Ingin breeding gould amadin? Trisakti BF sediakan indukan siap ternak!

Burung-burung kecil jenis finch kini makin diminati banyak kicaumania. Hal ini dirasakan Trisaksi BF , salah satu agen burung impor jenis finch di Jakarta. “Yang paling banyak dicari saat ini gould amadin, yang mendapat julukan burung pipit tercantik di dunia,” tutur Om Arif, pemilik Trisakti BF.

Gould amadin (Chloebia gouldiae) memang bukan burung kicauan. Spesies ini termasuk burung hias, sehingga disukai kaum lelaki, perempuan, bahkan anak-anak. Karena itu, prospek breeding burung gould amadin juga cukup cerah.

Jenis burung gouldian finch yang lazim dijual di pasaran
Sepasang induk burung gould amadin.

Kalau mau beternak burung cantik ini, silakan buka kembali artikel yang pernah dibuat Om Kicau beberapa waktu lalu:

Tapi, bagaimana mendapatkan burung ini, terutama pasangan induk yang siap diternak? Tenang saja bro and zis, Trisakti BF saat ini punya stok pasangan induk gould amadine siap ternak.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Menangkar burung gould amadin relatif mudah. Peminatnya banyak, harganya juga terjangkau. Makanya, saya sediakan indukan siap ternak,” ujar Om Arif ketika ditemui di kediamannya, Jalan Dwijaya 4, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Om Arif Trisakti
Om Arif (Trisakti BF) sediakan gould amadin siap produksi.

Salah satu daya tarik gould amadin adalah bulunya yang berwarna-warni, di mana batas antara warna yang satu dan warna lainnya sangat tegas, alias tanpa gradasi.

Biasanya gould amadin dinikmati sebagai burung penghias taman, dengan cara ditempatkan ke dalam kandang koloni besar. Bisa juga dijadikan hiasan di teras rumah dengan kandang-kandang mungilnya.

Untuk membudidayakannya, kata Om Arif, Anda bisa menggunakan kandang battery. Satu petak kandang cukup diisi sepasang saja, kemudian ditempel di tembok berjejer, atau kandang susun.

“Kalau di luar ruangan,  sebaiknya menggunakan kandang koloni. Ukuran kandang tergantung selera, tetapi setiap kandang boleh diisi beberapa pasang induk. Jangan lupa sediakan beberapa glodok kecil di dalam kandang koloni,” saran Om Arif.

Beternak gould amadin dalam kandang battery

Beternak gould amadin dalam kandang battery memang lebih sulit daripada di kandang koloni. Sebab kita harus melakukan proses penjodohan terlebih dulu. Lain halnya di kandang koloni, di mana burung bisa mencari pasangan sesuai dengan selera masing-masing.

Trisakti BF sediakan gould amadin
Kandang battery pasangan induk gould amadin di Trisakti BF Jakarta.

Namun beternak dalam kandang battery punya keuntungan tersendiri, di mana peternak dapat menjodohkan gould amadin jantan dan betina sesuai dengan keinginannya. Ini penting jika Anda ingin mencetak anakan gould amadin dengan warna eksotik.

Yang penting, tutur Om Arif Trisakti, calon induk jantan dan betina yang mau dijodohkan harus sudah mencapai umur dewasa kelamin.

Biasanya induk jantan akan merayu betina dengan cara menggerakkan kepala sambil berkicau. Burung betina kemudian bereaksi dengan menggoyang kepala pula, sambil memainkan ekornya. Nah, kalau sudah begitu, berarti keduanya sudah berjodoh dan berlanjut ke proses perkawinan.

Trisakti BF sediakan gould amadin
Induk betina gould amadin sedang membuat sarang.

Induk betina akan bertelur sebanyak 5-6 butir, bahkan bisa lebih. Kalau menggunakan suplemen BirdMature, biasanya bisa mencapai 6-9 butir telur.

Anakan gould amadin
Anakan gould amadin baru saja menetas.

Induk betina akan mengerami telurnya selama 2 minggu. Burung jantan tidak ikut mengerami, tapi akan menjaga pasangannya di luar sarang. Jika sudah menetas, anakan akan diasuh kedua induknya hingga bisa belajar terbang (umur 25 hari).

Trisakti BF sediakan gould amadin
Induk betina gould amadin mengasuh anak-anaknya.

Pakan gould amadin terdiri atas biji-bijian seperti juwawut, canary seed, milet putih, niger seed, dan lainnya. Pakan ini dicampur jadi satu. Adapun pakan  tambahan / extra fooding (EF) berupa kangkung, selada, dan sejenisnya.

Beberapa penangkar kerap menambahkan bahan mineral berupa grit, pasir laut, tumbukan kulit kerang, dan kulit telur. Tulang sotong berwarna putih juga bisa digantung dalam kandang.

Anakan gould amadin
Anakan gould amadin umur lepas sapih.

Berapa sih harga pasangan gould amadin siap ternak? Ternyata tidak mahal, hanya Rp 800.000 hingga Rp 1 juta per pasang, tergantung kualitas warna dan corak bulunya.

“Makin eksotik warnanya, makin mahal pula harganya. Kami pun menyediakan beragam warna, seperti punggung hijau, biru, hingga warna silver. Kami melayani konsumen baik yang mukim di Jabodetabek maupun di daerah lain, termasuk luar Jawa,” tandas Om Arif.

Selain gould amadin, Trisakti BF juga menyediakan pasangan induk blackthroat (BT) siap produksi. Anakan BT dan blackthroat untuk masteran juga ada. Jadi, silakan lihat-lihat langsung ke basecamp Trisakti BF di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. (d’one)

Om Arif / Trisakti Bird Farm

Alamat lengkap klik di sini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.