NSM BF Bogor buka bird shop khusus murai, lovebird, dan jalak bali

Sukses beternak murai batu, lovebird, dan jalak bali, Niki Sae Mas Bird Farm (NSM BF) Bogor milik H Kuwadi melebarkan sayapnya dengan membuka bird shop (toko burung) di kawasan Ciawi, Bogor.

Namun, berbeda dari kebanyakan bird shop lainnya, Om Kuwadi hanya menjual burung-burung hasil breeding sendiri. Ya, ini bisa menjadi contoh bagaimana mengelola usaha penangkaran burung mulai dari hulu sampai hilir, sekaligus bisa menjaga kestabilan kualitas produk dan harga.

“NSM Bird Shop hanya menjual burung-burung produksi NSM BF, yang terdiri atas murai batu, jalak bali, dan lovebird,” jelas Om Kuwadi saat ditemui omkicau.com di toko burungnya.

Sobat kicaumania yang biasa melewati Jl Raya Ciawi-Sukabumi, tak jauh dari Perumahan Rancamaya Ciawi, pasti tahu lokasi Bakso Tukul. Nah, NSM Bird Shop berada di sebelah Bakso Tukul.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Saat ini NSM BF memiliki lebih dari 100 petak kandang murai batu. Setiap bulan bisa memanen sekitar 30 ekor anakan, yang dibanderol mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta per ekor (umur 1,5 bulan).

NSM Bird Shop Bogor
NSM Bird Shop sediakan murai batu, lovebird, dan jalak bali hasil breeding NSM BF.

Seperti diketahui, materi indukan murai batu NSM BF berasal dari penangkar-penangkar berkualitas, termasuk trah SWD milik H Suwadi (Klaten). Bahkan Om Kuwadi beberapa kali melakukan jebol kandang pasangan induk murai batu dari SWD.

( lihat juga NSM BF jebol kandang 2 pasangan murai koleksi SWD senilai Rp 200 juta )

Adapun stok lovebird di NSM Bird Shop sangat bervariasi, mulai dari lovebird aneka warna eksotik hingga lovebird kualitas suara (ngekek panjang). Untuk lovebird warna, tersedia antara lain berbagai jenis pastel kuning, pastel hijau, lutino, albino, blorok, dan sebagainya. Semuanya hasil ternak NSM BF.

Yang jarang dijumpai di toko burung lainnya adalah jalak bali, salah satu jenis burung yang dilindungi di Indonesia, tetapi diperbolehkan menangkar dan memasarkannya sepanjang mempunyai izin resmi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pada masing-masing provinsi.

NSM BF juga sudah lama mengantongi izin dari BKSDA Jawa Barat untuk menangkar jalak bali. Setiap pembeli akan disertai dengan sertifikat resmi dari penangkar dan disahkan BKSDA.

Om Kuwadi menjual anakan burung jalak bali umur 3-4 bulan, dengan harga mulai dari Rp 8 juta per pasang. Apabila berminat, para pembeli nantinya juga bisa mengembangbiakkan pasangan jalak bali, sehingga bisa berperan aktif dalam pelestarian satwa dilindungi tersebut.

NSM Bird Shop Bogor
Silakan pantau dan pilih sendiri trotolan murai batu di NSM Bird Shop.

Bagi sobat kicaumania yang penasaran, silakan pantau murai batu, lovebird, dan jalak bali yang ada di NSM Bird Shop. Anda pun bisa memantaunya sambil memesan aneka kuliner di Bakso Tukul yang lokasinya bersebelahan. Pokoke maknyus!  (d’one)

trotolan murai batu
Salah satu trotolan murai batu trah prestasi.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.