu dalam even Bupati Tabalong Cup, Minggu (6/12).

Even ini digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-50 Kabupaten Tabalong. Panitia yang digawangi Mr Dicky Angin, bekerjasama dengan Mitra EO pimpinan Om Ahmad Fanany, mengemas kegiatan ini secara apik. Tiket terjual sebanyak 832 lembar.

Lomba berlangsung lancar dan sukses. Hal ini juga didukung oleh kinerja juri-juri PBI dan juri-juri independen di Kalimantan Selatan yang diniali memuaskan, sehingga tidak ada protes atau komplain dari para peserta.

Sebelum lomba dilakukan pembacaan doa agar seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar, tanpa gangguan dan hambatan yang berarti.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Pembacaan doa sebelum lomba
Pembacaan doa sebelum lomba dimulai.

Lomba dibuka oleh Kabag Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Bapak Norzain Akhmad Yani. Om Norzain tampak antusias menyaksikan gelaran ini, dan mendukung penuh even-even serupa di Tabalong.

Panitia membuka lima kelas cucak hijau. Beberapa jagoan tangguh di Kalsel turun di sini, antara lain Malka Mamo milik Om Yovan dan Bromo orbitan Om Hendel Nugraha, keduanya memperkuat Duta Yamaha BC Muara Teweh.

Pembukaan lomba burung Bupati Tabalong Cup
Kabag EkoBang Setda Tabalong, Bapak Norzain Akhmad Yani, menyampaikan sambutannya.

Cucak hijau Bromo tampil paling menawan. Tiga kelas berhasil dimenanginya, termasuk kelas utama Bupati. Bromo mengungguli Malka Mamo dan Roky milik Mr Dwi Sampit (TBM BC Banjarbaru), yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Kelas B Wakil Bupati juga dimenangi Bromo. Kali ini dia mengalahkan cucak hijau Raja Mugal orbitan Om Rahmani (Ampah BC) dan Pasopati kepunyaan Om Angga (Duta Yamaha BC Muara Teweh).

Gelar ketiga diraih cucak hijau Bromo setelah menjuarai Kelas Sekda. Juara 2 dan 3 diraih Gambung milik Om Dicky (Rantau) dan Al Jabar milik Om Hendri (Duta Yamaha BC). Malka Mamo dan Pasopati menempel di posisi 4 dan 5.

Kelas A Wakil Bupati dijuarai cucak hijau Wayang kepunyaan Om Andi (Amuntai BC). Bagong terbaik di Kelas Bersinar, unggul atas Pasopati dan Gambung. Panitia pun menobatkan Bromo sebagai cucak hijau terbaik dalam even ini.

Duta Yamaha BC Muara Teweh
Cucak hijau Bromo hattrick, Duta Yamaha BC Muara Teweh juara tim.

Tiga burung meraih double winner

Selain Bromo, tiga burung juga tampil menawan dengan mencetak double winner. Ketiganya adalah kacer Raja Banjar koleksi ZR SF Banjarmasin, kacer hitam Cobra orbitan H Wahyu (Amuntai BC), dan lovebird Putri Cinderela milik Om Widid dari Duta Yamaha BC Muara Teweh.

Kacer Raja Banjar memenangi Kelas Bupati dan Wakil Bupati. Gaco-gaco tangguh seperti Mario Bros (juga milik ZR SF) dan Hot Wheels andalan H Bahrul (HB SF Tanjung) dikalahkannya di kelas bergengsi Bupati.

Di Kelas Wakil Bupati, Raja Banjar juga nangkring di peringkat pertama, diikuti Hot Wheels dan Mario Bros. Kelas Sekda dan Bersinar masing-masing dijuarai kacer Rencong milik ABY (Emas Hitam SF) dan Mario Bros.

Meski sukses menjuarai dua kelas, Raja Banjar gagal meraih gelar kacer terbaik. Panitia menetapkan Mario Bros sebagai kacer terbaik, lantaran total nilainya paling tinggi. Turun empat kali, Mario Bros meraih juara 1, 2, 2, dan 3. Adapun Raja Banjar meraih juara 1, 1, dan 7.

ZR SF Banjarmasin
ZR SF Banjarmasin juara single fighter, dominasi kelas kacer, murai batu, dan kenari.

