Harpindo Jaya Cup II: LB Kusumo, MB Sarno, dan CI New Rimba Sakti hattrick

Lovebird Kusumo memulai kebersamaannya memperkuat Fitri BKS SF di awal tahun 2016 ini dengan baik. Tampil tiga kali dalam even Harpindo Jaya Cup II di Taman Kuliner Jogja, Minggu (3/1), Kusumo selalu meraih juara pertama.

Hanya satu kelas yang tak diikuti lovebird Kusumo, yaitu Mio M3, yang akhirnya dijuarai Puspa Jagat milik Selaksa Jagat SF Jogja. Dalam even ini, panitia membuka empat kelas lovebird yang seluruhnya full peserta.

Harpindo Jaya Cup II - kelas lovebird
Harpindo Jaya Cup II: Semua (4) kelas lovebird full peserta.

Kusumo menjuarai kelas bergengsi Blue Core, mengalahkan lovebird Roro milik Om Danang (Bakteri Baik SF) dan Kincir kepunyaan Om Uut Tani Jaya yang memperkuat Duta Pasiba Cup.

Kru lovebird Kusumo
Kru LB Kusumo, sukses mengawali tahun 2016.

Gelar kedua diraih Kusumo setelah menjuarai Kelas NMax. Juara 2 dan 3 diraih LB Ajeng orbitan Om Eksan (Duta KLI Cup Solo) dan Liontin milik H Sugeng Distro.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lovebird Ajeng
Lovebird Ajeng menempel ketat LB Kusumo.

Lovebird Kusumo menyempurnakan kemenangannya dengan meraih hattrick saat memenangi Kelas Soul GT. Gaco milik Om Puji PHP, yaitu lovebird Dorce, membuntutinya di posisi kedua. Juara ketiga lovebird Banyubiru besutan Om Youce / Hen Hen dari Gallery Lovebird Jogja.

Selaksa Jagat SF Jogja
Selaksa Jagat SF Jogja menjuarai Kelas Mio M3 lewat aksi lovebird Puspa Jagat.

Kelas Mio MM yang dimainkan pada sesi ke-24 dijuarai Puspa Jagat koleksi Selaksa Jagat SF Jogja. Menurut Om Aritonang, pemilik Puspa Jagad, burung ini dibelinya dari Pasar Burung Pasty (Jogja) seharga Rp 500.000. “Jadi, kalau jeli dan hoki, burung hasil hunting di pasar pun bisa juara,” ujarnya.

LB Puspa Jagad
LB Puspa Jagad dibeli dari pasar burung seharga Rp 500.000.

Selain lovebird Kusumo, ada dua burung lagi yang meraih hattrick, yaitu cucak hijau New Rimba Sakti milik Mr Kurniawan (Duta Valentine) dan murai batu Sarno kepunyaan Fitri BKS SF.

Cucak hijau New Rimba Sakti menjuarai semua kelas yang dilombakan, yaitu Blue Core, Soul GT, dan NMax. Penampilannya benar-benar menonjol, seperti tak ada lawan. Sejumlah penonton juga sudah bisa menebak kalau New Rimba Sakti bakal menjadi jawara.

Om Kurniawan dan cucak hijau New Rimba Sakti
Om Kurniawan bersama cucak hijau New Rimba Sakti.

Meski demikian, cucak hijau Sangkuriang milik Mr Teguh (Walet SF Tangerang) juga tampil ciamik dan stabil. Gaco ini dua kali juara kedua, dan sekali juara ketiga.

Om Teguh juga memenangi kelas kenari kalitan dan pleci. Kenari Lintang Aji terbaik di Kelas Soul GT, sedangkan pleci Tora menjuarai Kelas B Mio M3. “Lumayan buat oleh-oleh ke Tangerang,” ujarnya sambil tertawa.

Om Teguh Walet SF Tangerang
Om Teguh Walet bawa “oleh-oleh” lima trofi juara (1, 1, 2, 2, 3).

Murai batu Sarno juga meraih kemenangan hattrick. Burung yang sehari-hari dirawat Om Tedy BKS di Jogja ini sebelumnya menjuarai Warehouse BnR Jogja serta Dan Dodiklapur Cup / Launching BnR Klaten. “Kemenangan ini mengesankan, sebab saya harus menunggu 1,5 tahun sebelum mau nampil lagi,” ujar Om Tedy.

Murai batu Sarno
Cetak hattrick, murai batu Sarno makin mengancam lawan-lawannya.

H Mansur dari Muntilan (Duta Valentine) kembali mendominasi kelas anis merah. Dua gaconya, Raja Lenong dan Sadis, meraih juara 1 dan 2 Kelas Soul GT. Posisi ketiga ditempati AM Repsol orbitan Om Teguh Wahyudi (Duta Pasiba).

Kelas Mio MM dimenangi anis merah Red Selanos, juga milik Om Teguh. Luna Maya orbitan Om Edy Cool (Duta Valentine) juara kedua, sedangkan Sadis di peringkat ketiga. Sebelumnya, Sadis juga juara 1 di Piala Wali Kota Solo (20/12/2015).

Kelas anis merah
Kelas anis merah makin ramai.

