Suara kicauan burung samyong untuk masteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung garugiwa atau lebih dikenal dengan sebutan samyong kini menjadi salah satu jenis burung peliharaan favorit yang paling banyak dicari selama tahun 2015. Suara kicauannya yang lantang dan membahana menjadi daya tarik tersendiri bagi para kicaumania. Burung samyong juga mempunyai keunikan tersendiri.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung samyong yang dijuluki sebagai burung arwah / garugiwa
Samyong kerap dijuluki sebagai burung arwah / garugiwa.

Berdasarkan literatur perburungan, samyong memiliki nama asli burung kancilan flores, atau dalam bahasa Inggris disebut bare-throated whistler (Pachycephala nudigula). Spesies ini merupakan burung endemik atau hanya dapat terdapat di Nusa Tenggara.

Penduduk di sekitar kawasan Taman Nasional Kelimutu menyebutnya sebagai burung garugiwa (burung arwah). Julukan itu diberikan karena samyong kerap muncul di sekitar Danau Kelimutu yang oleh warga setempat dianggap sebagai tempat sakral, yaitu danau tempat berkumpul arwah para leluhur.

Keberadaan burung garugiwa di lokasi itu dipercaya untuk menjaga arwah para leluhur. Danau Kelimutu terdiri atas tiga buah danau yang masing-masing berlainan warna. Menurut mitos yang beredar dalam masyarakat setempat, jika air dari danau-danau tersebut bercampur, maka sebuah bencana besar bakal datang menghampiri mereka.

Danau Kelimutu di kawasan Taman Nasional Kelimutu, Flores, NTB
Danau Kelimutu di kawasan Taman Nasional Kelimutu, Flores, NTB

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sejauh ini, populasi burung samyong masih dalam batas aman. Tetapi penangkapan dan perburuan yang dilakukan terus-menerus tentunya bakal mengancam kelestariannya. Karena itu, siapapun yang memiliki burung samyong di rumah, dianjurkan untuk melakukan penangkaran.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

( lihat juga Prospek cerah penangkaran samyong )

Harga jual burung samyong bakalan saat ini masih cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 650.000 – Rp 800.000 per ekor. Bahkan harga samyong trotolan atau sudah makan voer bisa lebih tinggi lagi. Jadi, penangkaran burung samyong bisa dikatakan mempunyai prospek cukup cerah.

Audio masteran burung samyong

Samyong yang kerap dijuluki sebagai burung 1001 suara memiliki keistimewaan dalam mengolah dan membawakan lagu-lagunya. Berbeda dari jenis burung lainnya yang berkicau dengan cara meniru suara burung lain, samyong akan berkicau dengan gaya lagunya sendiri. Karena itu, untuk memperkaya iramanya, pemasteran harus rutin dilakukan.

Untuk menambah wawasan sekaligus memberikan irama berbeda pada samyong piaraan Anda, berikut ini beberapa audio masteran yang bisa Anda putarkan untuk memaster burung samyong di rumah.

  • Audio masteran samyong – variasi 1
  • Audio masteran samyong – variasi 2
  • Audio masteran samyong – variasi 3

Unduh semua audionya di sini

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.