Gelar kacer hitam terbaik diraih Cobra. Gaco andalan H Wahyu (Amuntai BC) ini menyapubersih dua kelas yang dilombakan, yaitu Bupati dan Wakil Bupati. Posisi 2 dan 3 pada kedua kelas juga ditempati burung yang sama, yaitu Sinbad milik ZE SF dan Raja Kipas andalan Jambrud SF Kalsel.

Kelas lovebird makin diminati kicaumania di Kalimantan Selatan, bahkan kini menjadi kelas bergengsi selain murai batu, kacer, dan cucak hijau.

Panitia Bupati Tabalong Cup membuka empat kelas, dan hampir semuanya diluberi peserta. Burung-burung yang tampil rata-rata berkualitas. Masing-masing punya kelebihan, terutama saat melakukan tembakan. Para juri pun lumayan kewalahan dalam menilai para kontestan di kelas lovebird.

Bupati Tabalong Cup - kelas lovebird
Kelas lovebird makin bergengsi dan diluberi peserta.

Putri Cinderela besutan Om Widid (Duta Yamaha BC Muara Teweh) tampil sebagai lovebird terbaik, setelah menjuarai Kelas Bupati dan Bersinar, serta juara 3 Kelas Sekda. Kelas Wakil Bupati dimenangi lovebird Eragon milik Om Azis dari TBM BC Banjarbaru. LB Amel koleksi Bayu BF (The Blusukan) juara di Kelas Sekda.

Persaingan ketat kembali tersaji pada kelas murai batu yang dibuka lima sesi. Begitu seru persaingan, tak ada seekor murai yang mampu menjuarai lebih dari satu kelas. MB Ningrat orbitan H Robby (Robi Motor SF Tanjung) terbaik di kelas utama Bupati. Juara 2 dan 3 diraih Moser milik Om Gusti (Adelian SF Tanjung) dan Yama Moto koleksi ZR SF.

Murai batu Moser menjuarai Kelas A Wakil Bupati, unggul atas Yama Moto yang berada di peringkat kedua. Jambrud SF moncer bersama MB Madona yang menjuarai Kelas B Wakil Bupati. Juara 2 diraih murai batu Bintang besutan Om Iwan / Om Agus dari Tabalong BC.

Bintang kemudian memenangi Kelas Sekda, unggul atas Frozen milik Om Amun (Tanjung) dan Moser. Adapun Kelas Bersinar dimenangi Picis Mimang besutan H Iwan / Om Ufik (Amandit BC Kandangan). Yama Moto dan Bintang nangkring di urutan kedua dan ketiga.

Dari lima kelas yang dilombakan, penampilan murai batu Bintang boleh dibilang paling stabil. Burung ini meraih juara 1, 2, 3, dan 4. Tak heran jika panitia menetapkannya sebagai murai batu terbaik.

Para pemilik / pengawal burung terbaik
Para pemilik / pengawal burung terbaik dalam even Bupati Tabalong Cup.

“Alhamdulillah lomba berjalan lancar dan sukses, serta memuaskan para peserta dan penonton yang hadir. Terimakasih atas dukungan teman-teman kicaumania, seluruh kru panitia dan juri, serta pihak-pihak lain yang membantu kesuksesan lomba ini,” kata Om Dicky Angin.

Om Ahmad Fanany selaku ketua Mitra EO menambahkan, kelas cucak hijau, murai batu, dan lovebird selalu ramai dalam berbagai even di Kalsel. Rencananya dia akan mengangkat kenari supaya levelnya bisa ditingkatkan.

Ini akan direalisasikan dalam kontes Larasati Cup di Screen House Banjarmasin, Minggu 20 Desember 2015, dengan ketua pelaksana H Parno. “Dalam lomba itu, kenari kita masukkan ke Kelas Executive. Siapkan gaco-gaco andalan Anda dalam even tersebut,” tandas Om Fanany. (Kontributor: Om Reza Faisal)

Burung Terbaik, serta Juara Umum Tim dan SF

LovebirdPutri CinderelaWidid (Duta Yamaha BC Muara Teweh)
KacerMario BrosZR SF Banjarmasin
Kacer Dada HitamCobraH Wahyu (Amuntai BC)
Murai BatuBintangIwan (Tabalong BC)
Cucak HijauBromoHendel Nugroho (Duta Yamaha BC MTW)
Juara TimDuta Yamaha BC MTW
Juara SFZR SF Banjarmasin

Hasil Lomba Bupati Tabalong Cup (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.