Cendet Ali Topan terlalu kuat di Blok Tengah. Gaco milik Fitri BKS ini menjuarai Kelas NMax dan Soul GT. Sebelumnya, cendet Ali Topan juga menjuarai even akbar Gubernur Jabar – Galamedia Cup XII di Bandung (27/12/2015).

Penampilan cendet Cobra milik Mr Si B (Gaplek Perkasa SF) juga mengesankan. Cobra meraih juara 2 di Kelas NMax dan juara 4 Kelas Soul GT. Om Si B pun merasa puas. “Beberapa waktu lalu, Cobra juga menjuarai even RRKM Cup di Ponorogo,” tuturnya.

Mr Si B dan cendet Cobra
Mr Si B (tengah) puas melihat aksi cendet Cobra.
Om Basori dan cendet Dombret
Om Basori dan keluarga: Cendet Dombret dan cucak hijau Sugali sama-sama juara 2.

Kenari Sarmento milik H Bowo Fabiano (Top Jaya SF) tampil sangat ngotot dan sukses meraih double winner. Meski termasuk kenari kecil, Sarmento mampu menjuarai Kelas Standar Bebas NMax. Juara 2 dan 3 diraih Wiper milik Om Wawan ABF (Duta Pasiba Cup) dan Sultan andalan Om Zucat dari ZHA Production.

Sarmento juga menjuarai kelas spesialisnya, Kenari Kalitan Mio M3. Raja Ngeyel Jr milik Bravo Team dan Sakura besutan H Hakim / Endex (Putra Merapi) harus puas di urutan kedua dan ketiga. Dalam even Jakarta Cup II dan Galamedia Cup XII, Sarmento memperkuat barisan Fitri BKS SF.

Pleci Supernova milik H Suwadi kembali tampil prima dengan menjuarai Kelas A Mio M3, unggul atas Kunti koleksi R250CC (PCMI Magelang) dan Pro-Yek kepunyaan Mr Leax (PCMI Jas). Pada Kelas B Mio M3, Supernova nangkring di urutan kedua di bawah Tora milik Om Teguh Walet.

Di Kelas Master Impor, OmZimon DP yang menurunkan Fiker Ghun dan menjadi yang terbaik. Fiker Ghun merupakan pemegang tampuk juara 1 dalam even nasional BnR Award 2015 di Jakarta.

Fiker Ghun
Fiker Ghun terbaik di Kelas Master Impor.
Om Zimon DP dan Mr Lowok
Om Zimon DP (kanan) dan Mr Lowok (tengah) moncer bersama Fiker Ghun.

Barisan Fitri BKS moncer di sejumlah kelas, termasuk hattric LB Kusumo dan MB Sarno, serta double winner yang diraih cendet Ali Topan. Gelar juara umum SF pun kembali diraihnya.

Fitri BKS juara umum SF
Om Tedy BKS (kiri) menerima trofi juara umum SF dari Om Indra Gamaliel.

Juara BC menjadi milik bersama antara Duta Pasiba dan Duta Valentine. Duta Pasiba akan menggelar kontes di Pasar Burung Pasiba, Jalan Wates Km 7,5 Jogja, Minggu 24 Januari 2016. Adapun Valentine Day PBI berlangsung di Taman Pemda Denggung, Sleman, 14 Februari mendatang.

Juara umum BC Harpindo Jaya Cup II
Duta Pasiba dan Duta Valentine juara bersama BC, masing-masing diwakili Mbah Suro (2 dari kiri) dan Om Samsulhuda (3 dari kanan).

Secara keseluruhan, gelaran Harpindo Jaya Cup II yang digagas Om Indra Gamaliel ini berjalan lancar dan sukses. Peserta cukup ramai, didukung cuaca cerah sejak awal hingga akhir.

Teriakan peserta memang masih muncul beberapa kali, terutama di kelas lovebird. Hal ini memaksa panitia beberapa kali menarik juri masuk ruangan.

Om Hengky selaku MC bahkan harus bekerja keras untuk selalu mengingatkan peserta agar tidak teriak, juga tak saling tunggu saat mau menggantang, terutama pada kelas kacer, murai batu, dan cendet.

MC Hengky
MC Hengky harus bekerja keras mengatur peserta.

“Terimakasih atas dukungan teman-teman. Mohon maaf kalau masih ada kekurangannya,” tutur Om Indra “Harpindo” Gamaliel. (Waca)

panitia Harpindo Jaya Cup II
Om Indra (tengah, baju kotak-kotak) bersama kru panitia Harpindo Jaya Cup II.
H Hakim Arief
H Hakim Arief: MB Sadewa Raja juara 2 dan 4.
Om Billy Kebumen
Om Billy Kebumen ikut berpartisipasi di Harpindo Jaya Cup II.
Duta Manahadap Magelang
Duta Manahadap Magelang (24 Januari 2016).
Duta KLI Solo Raya Cup
Duta KLI Solo Raya Cup siap gelar even di Balekambang, Mei 2016.
H Sugeng Distro
H Sugeng Distro (bertopi) bersama personel Antasari BC.
Kru Uut Tani Jaya Balikpapan
Kru Uut Tani Jaya Balikpapan.

Hasil Lomba Harpindo Jaya Cup II, Jogja (Minggu, 3 Januari 2016):

Kelas Lovebird | Murai Batu | Cucak Hijau | Kenari | Kacer | Anis Merah | Kelas Lain

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.